10 Kota Di Britania Raya yang Wajib Dikunjungi

Britania Raya atau dikenal dengan United Kingdom adalah salah satu negara Eropa favorit para pelancong dan salah satu negara yang perekonimiannya paling maju di dunia.

Britania Raya atau dikenal dengan United Kingdom adalah salah satu negara Eropa favorit para pelancong dan salah satu negara yang perekonimiannya paling maju di dunia.

Nama Inggris jauh lebih dikenal para wisatawan, padahal masih ada Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales sebagai bagian dari UK.

10 Kota Di Britania Raya yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah 10 kota di Britania Raya yang wajib dikunjungi selama menjelajah negeri kerajaan tersebut. Apa saja?

1
London

London Eye

Rasanya tidak afdol jika ke UK kalau tidak berkunjung ke London, ibu kota Inggris dan salah satu kota metropolitan yang dinamis. London menyimpan sejuta pesona dan Sahabat Silir  bisa melihat berbagai bangunan yang menjadi ikon Inggris seperti Istana Buckingham, Big Ben, Lapangan Trafalgar (Trafalgar Square) dan Stadion Wembley yang legendaris.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Sejarah Inggris yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

O, ya bagi yang ingin menyusuri kota London seharian, Sahabat Silir  juga bisa menggunakan bis tingkat (double decker) Hop-on-Hop-Off London Sightseeing Tour yang sudah melegenda dan menjadi pilihan favorit para turis. Nah, bagi pecinta film Harry Potter, jangan lupa juga untuk ikut tur di Warner Brothers’ Studio untuk melihat seperti apa film yang bercerita tentang Sekolah Sihir Hogwarts dibuat.

2
Liverpool

Ingin melihat sejarah grup legendaris The Beatles? Ya, Liverpool lah tempatnya. Di sana ada Beatles Story Museum yang bisa dikunjungi untuk mengetahui sejarah band ini dari awal hingga mendunia.

Liverpool juga identik dengan sepak bola. Ke Liverpool tanpa berkunjung ke stadion Anfield milik klub Liverpool tentunya belum lengkap bagi fans The Reds. Namun, bagi fans Liverpool biru atau Everton, kalian juga bisa mengunjungi kandang klub terjuluk The Toffees ini di stadion Goodison Park.

Ingin menjelajah berbagai bangunan bersejarah? Coba deh ke Albert Dock yang dulunya merupakan kawasan gudang yang sekarang menjadi kawasan wisata dan masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO. Dengan kendaraan amphibi, kita dapat menyusuri keindahan tempat ini yang dikelilingi berbagai museum dan bengunan bersejarah.

3
Manchester

Para pecinta klub sepak bola Manchester United tentu tidak akan melewatkan tur ke stadion Old Trafford. Bagi fans saingan United, Manchester City, tur ke Stadion Etihad juga bisa jadi pilihan. Lalu, ada juga National Football Museum dimana kita tidak hanya mengetahui sejarah olah raga terpopuler dunia, namun juga bisa mencoba berbagai permainan interaktif seperti menendang penalti dan menjadi komentator. Wah, seru ya!

Manchester tidak hanya untuk pecinta sepak bola saja. Imperial War Museum North dan Manchester Museum menawarkan wisata sejarah yang tak kalah menarik.

Bagi para pecinta seni, Manchester Art Gallery juga bisa jadi pilihan.  Ada aktivitas untuk anak-anak juga lho dimana mereka bisa mencoba berbagai peralatan seperti kaca pembesar dan lainnya.

4
Stratford

Kota yang ada di Sungai Avon ini adalah tempat kelahiran sastrawan ternama William Shakespeare Tidak ada yang mengenal Shakespeare dengan karya-karyanya seperti Hamlet, Othello, Macbeth, dan Romeo&Juliet yang masih dipentaskan di seluruh dunia.

Sastrawan ini lahir di kota indah ini pada tahun 1564 dan meninggal 52 tahun kemudian di tempat yang sama. Sahabat Silir  bisa melihat jejak kehidupan sang legenda yang masih terawat dengan baik. Ada rumah sang istri Anne Hathaway Cottage dan tempat pertunjukan Royal Shakespeare Theatre.

Ingin tahu Shakespeare sekolah dimana ya? Nah, kita bisa berkunjung ke King Edward School VI, tempat penulis ratusan soneta dan drama ini bersekolah selama tujuh tahun (mulai usia tujuh hingga 14 tahun).

Lalu apa lagi yang menarik di kota kecil ini? Jika di Indonesia kita punya Taman Nasional Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan yang terkenal dengan kupu-kupunya, di Stratford juga ada peternakan kupu-kupu dimana kita bisa melihat berbagai kupu-kupu cantik.

5
Cambridge

Semua pelajar pejuang beasiswa jelas tahu Cambridge dong? Ya, salah satu universitas terbaik dunia tempat para ilmuwan dan politisi kenamaan menuntut ilmu. Bahkan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa pernah merasakan pendidikan di universitas yang berdiri pada tahun 1209 ini lho!

BACA JUGA: 5 Destinasi Landmark Inggris yang Populer di Kalangan Turis

Sahabat Silir  bisa menempuh perjalanan ke Cambridge dari London dengan kereta selama 1.5 jam. Nah, yang tak kalah seru, para pelancong bisa tur keliling universitas ini dengan gondola ditemani pemandu yang juga mahasiswa Cambridge sendiri. Ada tur bareng-bareng atau sharing tour dan tur pribadi atau private yang harganya lebih mahal. Para turis akan dijelaskan mengenai sejarah universitas ini dari awal hingga sekarang.

Di bagian utama kampus, ada Kings College Chapel, kapel bergaya arsitektur Gothic yang menawan. Lalu, ada jembatan yang namanya Jembatan Matematika yang menyerupai jarring laba-laba (menggambarkan kerumitan rumus matematika).

6
Oxford

Nah, selain Cambridge, Oxford adalah salah satu kota tempat universitas tertua dan terbaik dunia, Namun, universitas ini tidak hanya punya satu gedung saja lho. Ada 38 gedung universitas Oxford.

Tur keliling universitas gratis dengan berjalan kaki bisa jadi pilihan. Selain sehat, tur yang dipandu oleh mahasiswa yang menjadi tour guide paruh waktu  ini tidak membosankan karena menjelaskan sejarah universitas dengan bahasa yang mudah dipahami.

Selain itu, lokasi film Narnia dan Harry Potter juga sayang kalau dilewatkan. Kampus Oxford juga menjadi inspirasi cerita anak-anak yang legendaris Alice in Wonderland karya Caroll Lewis.

7
Warwick

Liburan di Warwick akan membawa Sahabat Silir  ke abad pertengahan. Ya, kastil-kastil bersejarah disini membuat kita merasakan nuansa liburan di masa lampau. Selain itu, ada juga berbagai festival seperti Folk Festival dan Beer Festival yang tak kalah seru.

8
Bristol

Sama seperti Stratford, Bristol juga berada di Sungai Avon.  Kota kecil ini juga layak menjadi tujuan wisata bagi yang ingin liburan lebih tenang jauh dari keramaian kota besar.

Pelabuhan Bristol adalah salah satu yang wajib dikunjungi. Keunikannya adalah ketinggian airnya stabil, tak terpengaruh oleh pasang surut air. Tempat ini sudah ada sejak abad ke-13 lho!

Pengen foto-foto? Coba deh ke Bukit Brandon (Brandon Hill) yang tak jauh dari pusat kota. Di bukit nan indah ini ada juga cagar alam dimana kita bisa melihat taman kupu-kupu dan berbagai bunga liar yang keren banget!

9
Glasgow

Kota di Skotlandia yang juga dikenal sebagai kota pelajar. Nah, siap-siap cek pendengaran deh jika kemari karena sekalipun tetap menggunakan bahasa Inggris, penduduk Glasgow punya aksen khas yang namanya Glaswegians yang susah banget dimengerti (bahkan orang Inggris sendiri juga sulit memahaminya).

BACA JUGA: 5 Menu Sarapan Komplit di Inggris yang Bergizi dan Mengenyangkan

Menurut situs TripAdvisor, Kelvingrove Art Gallery and Museum menjadi tempat teratas yang wajib dikunjungi selama di Glasgow. Tempat ini menyimpan berbagai artefak yang sudah berusia ratusan tahun.

Lalu ada juga Glasgow Cathedral and Necropolis yang menjadi bukti keindahan arsitektur Gothic. Instagrammable banget deh!

10
Edinburgh

Nah, masih di Skotlandia, jangan lupa juga berkunjung ke Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Kota ini juga terkenal sebagai pusat seni dan festival. Berbagai festival kenamaan seperti Festival Buku International Edinburgh dan festival seni Edinburgh Fringe.

Museum Nasional Edinburgh yang masih relatif baru (berdiri pada 2011) termasuk salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi. Museum ini menyimpan ribuan artefak menggambarkan perkembangan sejarah di bidang seni, teknologi, geologi, dan teknologi. Salah satunya adalah Dolly, domba hasil cloning pertama dan kostum panggung penyanyi legendaris Elton John.

Lalu, jangan lupa berkunjung ke Kastil Edinburgh, yang menjadi ikon kota ini yang menjadi salah satu atraksi wisata utama di Britania Raya.

Nah, kira-kira mau berkunjung kemana ya, Sahabat Silir ?

Oh ya, jika Sahabat Silir pengen kunjungi kota-kota diatas, tapi bingung cara kesana bagaimana, Kami bisa jadi teman terbaik Sahabat Silir untuk berlibur dan mengabadikan momen indah di Inggris dengan paket wisata yang menarik. (YR)

Mungkin kamu juga suka

Meneropong Keindahan Perbatasan Indonesia dari Batu Lepe, Anambas

Sibuk Liburan - Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Banyak pulau di antaranya adalah sisi terdepan dari negeri ini. Pulau-pulau tersebut-lah...

Serba Serbi Sharm El-Sheikh, Surga Wisata Mesir

Berlibur ke Timur Tengah? Ketemunya padang pasir dong! Bisa jadi ini yang pertama terlintas di benak Sahabat Silir. Padahal Timur Tengah tidak kalah indahnya...

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

5 Daftar Destinasi Wisata Ramah Muslim di Taiwan

Sibuk Liburan - Bagi wisatawan Muslim, berpiknik ke suatu daerah, terutama ke luar negeri yang Muslimnya minoritas acap kali menjadi kerisauan tersendiri....

Tempat Liburan Terbaik di China Sesuai Musimnya

China memiliki destinasi wisata yang sangat banyak, mulai dari wisata bernuasa budaya, sejarah, belanja, kuliner hingga wisata alam. Pertanyaannya, kapan waktu terbaik...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini