10 Kota Menarik Korea Selatan yang Cocok Dikunjungi Turis

Berikut ini adalah beberapa kota terkenal di Korea Selatan dengan sejumlah hal menarik yang ditawarkan di dalamnya

Dengan meningkatnya geliat pariwisata Korea Selatan setiap tahunnya, membuat sejumlah kota dari Negeri Ginseng ini begitu menarik untuk dikulik. Bagi Sahabat Silir yang hobi menyimak hal-hal berbau Korea, pastilah sudah sering mendengar beberapa kota dari negeri asal girlband Blackpink ini.

10 Kota Menarik Korea Selatan

Berikut ini adalah beberapa kota terkenal di Korea Selatan dengan sejumlah hal menarik yang ditawarkan di dalamnya:

1
Seoul

Seoul Korea Selatan
Seoul Korea Selatan

Sebagai kota yang dijadikan tujuan destinasi utama dari negara ini, wajar saja jika Seoul menawarkan beragam hal menarik di dalamnya. Dimulai dari wisata sejarah, nuansa modern, keindahan Sungai Han, pusat bisnis, hiburan, hingga pusat perbelanjaan.

BACA JUGA: 5 Ski Resort Terbaik di Korea Selatan yang Dekat dengan Kota Seoul

Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakoni di kota ini antara lain, berkunjung ke gedung Lotte World, menjelajah Istana Gyeongbokgung, berbelanja di Insadong dan Myeongdong, hingga menikmati sensasi relaksasi di Dragon Hill Spa.

Seoul juga punya lokasi taman indah terkenal bernama Namsan Park untuk kegiatan hikking atau menikmati keseluruhan pemandangan kota.

2
Busan

Gamcheon Culture Village
Gamcheon Culture Village

Selain Seoul, nama kota Busan juga kerap disebut-sebut dalam sejumlah film asal Korea Selatan. Sebut saja salah satunya adalah film ‘Train to Busan’ yang rilis pada 2016 lalu.

Akan tetapi, Sahabat Silir jangan membayangkan suasana Busan akan sama seramnya seperti film tersebut. Nyatanya kota ini memuat banyak tempat asyik yang cocok dikunjungi oleh turis.

Jagalchi adalah salah satu pasar ikan terbesar di Korea Selatan dari kota ini. Apabila ingin berbelanja ke pusat perbelanjaan modern dan terbesar di negeri tersebut, langkahkan saja kaki menuju Shinsegae Centum City.

Busan juga memiliki lokasi wisata alam menyenangkan seperti Pantai Handeu, Pantai Gwangli, hingga Taman Dongbae. Jangan lewatkan untuk membeli ginseng yang merupakan oleh-oleh khas kota ini.

3
Incheon

Korea selatan

Beberapa tahun belakangan ini, kota Incheon juga mulai gencar dipromosikan sebagai primadona pariwisata baru oleh pemerintah setempat. Salah satunya adalah dengan menyediakan wisata halal yang dapat menarik perhatian wisatawan Muslim.

Incheon sendiri selama ini lebih dikenal sebagai kota pelabuhan yang juga memiliki bandar udaranya sendiri. Menariknya, kota ini juga memiliki pusat religi dari tiga kepercayaan, yaitu Kuil Jeongdeungsa, Masjid Bupyeong, hingga Gereja Katolik Dapdong.

Soal kuliner, Sahabat Silir tak perlu khawatir karena kota ini memiliki banyak restoran yang menyediakan menu-menu halal, vegetarian, hingga khas Korea.

4
Jeju

Pulau Jeju

Dengan sejumlah keindahan alam dan pantainya, tak heran jika Jeju langganan untuk dijadikan lokasi syuting film-film lokal.

Meski dikenal sebagai kota pantai, pulau Jeju juga dikenal sarat akan wisata alam non baharinya. Sebut saja salah satunya adalah Air Terjun Cheonjiyeon yang dipercaya sebagai tempat mandi tujuh bidadari.

Hanya di Jeju, Sahabat Silir bisa menemukan profesi Haenyeo, yaitu profesi wanita penyelam yang mencari hasil tangkapan laut. Bicara soal laut, sudah tentu Jeju merupakan surganya kuliner seafood.

BACA JUGA: Keunikan Pulau Jeju Dibandingkan Tempat Lainnya di Korea Selatan

Kami sarankan agar Sahabat Silir membeli oleh-oleh atau mencicipi jajanan berbahan dasar jeruk hallabong yang merupakan hasil utama di pulau ini.

5
Gwangju

Gwangju

Gwangju memang dikenal sebagai Kota Kebudayaan di Korea Selatan. Kota metropolitan yang satu ini terletak ujung selatan Semenanjung Korea, tepatnya di Provinsi Jeollanam.

Beberapa tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi dari kota ini antara lain, Gwangju Kimchi Town, Namdo Food Museum, Kuil Jeungsimsa, Gunung Mudeungsan, dan masih banyak lagi.

Salah satu festival budaya terkenal dari kota ini adalah Gwangju Biennale yang diadakan setiap dua tahun sekali guna memperingati perpaduan kebudayaan timur dan barat. Selain populer dengan perhelatan acara bernafaskan budayanya, kota ini juga dikenal sebagai pusat industri teknologi, dimulai dari otomotif, elektronik, hingga serat optik.

6
Jeonju

Jeonju

Nama Jeonju sebagai kota mungkin tidak sepopuler Seoul, Busan, atau Incheon. Oleh karenanya kota ini disebut-sebut memiliki suasana yang tidak terlalu sibuk jika dibandingkan dengan ketiga kota tersebut.

Namun begitu, menilik dari laman Tribunnews (29/07/2019), kota Jeonju telah ditunjuk sebagai Kota Gastronomi oleh UNESCO. Hal ini didasari, karena Jeonju memiliki industri pengolahan dan penyajian makanan tradisional Korea berkualitas tinggi.

Salah satu objek wisata menarik dari kota ini adalah Jeonju Hanok Village yang dianggap sebagai ibukota spiritual dari era Dinasti Joseon. 

7
Gyeongju

Gyeongju

Suka dengan wisata sejarah? Kami sarankan Sahabat Silir untuk berbelok ke kota Gyeongju yang berada di ujung tenggara Provinsi Gyeongsang Utara. Gyeongju dianggap sebagai salah satu kota penting di Korea Selatan karena memuat situs Kerajaan Silla, yakni kerajaan kuno di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 57 SM hingga 935.

Dikenal juga sebagai Museum Tanpa Dinding, dengan menelusuri Gyeongju Sahabat Silir bisa menemukan banyak situs dan peninggalan bersejarah di tempat ini. Oleh karenanya, tak heran jika UNESCO menunjuk kota ini sebagai Warisan Sejarah Dunia.

8
Daegu

Korea Selatan

Di kalangan pecinta k-pop terutama Army–sebutan bagi fans boyband BTS asal Korea Selatan, kota Daegu dikenal sebagai tempat kelahiran Suga dan V. Dengan kepopulerannya yang menjulang, pemerintah kota ini bahkan sampai berencana mendirikan BTS Street sebagai daya tarik baru di kota ini.

Tak hanya dikenal sebagai kota metropolitan keempat terbesar di Korea Selatan, Daegu juga dikenal sebagai kota romantis yang cocok dikunjungi bersama pasangan. Memandangi keindahan seluruh kota dari Sky Lounge di E World 83 Tower adalah salah satu kegiatan yang tak boleh terlewatkan di tempat ini.

Romantisme suasana di Danau Suseong dan Gunung Apsan juga menjadi dua hal yang juga menarik untuk dijajal di Daegu.

9
Daejeon

Daejeon

Apabila Sahabat Silir mengira Seoul merupakan kota yang paling maju teknologinya, maka Sahabat Silir telah keliru selama ini. Sebab Daejeon merupakan kota yang disebut-sebut paling maju seantero Korea Selatan.

Dilansir dari Merdeka.com (03/07/2017), Korean Tour Organization (KTO) bahkan berusaha menggenjot pariwisata kota ini melalui wisata medis dan kecantikan. Kota ini memiliki ribuan klinik kecantikan dan banyak rumah sakit dengan skala internasional.

Kecanggihan dari kota ini bisa terlihat dengan dipasangnya jaringan Wifi pada setiap sudut kota. Daejeon merupakan kota dengan perpaduan ilmu pengetahuan, budaya, dan juga ekologi.

10
Gyeongnam

10 Kota Menarik Korea Selatan yang Cocok Dikunjungi Turis 5

Tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat di Korea Selatan yang sangat direkomendasikan untuk dikunjugi saat musim semi. Salah satu gelaran festival melihat sakura paling terkenal di tempat ini adalah Jinhae Gunhangje Festival.

Tempat-tempat memesona lainnya yang bisa Sahabat Silir kunjungi di Gyeongnam antara lain adalah Windy Hill, Kuil Haeinsa yang merupakan pusat ajaran Buddha sejak zaman Silla, Benteng Jinjuseong, hingga Skyline Lude di Tongyeong.

Dari banyaknya kota yang sudah disebutkan, kami harap Sahabat Silir bisa memutuskan kota mana yang paling menarik untuk kunjungi di Korea Selatan. Dengan banyaknya daya tarik dari penjuru Negeri Ginseng, pastikan untuk mengeksplorasi setiap sudutnya dengan seksama agar mendapatkan pengalaman berlibur yang berkesan. (AS)

Mungkin kamu juga suka

5 Kuliner Kunming yang Dijamin Langsung Bangkitkan Nafsu Makan

Berbicara soal destinasi wisata, memang tak bisa dilepaskan dari kegiatan perburuan kuliner yang menyertainya. Kota Kunming di Yunnan, Tiongkok juga tak ketinggalan dalam menawarkan hidangan...

Pengalaman Berlibur yang Tak Terlupakan di Bali Bersama Anak

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya yang tak terlupakan saat jalan-jalan bersama anak saya yang masih berusia 7 tahun. Saat itu...

5 Tempat Wisata Terbaik di Bali untuk Keluarga

Siapa yang tak kenal Bali?Pulau Dewata ini tidak kehilangan pesonanya dan selalu membuat wisatawan ingin kembali lagi....

Mengenal Transportasi Impian MRT yang Akan Segera Beroperasi di Jakarta

Sibuk Liburan - Warga Jakarta kini boleh merasa lega dalam mendapatkan solusi kemacetan di ibu kota. Pasalnya, realisasi Mass Rapit Transit (MRT)...

Tips Memilih Tempat Berlibur Lebaran bersama si Kecil

Sibuk Liburan - Bulan Ramadhan pada tahun ini segera berakhir. Artinya, Lebaran akan segera datang. Kebiasaan di Indonesia, pada saat Lebaran orang...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp