10 Jajanan Seoul di Pinggir Jalan yang Mudah Ditemukan

Apabila berkesempatan mengunjungi Seoul, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner pinggir jalan yang dapat dengan mudah ditemukan di kota tersebut

Apabila Sahabat Silir adalah orang yang gemar melakukan wisata kuliner, maka mencicipi jajanan pinggir jalan bisa menjadi wacana yang pas untuk melakukannya.

Nah, jika Sahabat Silir adalah orang yang gemar menonton drama Korea (drakor), pastinya sering kali dibuat tergiur dengan aneka makanan yang disantap oleh para pemainnya.

10 Jajanan Seoul di Pinggir Jalan

Apabila berkesempatan mengunjungi Seoul, berikut ini adalah beberapa rekomendasi Jajanan Seoul di pinggir jalan yang dapat dengan mudah ditemukan di kota tersebut:

1
Tteokbokki (Kue Beras Pedas)

Tteokbokki

Kuliner yang satu ini terbilang sudah cukup familiar di kalangan penggemar K-pop dan drakor yang ada di Tanah Air. Makanan yang satu ini sungguh menarik mata karena memiliki tampilan yang merah pedas dan menantang.

Makanan ini terbuat kue beras (tteok) yang dimasak dengan gochujang – bumbu pasta cabai khas Korea. Tteokbokki memiliki tekstur kenyal dengan saus gurih yang manis pedas.

BACA JUGA: 5 Ski Resort Terbaik di Korea Selatan yang Dekat dengan Kota Seoul

Selain tteokbokki, terdapat juga tteokkochi yang merupakan variasi tteok dalam bentuk sate. Makanan ini umumnya dapat ditemukan di sebuah warung tenda.

2
Jajangmyeon (Mie Kecap Hitam)

Jajanan Seoul

Pernahkah Sahabat Silir melihat adegan dimana para pemain drakor tengah menyeruput mie berwarna hitam hingga sausnya belepotan ke bibir? Apabila Sahabat Silir sudah mulai merasa familiar, nyatanya makanan tersebut adalah hidangan jajangmyeon.

Warna hitam kental saus mie tersebut berasal dari bahan pasta kedelai hitam khas Korea yang bernama chunjang. Saus hitam akan dimasak bersamaan dengan daging (umumnya babi), kentang, lobak, atau zucchini.

Tak hanya lezat, makanan ini memiliki porsi sajian yang terbilang sangat lengkap. Meski dikenal sebagai makanan khas Korea, tetapi kenyataannya makanan ini merupakan salah satu hidangan mie yang berasal dari Tiongkok.

3
Odeng (Sate Otak-otak Ikan)

Eomuk

Gemar dengan olahan ikan? Maka dari itu, odeng adalah salah satu street food wajib yang harus Sahabat Silir cicipi sebagai Jajanan Seoul. Odeng biasanya cukup mudah ditemukan di warung tenda yang juga menjual tteokbokki.

Odeng sendiri merupakan sebuah olahan otak-otak ikan yang berbentuk lembaran. Odeng disajikan dengan cara ditusuk menggunakan sebuah batang kayu atau bambu yang cukup panjang.

Makanan ini biasanya akan selalu terendam dalam kuah kaldu gurih yang selalu panas. Selain odeng, terdapat juga olahan otak-otak ikan goreng bernama eomuk.

4
Sundae (Sosis Darah)

Jajanan Seoul

Saat menyebutkan nama sundae, jangan bayangkan makanan yang satu ini sebagai ice cream sundae yang manis dan dingin. Nyatanya di Korea, sundae merupakan olahan sosis yang terbuat dari darah. 

Untuk bahan pembungkusnya, sundae menggunakan usus hewan sapi atau babi, demikian juga dengan darah yang dipergunakan. Sundae biasanya memiliki berbagai macam isian dan bumbu, salah satunya adalah nasi.

5
Ppopgi (Gulali Tradisional Korea)

Ppopgi
Foto: Maangchi

Beralih ke kudapan manis, Sahabat Silir bisa membeli gulali tradisional khas Korea bernama ppopgi. Permen ini terbilang cukup unik karena biasanya pembeli akan mendapatkan tantangan dari penjualnya.

Sama seperti permen pada umumnya, makanan ini terbuat dari gula yang dilarutkan hingga menjadi seperti karamel. Hanya saja permen ini diberi tambahan baking soda sehingga memiliki warnanya menjadi lebih keruh dan tampak lebih mengembang.

Dalam proses pembuatannya, penjual akan memimipihkan adonan ppoggi dengan sebuah alat, kemudian dicetak dengan aneka motif, seperti hati, bunga, bintang dan banyak lagi. Apabila Sahabat Silir berhasil menyisakan motif permen tanpa mematahkannya, biasanya penjual akan memberikan satu ppopgi gratis.

6
Hotteok (Pancake Tradisional Korea)

Hotteok

Apabila Sahabat Silir mencari kudapan manis lainnya, maka dari itu cobalah untuk mencicipi jajanan hotteok. Makanan ini sering juga disebut sebagai pancake manis khas Korea.

BACA JUGA: Deretan Lima Fakta Menarik Situasi Kota Seoul Korea Selatan

Bahan dasar hotteok terbuat dari adonan tepung fermentasi yang mirip seperti pembuatan roti. Hotteok nantinya akan diisikan dengan tumbukan kacang yang telah yang telah dicampur dengan brown sugar, gula pasir biasa, dan sedikit kayu manis.

Hotteok kemudian digoreng di atas wajan pipih dengan sedikit minyak sambil ditekan-tekan hingga kedua sisinya berwarna coklat keemasan. Kudapan manis yang satu ini dikenal sangat disukai oleh anak-anak di Korea.

7
Kimbap (Nasi Gulung)

Kimbap

Makanan yang satu ini sepintas memiliki penampakan yang sama dengan jenis sushi norimaki dari Jepang. Namun begitu, nasi pada kimbap tidak mendapatkan tambahan cuka seperti pembuatan sushi.

Kimbap dibuat dengan meletakan nasi di atas lembaran rumput laut, kemudian diisikan dengan aneka lauk. Lauk yang diiisi ke dalamnya antara lain telur dadar, potongan timun jepang, potongan wortel, tumisan daging sapi dan irisan danmuji – asinan lobak kuning Korea. Setelahnya, kimbap akan digulung dan disajikan dalam bentuk potongan.

Kimbap merupakan makanan yang terbilang cukup praktis dan memiliki gizi yang lengkap. Makanan ini biasanya cukup favorit untuk dibawa sebagai bekal sekolah dan piknik oleh orang-orang di Korea Selatan.

8
Yangnyeom Tongdak (Ayam Pedas Korea)

Yangnyeom Tongdak

Tak hanya tteokbokki yang dikenal memiliki cita rasa yang bisa memuaskan lidah para penyuka pedas. Negeri Ginseng ini juga memiliki kuliner yang cukup favorit, yakni yangnyeom tongdak atau yang juga dikenal sebagai Ayam Pedas khas Korea.

Makanan ini sepintas memiliki bentuk yang sama seperti ayam goreng tepung yang biasa dijual di restoran fast food. Akan tetapi, yang membuatnya terasa istimewa adalah baluran bumbu sausnya yang kental dan merah menyala.

Sama seperti tteokbokki, saus dari yangnyeom tongdak terbuat dari pasta gochujang. Penampilan akhirnya akan semakin menggugah saat diberi taburan wijen di atasnya.

9
Twigim (Gorengan)

Twigim

Di Indonesia, Sahabat Silir mungkin lumrah menemukan penjual yang menjajakan aneka gorengan, seperti bakwan, tempe, tahu isi, dan lain sebagainya. Tak jauh berbeda, kota Seoul juga memiliki jajanan pinggir jalan serupa bernama twigim.

Hanya saja twigim menggunakan bahan-bahan yang cukup berbeda, seperti diantaranya adalah udang, cumi, ubi, mandu (pangsit Korea), aneka sayuran, paprika, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, makanan ini mirip dengan tempura dari Jepang.

Makanan ini biasanya dijual dalam satu lapak dengan tteokboki. Twigim biasa dinikmati dengan cara dicelupkan ke dalam saus kecap asin atau saus tteokbokki.

10
Gyeran bbang

Gyeran Bbang

Mencari sarapan praktis penuh gizi yang bisa dibeli di pinggir jalan? Gyeran bbang bisa jadi jajanan yang Sahabat Silir pilih untuk mengganjal perut.

BACA JUGA: Everland Theme Park, Taman Hiburan Paling Spektakuler di Korea Selatan

Makanan ini merupakan roti manis yang dipanggang menggunakan sebuah cetakan, dengan diberikan telur utuh pada bagian atasnya. Variasi gyeran bbang semakin lezat saat diberikan tambahan mozzarella dan potongan daging pada bagian atasnya.

Gyerang bbang merupakan salah satu Jajanan Seoul di pinggir jalan yang paling banyak di cari di Korea Selatan. Jajanan Seoul yang satu ini akan terasa sangat lezat jika disantap selagi hangat.

Demikianlah beberapa Jajanan Seoul di pinggir jalan yang dapat dengan mudah ditemukan di pelosok Seoul. Cicipi juga jajanana pinggir jalan lainnya yang tak kalah lezat, seperti kue ikan bungeoppang, jipangi ice cream, tteokkebi hot dog, ceker ayam pedas maeun dakbal, ayam kkuldak, dan masih banyak lagi. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Nong Noch Village: Destinasi Wisata Botani yang Cocok Untuk Keluarga

Sahabat Silir pernah ke Taman Buah Mekasari atau sekedar mendengarnya bukan?! Nah, di Pattaya, Thailand, ada juga taman buah dan bunga serupa....

Ini 5 Fakta Menarik di Gunung Bromo Yang Wajib Diketahui

Gunung Bromo - Gurun dan pantai menawarkan sensasi panas, sedangkan guung menawarkan hawa sejuk. Menariknya, negeri ini juga diberkati dengan tempat yang...

5 Kota Menarik untuk Dikunjungi di Taiwan Selain Taipei

Taiwan menjadi alternatif wisata luar negeri di kawasa Asia Timur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Padahal, negara yang pernah diduduki...

Virus Corona Renggut Lebih Banyak Korban, Libur Imlek di China Diperpanjang

Imlek pada tahun ini (2020 Masehi), merupakan Imlek yang cukup buruk bagi China. Pasalnya, bertepatanya dengan bulan kedatangan tahun baru China, di...

Tips Hadapi Anak Sulit Makan Saat Liburan

Berlibur bersama sang buah hati memang menyenangkan. Selain kita bisa melepas kepenatan, berlibur memungkinkan si kecil belajar hal baru, dari budaya hingga sejarah.

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp