10 Rekomendasi Restoran Ramen Terbaik di Wilayah Tokyo

Sahabat Silir mungkin bingung memilih restoran mana yang paling direkomendasikan. Untuk itu, kami mengulas sejumlah restoran ramen terbaik yang ada di Tokyo.

Hidangan ramen terbilang sudah cukup kondang di telinga para pecinta makanan Jepang. Kelezatan gurih kuahnya yang khas dipadu sajian aneka topping yang menggugah, sungguh memberikan sensasi yang tak terlupakan di lidah banyak orang.

Di wilayah ibukota Tokyo, sudah pasti tak sulit untuk menemukan menu yang satu ini. Namun begitu, Sahabat Silir mungkin bingung untuk memilih restoran mana yang paling direkomendasikan.

10 Rekomendasi Restoran Ramen Terbaik di Wilayah Tokyo

Untuk itu kami akan mengulas sejumlah restoran ramen terbaik yang ada di Tokyo:

Tsuta

Restoran yang satu ini adalah restoran ramen pertama di Jepang yang menerima penghargaan Michelin Star–sebuah penghargaan kelas dunia di bidang kuliner. Kelezatan dari ramen ini berasal dari pembuatan bahan ramennya yang masih ala rumahan.

BACA JUGA: 5 Kuliner Populer di Jepang yang Berasal dari Nagoya

Selain itu ayam yang dipergunakan untuk membuat kaldu berasal dari peternakan di Perfektur Akita. Shoyu–kecap asin Jepang yang dipergunakan berasal dari daerah kecil di Seto Inland Sea.  

Tak ketinggalan, saus berminyak yang terbuat dari jamur truffle mampu meningkatkan cita rasa dari kuah ramen di Tsuta. Sungguh sebuah perpaduan istimewa yang membuat para pelanggannya selalu ingin datang kembali.

2
Mutekiya – Ikebukuro

Mutekiya

Apabila Sahabat Silir hendak berkunjung kemari, sebaiknya siap-siap saja bersabar dengan antriannya yang mengular. Tak jarang para pelanggan bisa dibuat menunggu hingga 1 jam lebih hanya untuk mencicipi menu ramen yang disuguhkan tempat ini.

Akan tetapi, penantian Sahabat Silir tentu akan terbayar dengan atmosfer tempat makan khas kedai Jepang beserta kelezatan menu ramen yang dimiliki tempat tersebut.

Salah satu menu paling favorit di tempat ini adalah Ramen rasa Shoyu Tonkoku. Sahabat Silir akan dibuat takjub dengan penampakan kuah kaldunya yang putih dengan potongan chashu (daging babi bumbu shoyu) yang mampu membuat liur menetes.

Sahabat Silir juga akan dibuat kenyang dengan sajian aneka topping lainnya seperti rebusan bayam, irisan rebung berbumbu, serta potongan nori menghibur yang bertuliskan “Welcome to Mutekiya”.

3
Nakiryu – Otsuka

Nakiryu

Ingin mencoba variasi ramen yang lebih dari sekedar kuah shoyu? Maka Nakiryu adalah restoran yang tepat untuk Sahabat Silir datangi. Restoran yang satu ini juga telah menerima penghargaan Michelin Star pada 2017 lalu.

Menu andalan dari tempat ini adalah tantanmen. Berbeda dari ramen pada umumnya, tantanmen menggunakan mie dengan bentuk yang lebih tipis serta tekstur yang super halus.

Kuah tantanmen yang putih kemerahan berasal dari campuran susu kedelai dengan saus cabai khas China. Bagi Sahabat Silir yang menginginkan ramen dengan sensasi sedikit pedas, maka tantanmen dari Nakiryu bisa jadi pilihan yang pas.

4
Menya Musashi – Shinjuku

Menya Musashi

Tempat makan ramen yang satu ini disebut-sebut merupakan salah satu restoran ramen paling populer di Jepang. Cara memesan makanan di tempat ini tidak seperti restoran konvesional kebanyakan, tetapi dibantu oleh mesin yang canggih.

Sahabat Silir bisa memilih menu yang diinginkan melalui mesin, kemudian setelahnya duduk dan menyerahkan tiket yang dicetak dari mesin kepada staff. Menya Musashi terkenal dengan perpaduan kuahnya yang beragam, yaitu berasal dari campuran tulang babi, ayam, dan juga seafood.

Dibandingkan dengan ramen kebanyakan, rasa kuah tonkotsu di tempat ini tidak terlalu creamy sehingga tidak meninggalkan rasa eneg.

5
Ichiran

Ichiran

Di wilayah Tokyo sendiri, restoran ini memiliki beberapa cabangnya di daerah Shibuya, Shinjuku, dan Ikebukuro. Ichiran merupakan salah satu restoran ramen chain yang membuka cabangnya hingga ke luar Jepang.

Hanya ada satu jenis ramen saja yang ditawarkan di tempat ini. Namun begitu, Sahabat Silir bisa menyesuaikan pilihan topping untuk ditaruh di atasnya. Sama seperti Menya Musashi, pemesanan makanan di tempat ini dibantu dengan sebuah mesin pemesanan.

6
Saikoro – Nakano

Saikoro

Bagi Sahabat Silir penggemar daging babi, pastilah harus mencoba menu ramen dari restoran yang satu ini. Sebab salah satu menu di Saikoro yang bernama Niku Nobu Chinese memiliki irisan daging babi melimpah hingga menutupi mangkuk ramen.

Kuah ramen yang dipakai terbuat dari rebusan anchovy (sarden kecil kering) dan tulang babi. Mie ramen yang dipergunakan memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal dan kenyal. Makan di Saikoro dijamin bisa memuaskan lidah dan perut Sahabat Silir secara bersamaan.

7
Shinasoba Yakumo – Ikejiri-hashi

Yakumo
Ramen Yakumo – Foto: https://favy-jp.com/topics/58

Tempat makan ramen yang satu ini berjarak sekitar 3 menit perjalanan dari Stasiun Ikejiri-hashi. Salah satu menu istimewa dari Yakumo adalah ramen dengan wonton rebus sebagai toppingnya. Pilihan jenis wonton di tempat ini ada yang berisi udang atau daging babi.

Terdapat dua jenis kuah ramen yang bisa dipilih di tempat ini, yaitu kuah shoyu hitam atau light shoyu yang tampak lebih bening. Sahabat Silir bahkan bisa meminta untuk memadukan keduanya.

8
Fukumaru – Shibuya

Fukumaru

Restoran Fukumaru ini tepatnya terletak di daerah Sasazuka, distrik Shibuya. Buka sejak Juni 2017 lalu, toko ramen yang satu ini merupakan salah satu restoran yang cukup ramai dikunjungi di bilangan Tokyo.

Apabila umumnya ramen selalu identik dengan babi, lain halnya dengan ramen yang disajikan dari tempat ini. Sahabat Silir akan menemukan semua ramen di tempat ini berbahan dasar 100% dari bebek.

Didukung dengan suasana restoran yang bersih dan menenangkan, rasakan nikmatnya menyantap ramen unik dari tempat ini.

9
Shinka – Machida

Shinka

Restoran Shinka memiliki jarak yang sedikit jauh dari Stasiun Machida. Salah satu menu ramen andalan di tempat ini adalah kuah ramen dengan jenis shio.

Kuah ramen yang disajikan di tempat ini mungkin memiliki tampilan yang bening, tetapi juga memiliki rasa asin yang cukup kuat. Cita rasa asin yang dominan berasal dari perpaduan empat jenis garam laut di dalamnya.

10
AFURI

AFURI

Kepopuleran restoran ramen AFURI membuat tempat makan yang satu ini membuka banyak cabang di sejumlah daerah di Tokyo. Diantaranya adalah daerah Harajuku, Roppongi, Nakameguro, dan Ebisu.

Pada cabang di Harajuku, jaraknya kira-kira sekitar 3 menit jika berjalan kaki dari Stasiun JR Harajuku.

Kuah ramen di tempat ini memiliki tampilan yang menawan karena berwarna kuning keemasan. Untuk pembuatannya, ramen di AFURI terbuat dari bahan-bahan pilihan serta air yang alami.

Sahabat Silir bahkan bisa memilih tingkat keasinan kuah yang akan dituangkan ke dalam mangkuk sajian. Salah satu menu ramen rekomendasi dari tempat ini adalah Yuzu-shio ramen.

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi restoran ramen terbaik yang ada di Jepang. Beberapa ramen di atas memiliki harga yang berkisar rata-rata 1.000 Yen ke atas per porsinya. Harga tersebut terbilang cukup standar untuk ukuran Jepang.

Menurut kabarnya, seseorang bisa menilai enak tidaknya tempat makan di Jepang melalui jumlah antrian di depannya. Oleh sebab itu, Sahabat Silir tak perlu ragu dengan 10 restoran yang telah kami ulas di atas. Sebab beberapa diantaranya memang dikenal kerap memiliki antrian yang selalu panjang. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Sempat Viral! Ini Keindahan Dusun Semilir di Bawen, Semarang

Semakin massifnya penggunaan media sosial tak dipungkiri membuat ‘sesuatu’ bisa viral dengan cepat, termasuk objek wisata baru yang sebelumnya belum dikenal. Nah,...

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Melakukan Traveling

Traveling adalah waktu yang tepat bagi Sahabat Silir untuk menghilangkan rasa stress dan penat setelah lama berkutat dengan aktivitas sehari-hari. Tentunya waktu tersebut adalah moment...

Gunung Sinai, Destinasi Wisata Religi Sekaligus Alam Nan Eksotis

Sahabat Silir tengah merencanakan perjalanna ke luar negeri dengan nuansa yang berbeda? Apabila iya, maka tour ke Gunung Sinai bisa menjadi pilihan....

Digelar, Sibuk Liburan Ikut Pameran di Tempo Media Week

Tempo Media Week digelar pada 7 Desmber 2019. Dalam kesempatan tersebut The Enterpreneur Society (TES)—komunitas pengusaa muda, turut hadir. Sibuk Liburan sendiri...

Meresapi Makna Perhelatan Event Exciting Banten on Seba Baduy

Eksotisme pariwisata Banten tak hanya melulu soal keindahan alam baharinya. Keunikan Suku Baduy juga merupakan satu dari sekian banyak potensi pariwisata Banten yang tak kalah...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp