10 Kebun Binatang Terbaik dari Seluruh Perfektur Jepang

Berikut Sibuk Liburan telah merangkum beberapa kebun binatang terbaik dari berbagai perfektur Jepang yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Sahabat Silir mungkin pernah berpikir, untuk apa jauh-jauh ke Jepang jika ujung-ujungnya malah mengunjungi kebun binatang. Ketimbang mengunjungi tempat wisata mainstream demikian, Sahabat Silir mungkin lebih memilih untuk menghabiskan waktu mengunjungi destinasi unik dari negara terkait.

Akan tetapi, tahukah Sahabat Silir bahwa ada banyak hal seru yang bisa ditemukan dari kebun binatang? Salah satunya adalah menyaksikan berbagai jenis fauna langka yang mungkin tak dapat ditemukan di Indonesia.

10 Kebun Binatang Terbaik Jepang

Apabila Sahabat Silir mulai tertarik, berikut Sibuk Liburan telah merangkum beberapa kebun binatang terbaik dari berbagai perfektur Jepang:

1
Ueno Zoo – Tokyo

Terletak di daerah Taitou, Ueno Zoo merupakan kebun binatang tertua di Jepang. Tepatnya dibuka sejak 20 Maret 1882 lalu.

Terbagi dalam area timur dan barat, tempat ini memuat berbagai ribuan jenis hewan dari 500 spesies. Beruang kutub merupakan salah satu satwa yang cukup menarik perhatian di tempat ini.

Apabila datang pada kisaran pukul 11 atau 12 siang waktu setempat, Sahabat Silir mungkin berkesempatan untuk melihat hewan-hewan panda yang sedang diberi makan. Terdapat mesin otomotis dengan pilihan bahasa Inggris, Mandarin, dan Korea untuk membeli tiket masuk ke tempat ini.

2
Adventure World – Wakayama

Kebun binatang

Adventure World Wakayama dikenal sebagai salah satu kebun binatang Jepang dengan hewan panda terbanyak di dunia setelah Tiongkok. Serunya lagi, pengunjung bisa memberi makan secara langsung satwa jerapah dan beruang kutub di tempat ini.

Akses menuju tempat ini juga sangat mudah karena bisa dijangkau dengan moda transportasi pesawat, yakni penerbangan dari Bandara Haneda Tokyo menuju Bandara Nanki-Shirahama. Selain berbagai pertunjukan satwa yang dihadirkan di dalamnya, kebun binatang ini juga dilengkapi dengan taman hiburan dan toko oleh-oleh.

3
Zoorasia Yokohama – Kanagawa

Ingin melihat kehidupan para satwa di habitat alami mereka? Maka, Zoorasia Yokohoma Municipal Zoo adalah tempat yang pas untuk dikunjungi di Jepang.

Sahabat Silir bisa menyaksikan para satwa di dalamnya hidup dengan bebas tanpa dibatasi oleh kandang. Menariknya, tempat ini menjadi cagar bagi hewan-hewan terancam punah seperti okapi, singa india, hingga monyet dengan belalai dari Sumatera.

Di Zoorasia, Sahabat Silir bisa mengajarkan anak-anak untuk bercengkrama langsung dengan hewan-hewan di dalamnya. Rasakan juga asyiknya menelusuri kealamian Hutan Wanpaku di area ini.

4
Kobe Ouji Zoo – Hyogo

Terletak di wilayah Nada, kebun binatang yang satu ini terbilang cukup istimewa, dimana panda dan koala dapat disaksikan hidup dalam satu tempat. Beberapa hewan lucu dan unik yang bisa disaksikan di Kobe Ouji Zoo adalah red panda, Snow Leopard, beruang, dan masih banyak lagi.

Pada musim semi kebun binatang ini juga menjadi spot hanami favorit karena memiliki pemandangan sakura paling terkenal di daerah Kobe.

Selain melihat dan bermain langsung dengan hewan-hewan di dalamnya, terdapat juga berbagai wahana permainan seru seperti bianglala, roller coaster dan rumah kaca yang bisa dijajal oleh pengunjung.

5
Asahiyama Zoo – Hokkaido

Sebagai kebun binatang yang cukup populer di Perfektur Hokkaido, Asahiyama Zoo memberikan pengalaman kunjungan yang cukup berbeda dibanding kebun binatang lainnya.

BACA JUGA: 5 Alasan Musim Gugur Adalah Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Pengunjung bisa melihat secara langsung kehidupan para hewan di habitat asli mereka dengan mengamati melalui terowongan pipa transparan atau dari atas jembatan.

Apabila Sahabat Silir berkunjung pada musim dingin, siap-siap saja dibuat gemas dengan gerak gerik para penguin yang melakukan parade mengeliling kebun binatang ini.

Tempat ini juga menjadi rumah perlindungan bagi serigala Hokkaido yang nyaris punah.

6
Nihondaira Zoo – Shizuoka

Memiliki sebutan lengkap Shizuoka Municipal Nihondaira Zoo, kebun binatang ini memungkinkan para pengunjungnya untuk melihat para hewan dari dekat. Sebagai contoh, Sahabat Silir bisa menyaksikan beruang kutub yang sedang berenang dengan asyiknya melalui sebuah terowongan kaca.

Pada Flying Mega Dome, Sahabat Silir akan dibuat takjub dengan banyaknya hewan burung yang berterbangan ke sana kemari.

Selain itu, Sahabat Silir bisa juga meneropong kehidupan penguin, harimau, singa, anjing laut, dan ratusan jenis hewan lainnya yang menghuni tempat ini.

7
Nasu Animal Kingdom – Tochigi

Terletak di daratan tinggi yang subur, kebun binatang Nasu Animal Kingdom benar-benar memperlihatkan betapa makhluk hidup sangat tergantung pada alam. Terdapat 6 pertunjukan yang bisa disaksikan pengunjung di tempat ini, salah satunya adalah burung elang yang terbang di atas kepala.

Selain pertunjukan yang mampu mempererat keintiman antar manusia dan hewan, pengunjung juga bisa menyantap menu berbahan sayuran lokal dari café dan restoran di sekitarnya. Capybaras dan Alpaca adalah dua satwa yang cukup terkenal dari kebun binatang ini.

8
Tobe Zoological Park – Ehime

Beringsut ke bagian barat Jepang, terdapat kebun binatang terbesar yang menempati area seluas 110 ribu meter persegi. Tobe Zoological Park dihuni oleh seribu hewan dari 180 spesies berbeda.

Saking besarnya, wajar saja jika terdapat berbagai macam penawaran rute tur bagi para pengunjung. Kebun binatang ini dibagi menjadi 10 zona berdasarkan kategori habitat dan taksonomi.

Dikenal dengan konsep “panoramic exhibit”, pihak pengelola mengusahakan agar-agar hewan-hewan di dalamnya merasa bagai hidup di alam bebas. Tentunya pengunjung juga diperkenankan untuk memberi makan langsung hewan-hewan di dalamnya.

9
Ichikawa City Zoo – Chiba

Sejumlah kebun binatang terbaik di Jepang memang menawarkan pengalaman menyentuh sejumlah satwa secara langsung, tak terkecuali di Ichikawa City Zoo. Bagi anak-anak, petting zoo merupakan sebuah pengalaman penting untuk mengajarkan interaksi antar hewan dengan manusia.

Beberapa hewan menarik lainnya yang bisa Sahabat Silir saksikan dari tempat ini antara lain, rubah, rakun, meerkat, landak, berang-berang, hingga berbagai jenis simpanse. Kebun binatang ini juga memiliki museum satwa bernama Municipal Museum of Natural History in Ichikawa pada lantai tiga dekat pintu masuk.

Sahabat Silir bahkan bisa merasakan serunya dibawa keliling dengan kereta peluru Shinkansen mini yang bisa dinaiki oleh anak-anak dan dewasa.

10
Omuta City Zoo – Fukuoka

Kelebihan dari kebun binatang Omuta City Zoo yang berlokasi di Showamachi ini adalah suasananya yang tidak terlalu ramai dipadati pengunjung. Oleh karenanya, Sahabat Silir bisa secara perlahan menikmati keberagaman hewan yang terdapat di dalamnya.

Pengunjung juga bisa memberi makan langsung para singa buas di tempat ini. Kebun binatang terbesar di Fukuoka ini disebut-sebut sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Nikmati juga serunya melihat kelincahan para kangguru hingga keseharian harimau putih di tempat ini. Dengan keberadaan taman hiburan di dalamnya, dijamin acara rekreasi Sahabat Silir bersama keluarga akan semakin menyenangkan.

Kebun binatang disebut-sebut merupakan tempat yang paling bagus dikunjungi oleh anak-anak. Di samping mampu mengajarkan mereka untuk mencintai hewan, anak-anak juga akan mendapatkan wawasan tambahan tentang berbagai jenis satwa dari seluruh dunia.

Oleh sebab itu, kunjungan ke kebun binatang di berbagai negara menjadi salah satu wacana jalan-jalan yang pantang untuk dilewatkan. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Barang yang Wajib Dibawa Saat Berwisata ke Luar Negeri

Salah satu persiapan penting sebelum berangkat berwisata ke luar negeri, adalah menyiapkan barang bawaan. Nah, agar liburan tak...

Taman Emirgan, Surga Tulip di Turki

Sibuk Liburan - Bicara soal destinasi wisata yang unik, Turki memang andalannya. Keindahan ‘Kota Batu Cappadocia’ yang bisa diintip dari atas menggunakan...

6 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Venesia, Italia

Ketika mendengar kata Venezia, pasti yang terlintas di benak Sahabat Silir adalah tempat yang romantis sekaligus bersejarah. Berada di Italia, Venesia memang...

5 Negara di Asia dengan Kuliner Pedas yang Wajib Dikunjungi

Kuliner pedas tak hanya dijumpai di Indonesia, terdapat beberapa negara yang juga memiliki kuliner pedas dari yang biasa hingga yang pedasnya nampol!...

Soekarno-Hatta Peringkat 6 Bandara Tersibuk Menyambut Libur Natal dan Tahun Baru

Sibuk Liburan - Menyambut musim liburan, jadwal penerbangan di tiap-tiap bandara internasional di beberapa negara dipastikan akan sangat sibuk. Terutama saat libur Natal dan...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!