10 Alasan Harus Wisata Ke Balkan Bersama Keluarga

Masih banyak negara dan kawasan lain di Eropa yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah kawasan Balkan atau Eropa Tenggara.

Apakah Sahabat Silir tengah mencari alternatif wisata di Eropa? Jika iya, artikel ini sangat tepat!

Ya, Eropa memang masih menjadi primadona wisata bagi wisatawan asal Indonesia. Eloknya pemandangan ditambah prestise tersendiri jika bisa ‘terbang’ ke Eropa membuat benua ini tak pernah sepi kunjungan dari negeri ini.

Selama ini Inggris, Belanda, Perancis menjadi idola wisata Eropa. Padahal, masih banyak negara dan kawasan lain di Eropa yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah kawasan Wisata Ke Balkan atau Eropa Tenggara.

BACA JUGA: 5 Desa Mempesona di Eropa Barat dengan Keindahan yang Menakjubkan

Negara tersebut meliputi Albania, Republik Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Montenegro, Yunani, Republik Makedonia, Serbia, dan sebagian Turki. Lalu, mengapa harus coba ke sana?

10 Alasan Harus Wisata Ke Balkan

Berikut Sibuk Liburan akan mengupas 10 alasan Sahabat Silir harus wisata ke Balkan bersama keluarga.

1
Harga terjangkau

Belanja Bebas Bea Cukai
Belanja Bebas Bea Cukai

Eropa bukan merupakan tujuan wisata yang murah. Yah, tak dipungkiri benua satu ini hanya bisa dikunjungi oleh kalangan-kalangan berada. Namun, hal itu tak berlaku jika Sahabat Silir piknik ke negara-negara Balkan.

Dibandingkan dengan melancong ke kawasanEropa lainnya, Balkan memiliki biaya yang lebih terjangkau.

Dengan biaya 10-15 USD Sahabat Silir bahkan sudah bisa makan besar lengkap dengan minumannya. Menarik bukan?! Bukan saja biaya makan, pergi ke Balkan juga menghemat biaya untuk tiket pesawat, hotel dan transportasi lainnya.  

2
Alam yang masih alami

Wisata Ke Balkan

Balkan memang negara yang barangkali masih tidak setenar Inggris, Belanda, Perancis, dan beberapa negara barat lainnya. Namun, soal keindahan alam tak perlu ditanya lagi. Negara-negara Balkan juaranya! Alamnya masih begitu alami, sehingga sangat cocok untuk sejenak menenangkan dari keramaian dan ketercemaran.

Di Rivera Albania, Sahabat Silir akan dibuai dengan kindahan laut biru kehijuan. Di Montenegro juga memiliki teluk yang menakjubkabn dengan ngarai-ngarainya yang panjang bahkan diklaim terpanjang di dunia setelah Grand Canyon.

Lalu, Sahabat Silir yang menyukai wisata sungai bisa melipir ke Makedonia. Sungai-sungai mengalir indah berpadu dengan bangunan bersejarah dengan nuansa klasik yang kental.

3
Pilihan tepat wisata petualang

Wisata Ke Balkan

Bagi Sahabat Silir yang menyukai tantangan dan wisata yang memacu adrenalin, datanglah ke Balkan. Negara-negara di kawasan ini memiliki karakteristik alam menarik dan menawarkan tantangan tersendiri. Sebut saja Bulgaria yang memiliki gunung tinggi menjulang, Montenegro yang memiliki jeram-jeram ‘seksi’ pada sungai-sungainya.

Penyukai Paralayang bisa bertandang ke Bosnia. Lalu, jika Sahabat Silir menyukai panjat tebing, bisa berkunjung ke Serbia. Pemandangan menakjubkan sekaligus menantang juga bisa ditemukan di Balkan saat musim dingin.

4
Sarat akan wisata sejarah

Wisata Ke Balkan

Sejarah menjadi faktor menarik tersendiri dalam dunia wisata. Tak peduli sejarah tersebut kelam atau pun mengagumkan. Memang sejarah bukan milik kisah yang menyenangkan saja, melainkan juga milik kisah-kisah menyedihkan dan penuh penderitaan.

Wisata Ke Balkan merupakan wilayah yang memiliki kombionasi keduanya. Tak dipungkiri jika negara-negara di Balkan penuh dengan gejolak. Catatan sejarah dunia menunjukkan adanya perang Yusgoslavia hingga jatuhnya negara tersebut, sehingga banyak negara-negara kecil memerdekakan diri.

Demikian pula dengan Perang Bosnia yang tak kalah memilukan. Jatuhnya komunisme juga perang di Kosovo juga menjadi deretan kisah sejarah panjang di kawasan Balkan. Meski banyak peristiwa mencekam dan tak menyenangkan, tetapi jejak-jejak sejarah menjadi hal yang bisa dinikmati para turis saat ini.

Apalagi peninggalan yang berasal dari masa sebelum peperangan. Sisa-sisa masa kerajaan tampak masih utuh dan kokoh—meski ada pula yang rusak.

5
Bangunan dengan arsitektur megah

Gereja

Tak bisa dilepaskan dari sejarah, kawasan Balkan memiliki bangunan bersejarah yang sampai kini masih lestari. Bangunan-bangunan tua itu memiliki arsitektur yang khas. Salah satu yang terkenal adalah Gereja St John the Theologian yang ada di Makedonia.

Bangunan-bangunan tua di Balkan mengusung kombinasi arsitektur yang beragam. Hal tersebut dipengaruhi oleh agama juga politik alias kekaisaran yang memerintah.

6
Surga wisata kuliner

Kuliner Albania

Makan dan jalan-jalan memang tak terpisahkan. Tak lengkap rasanya bertandang ke suatu tempat atau negara yang baru dikunjungi pertama kali tanpa mencoba icip-icip kuliner khasnya.

Nah, bagi Sahabat Silir yang hobi berpetualang rasa, Balkan bisa menjadi tempat untuk memanjakan lidah selanjutnya. Ya, kawasan Balkan begitu kaya akan kuliner, baik berupa camilan, makanan besar maupun minuman.

Masing-masing negara di Balkan memiliki kuliner khas, tetapi secara keseluruhan memiliki kesamaan, yaitu menyukai daging panggang. Negara-negara di kawasan ini hampir pasti semua memiliki olahan daging panggang, meski bumbu dan penyajiannya berbeda.

Ciamiknya lagi, negara-negara Balkan juga memiliki banyak olahan dari Asia. Diantara restoran yang ada bahkan juga sudah berlabel halal, sehingga wisatawan Muslim pun ‘aman’ dalam mengisi perut.

7
Banyak atraksi wisata

Festival di Yunani

Tak cukup dengan alam yang memukau, Balkan juga kaya akan atraksi wisata yang menarik. Sebut saja seperti karnaval perayaan musim semi. Para penggemar olahraga air bisa bermain puas di kawasan sekitar Laut Adriatik. Ada pula kegiatan cycling dan hiking yang bisa dilakukan di Serbia dan Bosnia.

8
Wisata Religi Muslim

Masjid

Kawasan Timur Tengah tak dipungkiri menjadi destinasi wisata religi Muslim. Namun, tahukah Sahabat Silir jika Balka juga sangat berpotensi sebagai tujuan wisata Muslim lainnya?

BACA JUGA: 7 Masjid di Turki yang Terkenal dengan Kemegahan Arsitekturnya

Jika jazirah Timur Tengah dikenal sebagai negerinya pada nabi, kawasan Balkan juga dikenal memiliki sejarah Islam yag tak kalah penting. Di kawasa ini dulu kekhalifahan Ottoman pernah berjaya. Jejak-jejak peninggalan Islam pun masih banyak dijumpai. Mengunjungi Balkan membuat Sahabat Silir melihat dan ‘merasakan sejenak’ bagaimana atmosfer kehidupan Muslim di Eropa.

9
Wisata Religi Nasrani

Gereja di Eropa

Israel menjadi tujuan utama wisata religi luar negeri umat Nasrani. Italia juga kerap menjadi pilihan lainnya. Namun, tentu saja biaya terbang ke Italia tidak murah. Nah, sebagai alternatifnya, Sahabat Silir bisa melakukan perjalaan religi ke negara-negara Balkan.

Tak kalah menarik dan menakjubkan dari tempat-tempat suci di Israel dan Italia, negara-negara Balkan juga menawarkan kunjungan ke kawasan-kawasan penting, seperti gereja-geraja tua. Salah satunya adalah Blach Church yang ada di Rumania.

Gereja ini telah ada sejak lebih dari 500 tahun dan masih berdiri kokoh hingga kini. Di gereja itu juga terdapat lonceng raksasa berukuran 6,3 ton.

Bergeser ke Bulgaria, di sana juga ada biara ortodoks tua yang sudah dibangun sejak abad ke-14. Lalu ada pula Katedral dan Gereja Ortodoks yang tak kalah menawan di Bosnia-Herzergovina.

Di negara ini, Sahabat Silir juga bisa coba bertandang ke Medjugorje, sebuah kota kecil yang diyakini sebagai tempat Bunda Maria menampakkan diri pada 1981. Di kota yang sama juga terdapat gereja bersejarah, Saint James.

10
Wisata Belanja

Tak lengkap memang jika melancong tanpa pulang membawa oleh-oleh. Nah, bagi Sahabat Silir yang berencana menghabiskan waktu berlibur di Balkan, ada beberapa tempat belanja yang bisa menjadi referensi.

Jika berkunjung ke Serbia, pastikan tak lupa mampir di Subotica. Kota yang kondang dengan Katedral St. Theresa nan megah itu memiliki tempat pusat belanja barang baru dan bekas yaitu Buvljak. Tentu, masih banyak tempat belanja lain yang bisa dijumpai di masing-masing negara di Balkan.

Demikian 10 alasan Sahabat Silir harus wisata ke balkan bersama keluarga. Bagaimana, udah tergugah hati ingin segera liburan ke Balkan dengan orang-orang yang Kamu sayangi? Kami bisa menjadi teman jalan Kamu ke luar negeri dengan paket wisata Balkan yang mengajak Kamu dan keluarga untuk menikmati tempat wisata hingga kuliner Balkan yang gak mungkin dilewatkan begitu saja.

Mungkin kamu juga suka

Qilou Ancient Street, Surga Wisata Sejarah Klasik di Hainan, China

China adalah negara dengan wilayah yang sangat luas. Penduduknya pun tercatat paling banyak di dunia. Bangsa Tiongkok pun dikenal memiliki sejarah panjang...

Mengenal Kimono, Pakaian Tradisional Jepang yang Mendunia

Sahabat Silir tentu mengenal kimono, pakaian tradisional Jepang yang ikonik dan memiliki bentuk yang khas. Pakaian tradisional ini memang mendunia, karena bangsa Jepang selalu bangga...

5 Hal yang Membuat Wisatawan Tak Sabar Ingin Mengunjungi Hainan

Sibuk Liburan - Bukan rahasia umum lagi, jika Pulau Hainan kini mulai dilirik oleh wisatawan dari mancanegara. Sejarahnya yang kelam sebagai pulau...

Serunya Memanjat Langit Tokyo dari Tokyo Skytree

Sibuk Liburan - Tokyo Skytree merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi jika berjalan-jalan ke daerah Tokyo. Terletak di distrik Sumida, menara...

Tips Terhindar Dari Serangan Ikan Hiu

Sibuk Liburan - Berenang, menyelam, berselancar memang menyenangkan bagi pecinta olahraga air. Tetapi bukan berarti semua aman-aman saja. Salah satu yang wajib...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini