10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Wilayah Wenchang Hainan

Dengan luas daratan yang mencapai 2.304 km persegi, Wenchang rupanya memiliki banyak hal menarik yang bisa dikulik oleh wisatawan mancanegara.

Tak banyak yang tahu persis daya tarik dari kota Wenchang yang terletak di timur laut Pulau Hainan. Selama ini kota Haikou dan Sanya merupakan dua tempat yang lebih banyak diperkenalkan sebagai destinasi wisata utama di daratan selatan Tiongkok ini.

Meski begitu, Wenchang sendiri dikenal sebagai salah satu wilayah terbesar di Hainan yang sebagian besar masyarakatnya berasal dari perantau Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dengan luas daratan yang mencapai 2.304 km persegi, wilayah ini rupanya memiliki banyak hal menarik yang bisa dikulik oleh wisatawan mancanegara.

10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Wilayah Wenchang Hainan

Nah, bagi Sahabat Silir yang tertarik untuk berkunjung kemari, berikut Sibuk Liburan akan merangkum sejumlah hal menarik yang bisa Sahabat Silir lakukan saat berkunjung ke Wenchang:

1
Menelusuri Wennan Old Street

Wennan Old Street atau yang juga disebut sebagai Kota Tua Wenchang adalah tempat yang tepat bagi Sahabat Silir penyuka suasana jadul. Di sepanjang jalan tempat ini, mata Sahabat Silir akan dimanjakan dengan berbagai bangunan kuno yang berdiri di sekitarnya.

Kawasan yang satu ini juga dipenuhi dengan berbagai toko cinderamata hingga tempat makan. Oleh karenanya jika datang kemari, Sahabat Silir tak hanya akan bisa puas berfoto, tetapi juga bisa melakukan kegiatan belanja sambil memanjakan perut.

2
Jelajah Spiritual di Kuil Konfusius Wenchang

Siapa yang tidak mengenal sosok Konfusius – seorang tokoh filsuf penting yang berperan besar terhadap penyebaran kepercayaan Kong Hu Chu di tanah Tiongkok. Di kota Wenchang, Sahabat Silir bisa melakukan kunjungan spiritual dengan mengunjungi Kuil Konfusius.

Kuil ini sendiri awal mulanya sempat dibangun pada zaman Dinasti Song di wilayah utara, sebelum akhirnya dipindahkan ke Wenchang pada zaman Dinasti Ming. Dengan bangunan kuno yang masih terpelihara dengan baik, Kuil Konfusius pun menjadi salah satu objek wisata kuil nomor satu di Hainan.

3
Melakukan Trekking ke Tonggu Ridge

Tonggu Ridge merupakan wilayah punggung bukit yang menawarkan pemandangan terbaik untuk melihat hamparan lautan dari ketinggian. Melalui perbukitan ini, Sahabat Silir bahkan bisa menengok uniknya pesisir berbentuk bulan sabit di Pantai Yue Liang Wan.

Jarak untuk mencapai puncak dari Tonggu Ridge kira-kira berkisar 3 km. Terdapat sejumlah bis yang bisa dipergunakan oleh para pengunjung untuk menjangkau Tonggu Ridge.

Dengan kontur perbukitannya yang tidak rata, trekking ke tempat ini menjadi sebuah tantangan yang bisa dilalui pengunjung untuk menanti keindahan yang menakjubkan.

4
Wisata Sejarah ke Kediaman Keluarga Soong Ching Ling


This photo of Song Qingling Family Ancestral Residence is courtesy of TripAdvisor

Song Qingling atau yang juga biasa dieja sebagai Soong Ching Ling merupakan istri dari Bapak Modern China Sun Yat-sen. Oleh karenanya, Soong Ching Ling dikenal juga dengan julukan Madame Sun Yat-sen.

Dalam bahasa Inggris, tempat ini dikenal dengan nama Song Qingling Family Ancestral Residence. Di tempat inilah, Madame Sun Yat-sen tinggal bersama tiga saudara perempuannya yang juga tak kalah terkenal, yaitu Soong Ai Ling dan Soong Mai Ling.

Song Qingling Family Ancestral Residence adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan koleksi perabotan dan foto-foto masa kecil Soong bersaudara saat masih tinggal bersama ayah mereka Charlie Soong.

5
Menyantap Lezatnya Ayam Wenchang

Siapa yang tidak mengenal kelezatan nasi Hainan. Nasi dengan cita rasa gurih asal Singapura ini disebut-sebut berasal dari menu Ayam Wenchang yang terkenal di Hainan.

Kelezatan hidangan yang satu ini terletak pada keunggulan ayam yang dipergunakan, dimana ayam dipelihara dengan pakan khusus dan minum air hangat. Selain itu, semasa hidupnya ayam tidak terlalu banyak bergerak, sehingga dagingnya menjadi lebih tebal.

Ayam Wenchang dimasak dengan metode masak tradisional Baizhan (Baiqie), dengan sejumlah bumbu seperti jahe, bawang putih, kecap, dan garam. Kelembutan daging ayam serta bumbunya yang meresap membuat makanan yang satu ini menjadi kuliner wajib yang harus Sahabat Silir cicipi di Wenchang.

6
Menikmati Pemandangan di Hutan Kelapa Dongjiao

Dengan suhu udaranya yang menyerupai daerah tropis, tak heran jika ada begitu banyak pohon kelapa yang dapat tumbuh di daratan Hainan. Tepat di pinggir laut Dongjiao, terdapat perkebunan yang dipenuhi dengan berbagai macam varietas kelapa.

Tak hanya mampu memberi pemandangan yang indah tetapi keberadaan perkebunan ini menjadi pelindung dari angin topan yang sering melanda tempat ini. Tempat ini kemudian dikembangkan menjadi resor pada tahun 1989, sehingga Hutan Kelapa Dongjiao semakin menjelma menjadi destinasi wisata yang memesona di wilayah pesisir Wenchang.

7
Hasil Tangkapan Laut Segar di Global Pier Seafood Market

Wilayah di pesisir laut memang kerap menawarkan surga kuliner seafood yang melimpah. Apabila berkunjung ke Wenchang, Sahabat Silir yang gemar menyantap seafood bisa mencoba berkunjung ke Global Pier Seafood Market.

Lokasi pasar ini terletak di dermaga banyak menjual hasil tangkapan laut yang masih hidup, sehingga kesegarannya masih sangat terjaga. Meski terbilang cukup murah, tetapi harga jual di tempat ini biasanya akan naik jelang musim liburan.

8
Menikmati Suasana Bahari Tenang di Teluk Gaolong

Teluk Gaolong merupakan salah satu surga bahari yang dikenal masih tidak terlalu ramai di Wenchang. Saat ini, situasi wisata di Teluk Gaolong memang terbilang belum terlalu berkembang pesat ditambah wilayah ini sering diterpa angin besar.

Meski begitu, ketenangan suasana di sekitarnya didukung dengan lautnya yang masih jernih membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung kemari.

Teluk Gaolong merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, Sahabat Silir bisa juga menikmati suasana di sekitarnya dengan cara berjalan kaki atau bersepeda.

9
Bersepeda di Hutan Bakau Bamenwan

Hutan bakau merupakan salah satu ekosistem yang memiliki peran besar dalam menjaga lingkungan, terutama di wilayah pesisir. Selain menjadi lahan habitat, hutan bakau berperan besar dalam menstabilkan garis pantai hingga mencegah erosi.

Di Wenchang sendiri, terdapat sebuah hutan bakau terkenal bernama Bamenwan yang dikenal sebagai kawasan hutan mangrove terbesar di China.  Dengan suasananya yang tenang dan asri, hutan Bakau Banmenwan sangat cocok untuk ditelusuri dengan cara bersepeda.

10
Makan Kepiting Tapal Kuda di Teluk Mulan

Nama Teluk Mulan mungkin tidak terlalu terdengar gaungnya, jika dibandingkan dengan beberapa tempat lainnya yang ada di Wenchang. Ditambah untuk menuju kemari, wisatawan biasanya harus menggunakan taxi karena ketiadaan transportasi untuk menjangkau tempat ini.

Meski begitu, banyak pula yang tetap melakukan kunjungan kemari untuk mencicipi nikmatnya kepiting tapal kuda di tempat ini. Kepiting tapal kuda (Horsehoe Crab) merupakan salah satu hewan laut berbentuk unik dan berdarah biru yang disebut-sebut sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berbeda dengan tempat-tempat lainnya di Hainan, wilayah Wenchang selama ini berkembang sebagai pusat kebudayaan di Hainan. Tak dapat dipungkiri, sejumlah wilayah di Wenchang masih membutuhkan ekspos dan pengembangan pariwisata yang lebih besar untuk meningkatkan kunjungan turis ke dalamnya. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Asiatique The Riverfront, Surga Belanja Malam Hari di Thailand

Asiatique The Riverfront - Selain bertandang ke berbagai destinasi wisata sejarah, budaya dan alam, umumnya turis Indonesia ke Thailand juga untuk berbelanja....

Nusa Penida Jadi Top Destinasi Bacpacker Terbaik dari 20 Negara

Kabar baik tentang pariwisata Tanah Air datang dari Bali. Dilansir dari laman Liputan6.com (04/12/2019), Pulau Nusa Penida di Klungkung menjadi destinasi backpacker terbaik di dunia...

Spot Menarik yang Wajib Dikunjungi di Yunnan

Sibuk Liburan - China memang bisa dikatakan negara dengan paket wisata yang begitu lengkap, mulai dari wisata bergenre budaya, belanja, sejarah hingga...

5 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat Naik Kapal Pesiar

Kapal pesiar merupakan jenis transportasi komersil yang digunakan untuk tujuan rekreasi. Dengan rute perlintasan yang panjang ke sejumlah negara. Perjalanan dengan moda yang satu...

Hmmm..! Ada Festival “Telanjang” di Jepang

Jepang memang kondang dengan makanan yang berbahan dasar ikan. Negeri Sakura juga masyur dengan wisata musim dingin Shirakawago. Namun,...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!