10 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat ke Kota Haikou

Ada segudang alasan mengapa Sahabat Silir harus mencoba jalan-jalan ke Pulau Hainan, Tiongkok. Dimulai dari cuacanya yang sangat bersahabat, objek wisata beragam, pantai cantik, pengobatan tradisional China, hingga kuliner yang lezat.

Ada segudang alasan mengapa Sahabat Silir harus mencoba jalan-jalan ke Pulau Hainan, Tiongkok. Dimulai dari cuacanya yang sangat bersahabat, objek wisata beragam, pantai cantik, pengobatan tradisional China, hingga kuliner yang lezat.

10 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat ke Kota Haikou

Namun, sebelum menjelajah lebih jauh – kota Haikou merupakan salah destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi pertama kali. Apabila Sahabat Silir ingin mengetahui lebih lanjut hal menarik apa saja yang ada di ibukota Hainan ini, berikut Sibuk Liburan berikan ulasannya:

1
Jalan-jalan ke Qilou Old Street

Qilou Ancient Street

Bagi Sahabat Silir yang hobi jalan kaki, area jalanan di kota Haikou yang satu ini sangat pantang untuk dilewatkan. Area di Qilou Street sendiri meliputi Zhongshan Street, Desheng Sha Street, Xinhua Street, Bo’Ai Street, dan Jie Fang Street.

BACA JUGA: Qilou Ancient Street, Surga Wisata Sejarah Klasik di Hainan, China

Di tempat ini, Sahabat Silir bisa menikmati pemandangan jalan yang dikepung dengan bangunan tua bergaya arsitektur Eropa dan Asia. Meskipun bebas dari kendaraan roda empat, tetapi jenis kendaraan roda dua dan skuter listrik bisa ditemukan lalu lalang di sekitarnya.

2
Foto dengan Latar Jadul di Movie Town Mission Hills

10 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat ke Kota Haikou 8

Mission Hills Huayi Brothers Feng Xiaogang Movie Town merupakan sebuah movie town yang diklaim terbesar di dunia. Sahabat Silir dijamin akan tertegun dengan banyaknya spot beraroma vintage, yang sangat cocok untuk dijadikan latar foto.

Kawasan seluas 90 hektar ini terdiri dari 3 area, yaitu Nanyang Street, 1942 Street, dan Socialist Beijing Street. Sahabat Silir bisa menghabiskan sore yang tenang dengan berjalan kaki ke tempat ini sambil mengunjungi sejumlah café tematik nan unik yang ada di dalamnya.

3
Mengagumi Keindahan Jembatan Shiji

Shiji Bridge

Jembatan Shiji merupakan jembatan kabel pancang terbesar di pulau Hainan yang panjangnya mencapai 2.683 meter dengan lebar 29.8 meter.

Sayangnya, orang-orang tak diizinkan melintas di sekitarnya selain menggunakan kendaraan roda empat. Meski begitu, ada begitu banyak orang yang berusaha mengagumi keindahan desainnya walau hanya dari kejauhan saja.

Tak hanya elok dari segi pemandangan saja, lahan di bagian bawah jembatan juga memiliki sisi menarik karena dipenuhi dengan berbagai tanaman cantik. Selain itu, bagian ini sering diramaikan dengan berbagai acara outdoor dan orang-orang yang sedang berkumpul.

4
Berkunjung ke Makam Hairui

Hairui tomb

Makam Hairui tepatnya terletak di Desa Binya, pinggiran barat kota Haikou. Lokasi makam ini merupakan situs peninggalan sejarah dan budaya yang dilindungi oleh negara.

Hairui merupakan sosok menteri pada zaman Dinasti Ming yang dikenal sangat bersih. Ia dikenal sebagai seseorang yang mampu menegakan keadilan, serta membantu masyarakat biasa dalam memperjuangkan hak-haknya.

Sepeninggal dirinya, masyarakat setempat kemudian membangun sebuah paviliun dan kuil di sekitar makamnya. Hal tersebut dilakukan guna mengenang jasa dan juga sebagai bentuk penghormatan kepada dirinya.

Sebelum memasuki lokasi makam, Sahabat Silir akan melihat gapura peringatan yang berdiri di depan gerbang – dengan ukiran yang bertuliskan “Keadilan Hainan”.

5
Menikmati Pemandangan di Danau Nanli

danau nanli

Danau Nanli merupakan salah satu objek wisata dengan pemandangan menakjubkan yang berlokasi di wilayah Dingan. Tempat ini berjarak sekitar 40 km dari kota Haikou.

BACA JUGA: Mengenal Hainan Lebih Dekat, Dahulu Terbuang Kini Tersohor

Kawasan Danau Nanli bertempat di atas lahan seluas 46 km persegi dengan luas danau yang mencapai 12,3 km persegi. Tempat ini memuat 13 pulau dengan bentuk yang berbeda-beda.

Ada begitu banyak fasilitas di kawasan ini. Beberapa diantaranya termasuk lapangan golf, hotel mewah, restoran, villa, dan aneka pertunjukan di atas air.

6
Wisata Bahari di Pantai Holiday

Pantai Holiday

Tak hanya kota Sanya yang kondang dengan wisata baharinya, kota Haikou juga memiliki tempat serupa yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Holiday berlokasi di sisi Jalan Qingling, tepatnya di bagian barat Haikou.

Pantai ini memuat empat area, yaitu area berjemur, area olahraga, area makanan laut, dan area holiday. Selain menikmati kegiatan khas pantai, ada berbagai pertunjukan menarik yang bisa ditemukan di area sekitar pantai.

7
Mencicipi Pencuci Mulut Serba Kelapa di Coconut House

Kota Haikou memang dikenal sebagai Kota Kelapa di Hainan. Dengan cuaca yang mencapai kisaran rata-rata 30 derajat, tak heran jika kota Haikou menjadi tempat yang cocok untuk tanaman kelapa tumbuh.

Pada salah satu kawasan di Jalan Zhong Shan, Qilou Old Street, terdapat sebuah café yang menyuguhkan aneka dessert dari kelapa. Salah satu menu yang menjadi andalan dari tempat ini adalah Ching Bo Leung yang terdiri dari buah jujube merah, biji teratai, dan biji jali.

Selain itu, terdapat juga menu es krim dengan aneka topping buah dan daging kelapa yang sangat menyegarkan di tempat ini. Pastinya sangat cocok dikunjung di kala cuaca sedang panas-panasnya.

8
Mangrove Forest di Dongzhai Port

Mangrove Forest

Kawasan hutan yang memiliki luas hingga 4000 km persegi ini merupakan hutan bakau pertama yang didirikan oleh pemerintah setempat. Diperkirakan ada sekitar 81 jenis bakau di dunia ini, yang mana 40 jenis diantaranya dapat ditemukan di Provinsi Hainan.

Para pengunjung yang datang kemari bisa melakukan tur berkeliling menggunakan perahu untuk menikmati aneka jenis flora yang satu ini. Hutan Bakau di Pelabuhan Dongzhai ini tak hanya favorit dijadikan sebagai lokasi kunjungan wisata, tetapi juga langganan dikunjungi para peneliti tanaman dari dalam dan luar negeri.  

Sejauh ini status Mangrove Forest di Dongzhai Port masih dalam daftar tentatif untuk dimasukan ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Tak hanya keindahan flora saja yang bisa ditemukan di tempat ini, tetapi juga peninggalan bersejarah dari Dinasti Ming. 

9
Mendalami Budaya Minum Teh di Guo Xin Shu Fan

Guo Xin Shu Fan

Haikou merupakan salah satu daerah di Hainan yang memiliki budaya minum teh terbesar. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang budaya yang satu ini, Sahabat Silir bisa berkunjung ke Guo Xin Shu Fan di Distrik Mei Lan, Jalan Qilou.

Bangunan di tempat ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama adalah perpustakaan, lantai kedua adalah galeri seni, dan lantai ketiga adalah rumah teh tradisional.

Orang-orang yang datang kemari biasanya datang untuk minum teh sambil melakukan bincang politik.

10
Wisata Sejarah di Kuil Wugong

wugong temple haikou

Kuil Wugong atau yang dikenal juga sebagai ‘Kuil Lima Menteri’ ini berlokasi di jalan Guoxing, yakni diantara kota Haikou dan Fucheng di Qingshan. Kuil ini dianggap sebagai salah satu bangunan pertama yang berdiri di kota Haikou.

BACA JUGA: 10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Wilayah Wenchang Hainan

Kuil ini didirikan oleh masyarakat untuk mengenang lima orang menteri yang berperan besar terhadap ekonomi dan budaya di Hainan. Mereka adalah Li Deyu, Li Gang, Li Guang, Zhao Ding dan Hu Quan.

Kawasan di Kuil Wugong merupakan sebuah komplek yang memuat arsitektur tradisional, situs kuno dan pertamanan.

Demikianlah beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di kota Haikou, Hainan. Pastinya ada banyak hal menarik lainnya yang bisa Sahabat Silir telusuri di Haikou.

Bagaimana, Kamu penasaran ingin segera berkunjung ke Kota Haikou? Kami bisa jadi sahabat Kamu untuk menjaga keluarga ke Haiko dengan paket wisata yang menarik. Dijamin pengalaman terbaik saat berkunjung ke Kota Haikou kamu dapatkan. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Menjajal Keseruan Wahana ala Film Hollywood di Universal Studio Singapore

Berkunjung ke Sentosa Island Singapura, pastinya salah satu spot yang jarang dilewatkan adalah replika bola bumi dengan semburan air di sekitarnya. Tempat...

Kota Air Venesia Kembali Dilanda Bencana Banjir Dahsyat Setelah 50 Tahun

Kota Venesia kini tengah dihadapkan kondisi darurat banjir yang melanda sekitar 85% wilayah di dalamnya. Akibat kejadian ini, ruang bawah tanah Santo Basilika Markus kembali...

Iyashi No Sato, Desa ‘Kuno’ di Kaki Gunung Fuji

Jepang tak henti menawarkan pesona. Di masa kini, negara yang berada di kawasan Samudra Pasifik ini terkenal dengan berbagai teknologinya yang mutakhir....

Tujuan Wisata Ramah Anak di Asia, Dimana Saja?

Waktunya berlibur bersama keluarga. Ya, berlibur bersama anak-anak itu repot namun seru!  Sekalipun banyak persiapannya, semua lelah terbayar saat anak-anak ikut menikmati.

4 Tempat Wisata Menarik di Kunming

Sibuk Liburan - China menyimpan banyak potensi wisata, mulai dari yang bergenre alam hingga budaya.  Nah, jika Sahabat Silir ingin melihat keindahan...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp