10 Distrik Tokyo yang Terkenal Beserta Karakteristiknya Masing-masing

Dikenal sebagai tempat yang sibuk dan sarat akan suasana gemerlap metropolitan, wilayah di Tokyo terbagi menjadi beberapa distrik dengan karakternya masing-masing.

Distrik Tokyo – Tak dapat dipungkiri, negara Jepang merupakan salah satu negara dengan sejuta daya tarik di setiap sudutnya. Hal tersebut tak terkecuali dengan Tokyo yang merupakan pusat ibukotanya.

Meskipun sering disangka sebagai sebuah kota, nyatanya secara administratif Tokyo merupakan sebuah perfektur. Dikenal sebagai tempat yang sibuk dan sarat akan suasana gemerlap metropolitan, wilayah di Tokyo terbagi menjadi beberapa Distrik Tokyo dengan karakternya masing-masing.

10 Distrik Tokyo yang Terkenal

Oleh karena itu, kami akan mengajak Sahabat Silir sejenak untuk menelusuri daya tarik dari sejumlah Distrik Tokyo yang terkenal seperti berikut ini:

1
Shibuya

Shibuya

Distrik Tokyo yang satu ini sepertinya memang pantang untuk dilewatkan bagi mereka yang hendak menjelajah Tokyo. Shibuya Crossing dan Patung Hachiko adalah dua dari sekian objek yang cukup terkenal di tempat ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Restoran Ramen Terbaik di Wilayah Tokyo

Di samping itu, Shibuya juga terkenal sebagai distrik fashion di kalangan wanita muda. Berbicara soal fashion, sejumlah toko yang menjual barang-barang tersebut bisa menjadi hal yang sulit untuk ditolak saat datang kemari.

Shibuya 109 dan PARCO adalah dua dari sekian banyak toko barang-barang fashion yang terkenal dari distrik ini. Shibuya juga dikenal dengan banyaknya aneka tempat nongkrong yang asyik dan seru.

Selain itu, sejumlah subdistrik di dalamnya juga mencuatkan ciri khas tersendiri, seperti Daikanyama yang dikenal sebagai pusat barang-barang bermerek dan Ebisu yang dikenal dengan bar dan restoran eksklusifnya.

2
Ginza

Ginza

Berbicara soal Ginza rasanya kita tak akan bisa memisahkannya dari kalimat “kelas atas”. Bagaimana tidak, distrik ini memang dikenal sebagai kawasan perbelanjaan khusus orang-orang kaya.

Bahkan kabarnya, kemewahan kawasan ini disebut-sebut mengalahkan Manhattan, Beverly Hills, hingga Champs Elyssee yang tersohor itu. Dengan pamornya yang demikian, tak heran jika seluruh jalanan dan gedung-gedung yang menjulang di daerah Ginza terlihat begitu elegan.

Ginza Wako adalah salah satu toko paling legendaris di distrik ini. Dengan bangunannya yang khas serta lokasinya yang berada di perempatan, toko ini kerap dijadikan meeting point bagi rombongan turis.

Apabila Sahabat Silir ingin mengunjungi Ginza, siap-siap saja dibuat takjub dengan pancaran glamornya.

3
Asakusa

Asakusa

Ingin melihat sisi distrik dengan sentuhan tradisionalnya? Coba saja bergeser menuju wilayah Asakusa. Distrik ini memiliki banyak kuil-kuil kuno yang masih terpelihara di dalamnya, sebut saja salah satunya yang paling terkenal adalah Kuil Senso-ji dengan Gerbang Kaminari-nya.

Tak hanya Senso-ji, terdapat juga beberapa kuil terkenal lainnya di Asakusa, seperti Asakusa Jinja, Otori Jinja, hingga Nishi-Asakusa Hachiman. Jelajahi juga asyiknya berbelanja di shopping street tertua Jepang, yaitu Nakamise-dori.

Masih belum puas dengan wisata belanja dan kuil? Coba kunjungi Asakusa Hanayashiki yang merupakan taman hiburan tertua di Jepang.

4
Akihabara

Akihabara

Berbicara soal grup penyanyi JKT48, nama Akihabara tentunya akan kerap dikait-kaitkan di dalamnya. Pasalnya, AKB48 yang merupakan senior sister group-nya berasal dari distrik ini.

Distrik yang satu ini disebut-sebut sebagai surganya para otaku–para maniak penyuka hal-hal berbau Jepang. Beberapa hal yang bisa Sahabat Silir temukan di dalamnya antara lain, game, manga–komik Jepang, anime, hingga peralatan elektronik.

Nah, jika kebetulan Sahabat Silir memang seorang otaku sejati, pastinya Akihabara menjadi tempat pertama yang harus dikunjungi di Tokyo.

5
Shinjuku

Shinjuku

Distrik yang satu ini memang terbilang tidak ada matinya, sejumlah pusat hiburan dan komersil di dalamnya bahkan bisa beroperasi selama 24 jam. Perbedaan siang dan malam di tempat ini bisa dibilang hanya terletak pada warna langitnya saja.

Wilayah distrik ini memang memiliki karakter yang cukup campur aduk, dimulai dari pusat pemerintahan, pusat bisnis, suasana metropolitan, dan kota yang sangat sibuk. Kabukicho dan Golden Gai adalah dua tempat hiburan malam terkenal yang berada di kawasan red district Shinjuku.

6
Odaiba

Distrik Tokyo

Berbicara tentang Odaiba, sepertinya memang tak bisa dipisahkan dari istilah futuristik yang menyertainya. Distrik yang satu ini memang merupakan pusat kawasan masa depan di wilayah Tokyo.

Sahabat Silir bahkan bisa menikmati serunya menjelajah pulau reklamasi Tokyo Bay di distrik ini. Mau tahu rasanya berselancar angin? Coba saja jajal kegiatan tersebut di Odaiba Marine Park yang terletak di sepanjang pesisir Tokyo Bay.

Beberapa tempat objek wisata menarik lainnya di Odaiba antara lain adalah Rainbow Bridge, replika Patung Liberty, Telecom Building Observatory, Fuji TV Headquarters, Bianglala raksasa Daikanransha, Tokyo Big Sight, hingga Museum Miraikan.

7
Roppongi

Roppongi

Distrik yang satu ini mungkin lebih dikenal sebagai tempat berkumpulnya orang-orang asing non Jepang. Hal ini disebabkan karena Roppongi merupakan tempatnya berdirinya perusahaan-perusahaan asing dari luar Jepang.

BACA JUGA: Menyusuri Keseruan di Setiap Sudut Tokyo Disneyland Jepang

Belakangan Roppongi mulai mencuri perhatian dengan didirikannya Roppongi Hills yang digadang-gadang akan menjadi magnet baru di wilayah Tokyo. Pasalnya tempat ini dibangun dengan konsep kawasan menengah ke atas yang memuat wilayah perumahan, perkantoran, hingga hotel-hotel mewah.

Meski demikian, distrik ini juga dikenal sebagai pusat budaya didukung dengan keberadaan ‘Segitiga Seni Roppongi’, yaitu Museum Seni Suntory, Museum Seno Mori, dan Pusat Seni Nasional Jepang.

8
Adachi

Adachi

Distrik Adachi merupakan salah satu pusat sento di wilayah Tokyo. Sento sendiri merupakan tempat pemandian berbayar yang memiliki kaitan erat dengan budaya mandi di Jepang.

Selain itu distrik ini juga populer dengan beberapa pusat kebugarannya, seperti Adachi Ward General Sports Center dan Adachi Ward Comprehensive Sports Center Tennis Field. Adachi juga dikenal dengan rentetan gelaran event-event seru yang sering diadakan di dalamnya, dimulai dari festival kembang api setiap bulan Juli hingga kemeriahan akhir tahun di Kuil Nishiarai Daishi.

9
Chuo

Chuo

Chuo merupakan salah satu dari 23 distrik istimewa di daerah Tokyo. Salah satu tempat yang paling terkenal dari distrik ini adalah Pasar Ikan Tsukiji.

Seperti yang kita ketahui, Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara pengonsumsi ikan terbesar di dunia. Tsukiji Fish Market merupakan pasar ikan tertua yang sudah ada sejak tahun 1923.

Distrik ini sendiri terletak persis di pusat wilayah Tokyo yang dikelilingi oleh daerah istimewa lainnya, seperti Minato, Sumida, Koto, Taitou, dan Chiyoda.

10
Setagaya

Setagaya

Distrik Setagaya mungkin kurang terdengar gaungnya jika dibandingkan dengan distrik-distrik terkenal lainnya di Tokyo. Akan tetapi, di sini Sahabat Silir tetap bisa melihat banyak hal menarik yang tak bisa ditemukan di belahan Tokyo lainnya.

BACA JUGA: 5 Fakta Tokyo Skytree Yang Menarik Untuk Diketahui

Di Setagaya, Sahabat Silir bahkan bisa menemukan Jalur Setagaya. Sebuah kereta dua gerbong bak trem yang melintas di tengah kota.

Jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan Tokyo dari observatorium Carrot Tower di wilayah Sangen-Jaya. Kunjungi juga Kuil Gotokuji yang memuat banyak maneki neko–patung kucing dengan pose tangan kanan diangkat sebelah.

Demikianlah beberapa Distrik Tokyo yang cukup terkenal di kawasan Tokyo. Melihat dari ragam karakteristik yang dimiliki dari setiap distrik, pastikan agar Sahabat Silir mengunjungi yang sesuai dengan keinginan. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Mengenal 16 Ragam Cemilan Khas Serbia, Suka yang Mana?

Wisata memang identik dengan makan-makan. Tak jarang malah turis yang sengaja untuk menjelahan Nusantara bahkan dunia, ‘hanya’ untuk memanjakan lidah. Kecintaannya dunia...

Begini Asal Muasal Tradisi Angpao Saat Imlek

Hari Raya Imlek alias Tahun Baru China telah tiba! Tahun Baru China identik dengan tradisi kumpul keluarga, makan kue keranjang dan satu...

7 Fakta Unik Negara-Negara Balkan yang Wajib Diketahui

Bicara soal tempat tujuan wisata, Balkan barangkali jarang dilirik. Tak dipungkiri negara-negara di kawasan Eropa Tenggara ini memang tak setenar negara Eropa...

Waduh, Gara-Gara Ada Penumpang Mabuk, Pesawat Ini Harus Putar Balik

Gara-gara penumpangnya ada yang mabuk, Pesawat easyJet yang terbang dari Manchester di Inggris menuju Alicante di Spanyol ini pun harus putar balik....

Menyelami Keindahan Biota Laut di Pantai Derawan

Mengulik keindahan spot bahari yang ada di Indonesia seperti tidak ada habisnya. Salah satu tempat berlibur yang juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara diantaranya adalah...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini