10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia

Jika perayaan Idul Fitri di Indonesia identik dengan Opor ayam dan ketupat, maka Natal di berbagai dunia juga memiliki kekhasan kuliner. Apa saja ya?

Hari besar keagamanan selalu menjadi hari yang menyenangka bagi setiap pemeluknya, termasuk Natal bagi umat Nasrani. Tinggal menghitung hari, Natal aka segera tiba. Di berbagai penjuru dunia, umat Nasrani telah bergegas menyiapkan segala sesuatu untuk merayaka Natal bersama keluarga dan orag-orag terkasih.

Tentu saja, bukan saja soal persiapan misa di malam Natal, melainkan juga soal tradisi-tradisi, termasuk kuliner. Ya, jika perayaan Idul Fitri di Indonesia identik dengan Opor ayam dan ketupat, maka Natal di berbagai dunia juga memiliki kekhasan kuliner.

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia

Seperti apa ya kuliner khas Natal dari berbagai negara di dunia? Berikut ulasannya untuk Sahabat Silir.

1
Indonesia

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 12
Foto: Hitabatak

Sebelum jauh melancong ke luar negeri, mari kita intip kuliner khas Natal dari berbagai daerah di Indonesia. Diawali dari Sumatra Utara, khususnya Karo. Di tempat ini terdapat kuliner khas bernama babi panggang Karo.

BACA JUGA: 5 Negara di Asia dengan Kuliner Pedas yang Wajib Dikunjungi

Umumnya hidangan ini akan disajikan bersama dengan sayur singkong tumbuk dan cabai rawit hijau. Masih dari Tanah Batak, ada pula ikan bumbu arsik, yaitu ika arsik yang dipanggang beralas daun herba setelah sebelumnya diisi bumbu di dalamnya.

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 2
Foto: ResepKoki

Daru Pulau Sumatra menuju Nusa Tenggara Timur (NTT). Di propinsi ini terdapat makanan khas Natal bernama Kue Bagea yang terbuat dari tepung terigu. Makanan ini cocok dijadikan ‘teman ngeteh maupun ngopi’.

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 3

Menuju Manado, Sulawesi Utara, di kawasan ini terdapat beragam kuliner Natal yang maknyuz. Salah satu yang paling populer adalah ayam rica-rica. Menu bercita rasa pedas, gurih ini bahkan wajib hadir di atas meja saat perayaan Natal. Adapula Brenebon, yaitu sup iga yang dipadu kacang merah.

2
Filipina

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 13
Pancit Malabon

Tak jauh dari Indonesia, Filipina termasuk negara yang merayakan Natal dengan spektakuler. Negara yang bersebalahan dengan propinsi Sulawesi Utara ini melangsungkan perayaan Natal paling lama di dunia, sejak September hingga Januari. Masyarakat pun akan menyiapkan hidangan khas saat Natal.

Beberapa kuliner khas Natal di Filipina adalah Ham Natal (makanan manis yang biasanya dinikmati dengan digoreng atau bersama roti dan keju kambing); Keso de Bola (nama lokal dari keju Edam asal Belanda); Pancit Malabon (hidangan mi kuning berbumbu annatto dicampur dengan telur, udang dan chicharon).

Ada pula spaghetti manis yang di dalamnya terdapat bit dan keju olahan.

3
Inggris

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 14
Kalkun Panggang

Negara ini memiliki sajian ‘berat’ yang unik saat perayaan Natal. Ya, menu itu tak lain adalah olahan daging kalkun. Sejarah ayam besar ini menjadi suguhan saat Natal terbilang unik. 

Sebelumnya masyarakat Inggris lebih menyukai memasak bebek untuk perayaan Hari Besar. Namun, hal itu mulai berubah saat suatu hari ada saudagar yang menemukan pedagang kalkun dan ia pun memperkenalkan ke warga sekitar jika cocok untuk dikonsumsi. Wal hasil, Natal pun kemudian identik dengan sajin berbahan ayam kalkun.

4
Swedia

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 15
rice pudding

Swedia dan juga negara-negara di kawasan Scandinavia memiliki hidangan spesial berupa rice pudding atau pudding beras yang disantap di malam Natal. Beberapa pudding tersebut di dalamnya terdapat kepingan almond.

BACA JUGA: 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi pada Liburan Natal dan Tahun Baru

Bagi yang menemukan kepingan almond dalam pudding tersebut dianggap sebuah keberuntungan. Hidangan serupa juga kerap muncul pada malam tahun baru.

5
Meksiko

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 16
Chiles en Nogada

Meksiko memiliki kuliner unik sekaligus langka yang disajikan saat Natal. Dikatakan langka, karena makanan satu ini sangat jarang dijumpai saat hari-hari biasa. Makanan itu hanya dibuat saat Natal dan juga hari kemerdekaan Meksiko.

Nama kudapan tersebut tak lain adalah Chiles en Nogada. Dilihat dari penampilannya,  makanan ini sungguh menggugah selera dengan perbaduan warna cantik hijau, putih dan merah lengkap dengan warna bendera negara Meksiko. Chile en Nogada sebenarnya adalah daging yang disiram dengan bumbu-bumbu.

Bahan untuk membuat makanan ini memang sudah mulai langka, seperti biji delima, walnut hingga cabai poblanio.

6
Jepang

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 17
kurisumasu keiki. Foto: Flavorverse

Meski sebagian besar masyarakat Jepang tak menganut agama Kristiani, tetapi perayaan Natal tetap meriah. Hal yang unik adalah kuliner Natal di Negeri Sakura.

Jika banyak negara di dunia mengusung hidangan khas daerah masing-masing sebagai hidangan Natal—sebagai bagian dari warisan budaya masa lalu, Jepang berbeda! Negara yang dikenal futuristik dengan teknologinya ini justru menjadikan ayam goreng dari resto cepat saji sebagai makanan khas Natal.

Herannya, masyarakat bahkan harus memesan dua bulan sebelum Natal untuk mendapatkan Bucker Feast Christmas. Selain itu ada hidangan yang ‘lebih tradisional’, yaitu Kurisumasu Keik atau christmas cake.

Kue ini tak ubahnya seperti kue ulang tahun yang dilapisi krim putih dan beberapa potong stroberi serta coklat, tetapi di atasnya diberi tambahan ornamen khas Natal.

7
Perancis

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 18
La Buche de Noel

Kondang dengan Menara Eiffel, Perancis juga memiliki hidangan khas Natal yang menarik. Namanya adalah La Buche de Noel yang mirip dengan balok kayu. Makanan ini sebenarnya kue putih yang digulung dengan isian coklat buttercream dan coklat frosting di atasnya.

Umumnya, makanan ini akan disajikan bersama dengan jamur meringue. Untuk diketahui, orang Perancis begitu menyukai jamur, termasuk jamur tiram yang begitu favorit saat liburan tiba.

Sekitar setengah dari produksi jamur tiram tahunan di negara ini bahkan dikonsumsi selama sepekan saja sejak Natal hingga tahun baru tiba.

8
Venezuela

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 19
Hallacas

Sahabat Silir tentu sudah taka sing lagi dengan lontong bukan?! Hampir semua daerah di Indoensia memiliki lontong, meski setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Umumnya, lontong dibuar dari nasi bersantan yang dibungkus daun pisang.

Jika di Sulawesi Selatan makanan serupa disebut dengan Buras yang berbungkus daun pisang ditali. Buras kerap disandingkand engan coto Makassar atau opor ayam dan menjadi menu Lebaran.

BACA JUGA: Serunya Menghabiskan Libur Natal Bersama Keluarga di Jawa Timur Park

Nah, rupanya di Venezuela juga memiliki makanan yang mirip. Namanya adalah Hallacas. Hanya saja makanan ini ‘tampil’ saat perayaan Natal. Jika Buras hanya berupa makanan Makanan ini dibuat dari adonan jagung dicampur daging babi, daging sapi, daging ayam kulit babi, kismis, buah zaitun yang dibungkus dalam daun pisang raja dan diikat lalu direbus dalam air mendidih.

Makanan ini kemudian disajikan begitu saja dalam kondisi masih berbungkus daun dan masih terikat, tetapi ada pula yang sudah dibuka, agar kerabat yang akan makan lebih mudah.

9
Jerman

10 Kuliner Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia 20
Stollen

Bergeser ke Jerman,  terdapat kuliner khas Natal bernama Stollen, yaitu kue buah dengan manisan dan uak kering, kacang, dan rempah dengan gula. Stollen sudah menjadi hidangan favorit Natal sejak Abad Pertengahan.

Khusus di Kota Dresden, setiap tahunnya terdapat Stollen panggang yang kemudian diarak  keliling kota dengan kuda, kemudian dipotong dengan pisau sepanjang 1,6 meter.

Selain itu, ada pula angsa Natal yang diolah setelah di dalamnya diisi dengan apel, chestnut, bawang, plum, dan dibumbui denagn mugwort dan marjoram. Umumnya makanan ini akan disajikan dengan kubis merah, pangsit, saus, da  sauerkraut.

Untuk diketahui, Stollen masuk dalam daftar makanan ‘tua’. Nama makanan itu telah disebit dalam buku masak yang terbit pada tahun 1350 dengan judul ‘Das Buch von gutter Speise’.

 Nah, demikian beberapa kuliner khas Natal dari berbagai negara di dunia. Sahabat Silir ingin coba cicip yang mana saat liburan Natal ke negara tersebut?(y)

Mungkin kamu juga suka

Istanbul Turki, Indahnya Kota Dua Benua

Turki merupakan negara transkontinental karena sebagian wilayahnya masuk Benua Asia dan sebagian lainnya menjadi bagian dari Benua Eropa. Kota terbesar di negara ini adalah...

Nong Noch Village: Destinasi Wisata Botani yang Cocok Untuk Keluarga

Sahabat Silir pernah ke Taman Buah Mekasari atau sekedar mendengarnya bukan?! Nah, di Pattaya, Thailand, ada juga taman buah dan bunga serupa....

Mewujudkan Gambaran Imajinasi Melalui Trickeye Museum di Korea Selatan

Ilusi optik merupakan jenis objek gambar yang menarik untuk disaksikan. Saat ini, ada begitu banyak tempat wisata berisi kumpulan mural 2D/3D/4D untuk...

5 Negara di Benua Afrika yang Paling Diminati Turis

Apa yang terbayang di benak Sahabat Silir jika tiba-tiba saja diajak liburan ke Benua Afrika? Mungkin kamu akan langsung berprasangka buruk, membayangkan di Afrika hanya...

Melihat Lebih Dekat Pesona Alam dan Nilai Sakral Pulau Jeju

Bagi masyarakat Korea, Pulau Jeju memang teramat istimewa. Tanah dari pulau volcanic itu sempat menjadi saksi peristiwa bersejarah KTT Antar Korea yang...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp