10 Oleh Oleh yang Bisa Dibeli Saat Berkunjung Turki

Ingin tahu barang dan kudapan apa saja yang bisa Sahabat Silir beli di sana? Berikut adalah beberapa produk khas Turki yang bisa Sahabat Silir pilih untuk dibawa

Apabila Sahabat Silir tengah berlibur ke Turki, pastinya tak akan melewatkan kegiatan berbelanja buah tangan untuk para kerabat dan kolega di Tanah Air. Ada beragam jenis oleh-oleh yang pastinya tak boleh Sahabat Silir lewatkan dari Negeri Kebab ini.

10 Oleh oleh Turki

Ingin tahu barang dan kudapan apa saja yang bisa Sahabat Silir beli di sana? Berikut adalah beberapa oleh oleh Turki yang bisa Sahabat Silir pilih untuk dibawa:

1
Nazar Boncugu

Nazar Boncugu

Benda yang satu ini disebut juga sebagai Mata Biru atau Mata Setan. Namanya memang sedikit membuat bergidik, tetapi penampakannya benda yang satu ini sangatlah cantik.

Benda ini pada dasarnya adalah jimat kebudayaan tradisional Turki yang diyakini dapat menangkal nasib buruk bagi penggunanya. Nazar Boncugu merupakan manik-manik yang terdiri dari 4 lingkaran warna, yakni biru tua, putih, biru muda, dan hitam yang membentuk seperti mata.

BACA JUGA: 7 Masjid di Turki yang Terkenal dengan Kemegahan Arsitekturnya

Sahabat Silir bisa mendapatkan oleh-oleh souvenir yang satu ini dalam bentuk aksesoris yang bisa dipergunakan sehari-hari. Diantaranya, gantungan kunci, kalung, gelang, hingga anting

2
Tembikar Iznik

Tak hanya Tiongkok yang unggul dengan produk keramiknya, Turki juga memiliki kerajinan keramik yang siap membuat mata terpana akan keindahannya.

Tembikar iznik berasal dari kawasan yang sama di Turki. Kerajinan yang satu ini merupakan piring yang diberi corak (umumnya flora) yang mendapatkan warna birunya dari kobalt, turkis, dan hijau, serta sedikit aksen warna merah tomat dan hitam.

Sahabat Silir mungkin akan berpikir dua kali untuk membeli produk yang satu ini karena karakteristiknya yang merupakan barang pecah belah. Akan tetapi, kami jamin Sahabat Silir tak akan tahan melihat keindahan corak dari tembikar yang satu ini.

3
Rempah-rempah dan Minyak Zaitun

Selama berabad-abad lamanya, Turki pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Hal ini tidaklah mengherankan karena negeri ini berada diantara persimpangan 3 benua, yakni Eropa, Asia, dan Afrika.

Sahabat Silir bisa mendapatkan aneka rempah khas Turki yang mungkin sulit didapatkan di Tanah Air, diantaranya adalah bibit nigella, bunga saffron, bubuk sumac, dan juniper. Selain itu, Sahabat Silir juga bisa mendapatkan jenis rempah-rempah lainnya, seperti kunyit bubuk, daun mint kering, oregano, thyme liar, kayu manis, dan masih banyak lagi.

Tak hanya rempah-rempah saja yang bisa Sahabat Silir beli, Turki juga dikenal sebagai salah satu negara yang menghasilkan minyak zaitun berkualitas. Turki sendiri dikenal sebagai salah satu negara pemasok minyak zaitun ke sejumlah negara di Eropa.

4
Manisan Turki

Turki cukup kondang dengan berbagai kudapan manisnya yang menggugah selera. Salah satunya yang paling terkenal adalah lokum atau yang lebih dikenal dengan sebutan Turkish Delight.

Turkish delight bahkan pernah muncul dalam salah satu adegan film Hollywood berjudul ‘The Chronicles of Narnia’. Terdapat juga Safranbolu lokum yang memiliki tampilan sangat cantik serta diberi tambahan kacang-kacangan seperti pistachio.

Selain lokum, Sahabat Silir juga bisa membawakan beberapa makanan manis khas Turki lainnya yang tak kalah menggugah selera, seperti baklava, pismaniye, dan kastane sekeri (permen kastanye).

5
Lampu Mozaik

Ingin menampilkan sudut yang mewah di rumah Sahabat Silir? Hiasan lampu mozaik khas Turki bisa jadi pilihan oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang.

Meski tampak mewah, nyatanya barang yang satu ini memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau. Lampu ini sangat cocok dipasang pada beberapa ruangan di rumah, seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, hingga teras.

6
Batu Oltu

Batu oltu atau yang dikenal juga sebagai amber hitam adalah jenis batu yang memiliki karakteristik yang cukup menarik. Pasalnya, batu ini memiliki tekstur yang sangat ringan serta dapat membakar permukaan benda yang digosok menggunakannya.

Batu ini biasanya dipergunakan untuk cincin, kalung, gelang, tasbih, Rosario dan rokok pipa. Sahabat Silir bisa membeli batu yang satu ini di distrik Oltu yang bersejarah di kota timur Erzurum.  

7
Telkari

Suka dengan kerajinan yang terbuat dari perak? Maka dari itu jangan lewatkan untuk membeli souvenir telkari di Turki.

Telkari sendiri merupakan seni kuno pembuatan perak yang diperkirakan berasal dari Mesopotamia. Namun begitu, telkari justru lebih dikenal sebagai seni yang berasal dari Mardin.

Pada pembuatan telkari, perak yang telah dibuat menjadi kawat kecil halus akan dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk sebuah corak 3 dimensi yang cantik. Dengan bentuknya yang menawan, seni ini biasanya diterapkan pada perhiasan seperti liontin kalung, gelang, cincin, dan anting.

8
Produk Ibrik

Turki juga dikenal dengan peralatan masak yang terbuat dari logam tembaga, produk ini dalam bahasa Turki dikenal dengan nama ibrik. Tembaga sendiri diketahui merupakan salah satu logam yang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang sangat baik.

Salah satu produk tembaga yang wajib Sahabat Silir beli adalah cezve yang biasa dipergunakan untuk membuat kopi Turki. Selain cezve, terdapat caydanlik yang merupakan teko tembaga dua tingkat untuk merebus teh.

BACA JUGA: 5 Hal Unik Berikut Hanya Bisa Ditemukan di Negara Turki

Apabila Sahabat Silir sedang berada di kota Erzincan Timur, jangan lewatkan untuk mengunjungi Bakircilar Carsisi yang merupakan sentra perabotan dari tembaga.

9
Minuman Turki

Selain produk-produk yang terbuat dari ibrik, minuman seperti kopi dan teh khas Turki adalah dua jenis minuman yang harus Sahabat Silir bawa ke dalam koper. Apabila ingin membeli kopi khas Turki, Sahabat Silir bisa mendatangi toko kopi terkenal milik Kurukahveci Mehmet Efendi yang berada di kawasan Eminou, Istanbul.

Selain kopi, Sahabat Silir juga bisa membeli teh dari kota Trabzon yang berada di wilayah Laut Hitam. Di kota ini, Sahabat Silir akan menemukan berbagai jenis teh yang mungkin jarang ditemukan di wilayah Turki lainnya.

Turki juga memiliki teh apel yang biasa diseduh dalam gelas kecil berbentuk tulip. Teh ini memiliki cita rasa yang sedikit asam, serta memiliki aroma apel yang kuat.

10
Karpet Turki

Karpet Turki memang sudah dikenal akan kualitas dan motifnya yang memukau. Tak hanya bisa mempercantik lantai rumah, tetapi juga bisa membuat suasana rumah terasa lebih nyaman.

Apabila berminat membeli karpet tradisional Turki yang berkualitas, Sahabat Silir bisa mendapatkannya di kota Hereke yang terletak di provinsi barat laut Kocaeli. Kota ini memuat pabrik karpet tertua serta produksi karpet bersejarah di Turki.

Demikianlah beberapa jenis oleh oleh Turki yang bisa Sahabat Silir beli saat berkunjung ke beberapa wilayah yang ada di Turki. Tentunya, masih ada begitu banyak jenis oleh-oleh lainnya yang bisa Sahabat Silir bawa seperti sutera foulard yang terkenal, peci merah Turki, pasta almond marzipan, miniatur patung Nemrut, dan masih banyak lagi.

Beberapa barang di atas bisa Sahabat Silir beli di beberapa kawasan perbelanjaan Grand Bazaar yang ada di Istanbul. Sahabat Silir juga bisa membawakan oleh oleh Turki es krim maras yang bisa bertahan hingga 3 hari hanya dengan es kering saja. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Tips Menangani Gigitan Ular Saat Bertualang di Alam Bebas

Sibuk Liburan - Bertualang di alam terbuka bisa jadi hobi yang mengasyikan sekaligus mendebarkan bagi sejumlah traveler. Namun begitu, petualangan ini tidak...

Dijamin Bikin Beda, 7 Tips Liburan Unik yang Perlu Dicoba

Waktunya berlibur! Entah pergi ke tempat-tempat unik di dalam negeri atau mancanegara, liburan selalu menyenangkan. Sayangnya, kenyataan kadang berkata lain. Liburan nyatanya tak selalu mulus...

Menengok Segudang Daya Tarik Museum Miraikan di Odaiba, Jepang

Sibuk Liburan - Dalam bahasa Jepang, miraikan memiliki makna “lorong masa depan”. Nama yang disematkan kepada museum yang terletak di Odaiba ini...

Pria dan Wanita Tak Lagi Dipisahkan di Restoran Arab Saudi

Sebagai negara yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam, pemisahan gender merupakan hal yang lumrah ditemukan di Arab Saudi. Salah satunya adalah aturan pemisahan pria...

5 Spot Menarik di Paris yang Wajib Dikunjungi

Sibuk Liburan - Ketenaran Prancis sebagai destinasi wisata dunia tak diragukan lagi. Salah satu  tempat yang selalu menjadi jujugan  (tempat  kunjungan utama)...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini