10 Tempat Wisata Sejarah Inggris yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Inggris menjadi tempat wisata banyak turis, termasuk dari Indonesia. Wajar saja, mengingat destinasi Wisata Sejarah Inggris di negara ini yang begitu beragam.

Wisata Sejarah Inggris menjadi tempat wisata favorit banyak turis, termasuk dari Indonesia. Wajar saja, mengingat destinasi wisata di negara ini yang begitu beragam dan menarik. Apa saja kira-kira tempat wisata menarik?

10 Tempat Wisata Sejarah Inggris

Berikut, Sibuk Liburan akan mengajak Sahabat Silir  mengulik 10 tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat liburan ke negeri Ratu Elizabeth itu.

1
Stonehange

Stonehenge

Di barisan pertama, tentunya adalah Stonegange yang nemang sudah begitu masyur. Seperti telah diketahui, nama yang baru saja disebut adalah situs pra sejarah paling penting di dunia. Hasil riset menunjukkan bahwa batu-baru misterius itu didirikan sekitar tahun 2500 SM.

Bangunan batu itu begitu misterius, lataran tidak ada catatan tertulis yang ditinggalkan oleh masyarakat pembuatnya atau peradaban yang membuatnya. Perdebatan pun terus berlangsung ihwal siapa apa alasan pembangun monumen pra sejarah nan unik itu. Namun, konon Stonehange dibangun berkaitan dengan seremonial keagamaan.

Terlepas dari hal tersebut, justru lataran misteri yang menyelimutinya membuat jutaan bahkan lebih pasang mata dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong datang untuk menyaksikannya. Lagi pula, tempat ini sangat menarik dan terbilang Instagramable.

2
Big Ben

Big Ben

Kalau tempat yang satu ini juga tidak afdol kalau tidak dikunjungi saat ke Inggris. Big Ben adalah landmark Kota London. Bangunan berusia 150 tahun itu diberi nama Big Ben sebenarnya bukan lantaran merujuk pada jam di menara itu.

Akan tetapi, nama tersebut mengacu pada bel berbobot 13 ton yang ada dalam menara.

3
Windsor Castle

Wisata Sejarah Inggris

Sedikit bergeser ke Barat dari Kota London ada Windsor Castle yang merupakan bangunan benteng terbesar dan tertua di dunia. Bangunan yang bisa dijangkau sekitar 1 jam dari London ini, merupakan salah satu tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II.

Di tempat ini, ia biasanya menghabiskan banyak waktu saat akhir pekan. Selain itu, tempat ini juga kerap ia jadikan sebagai tempat hiburan pribadi dan kepentingan negara. Bagunannya sendiri pun tampak unik dengan perpaduan arsitektur bergaya victoria, georgian, dan gothic.

4
York Minster

York Minster

Inggris memang kaya akan bangunan tua, tetapi memesona. Selain deretan bangunan di atas, masih ada York Minster yang tak kalah legendaris. Nama yang baru saja disebut adalah salah satu katedral Gothic terbesar di Eropa Utara.

Diklaim sebagai gereja tertinggi di Inggris, York Minster meurpakan katedral untuk Keuskupan York. Bangunan ini mengusung arsitektur Gothic yang khas Inggris. Pembanguannya memakan waktu cukup lama, sejak 1230 dan baru purna pada 1472.

“Great East Window” yang ada dalam katerdal ini  bahkan berupa hamparan kaca patri terbesar dari abad pertengahan. Dibangun dalam waktu yang lama rupanya tak sia-sia, karena hingga kini York Minster masih tetap berdiri kokoh dan memukau banyak pasang mata.

5
Durham Cathedral

Durham Cathedral

Masih tentang katedral, Inggris juga memiliki Durham Cathedral yang berlokasi di timur laut negara tersebut. Katedral ini diklaim sebagai bangunan Norman terbesar di Inggris sekaligus salah satu katedral terbesar di Eropa. Arsitekturnya begitu klasik dan memiliki tata ruang yang mengagumkan.

Begitu eloknya, bangunan ini sempat menyabet gelar sebagai bangunan terbaik dan paling dicintai di Inggris dalam jajak pendapat BBC nasional pada 2001 silam.

6
Tower Bridge

Tower Bridge

Selain Big Ben, London juga memiliki landmark lain yang tak kalah menarik. Namanya adalah Tower Bridge. Jembatan yang membentan di atas Sungai Thames ini menghubungkan Southwark  di sisi utara dan City Of London yang berada di sisi selatan. Tampilan jembatan ini pun tampak menarik dengan rona abu-abu bercampur dengan arsitrekturnya yang bergaya gothic.

BACA JUGA: 5 Destinasi Landmark Inggris yang Populer di Kalangan Turis

Bukan hanya tampilannya yang menarik, Tower Bridge juga berbentuk terpotong di bagian tengahnya. Sahabat Silir mungkin akan heran, ‘jembatan kok terpotong?’. Untuk diketahui, di Eropa adalah hal yang wajar jembatan dibuat terbuka. Selain di Inggris, jembatan semacam ini banyak pula dijumpai di Belanda.

Jembatan terbelah tersebut tujuannya agar lalu lintas di bawahnya berjalan lancar. Khusus di Tower Bridge, jembatan akan membentuk sudut 86 derajat dan jembatan terangkat saat ada arus lalu lintas di bawahnya. Dengan demikian, kapal dengan tiang tinggi tetap dapat melewati bawah jembatan dengan baik.

7
Cotswolds

Cotswolds

Bagi Sahabat Silir yang menyukai film pasti sudah familiar dengan Costwolds. Ya, tempat ini acap kali nongol  di beberapa syuting film Inggris, seperti “The Casual Vacancy, “Poldark”, dan juga “Wolf Hall”.

Berkunjung ke tempat ini, Sahabat Silir akan merasakan sensasi wisata unik dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Pemandangan alam yang disajikan sangat menarik, berupa suasana pedesaan. Uniknya lgi, pedesaan itu terletak di kawasan batu kapur dengan warna mirip madu. Hal ini kontras dengan kebanyakan kawasan karst yang berwarna putih.

Selain itu, di tempat ini Sahabat Silir juga bisa merasakan nuansa ancient dari berbagai bangunan lawas yang ada, seperti Tetbury, Chipping Norton, dan Castle Combe. Sementara itu, keberadaan hutan beech tua yang langka juga menambah eksotisme kawasan ini.

8
Tower of London

Tower of London

Nama resmi dari bangunan ini adalah Her Majesty’s Royal Palace and Fortress of rhe Tower of London atau Istana Kerajaan dan Benteng Menara London Milik Sri Baginda. Lebih dikenal sebagai Tower of London atau Menara London, bangunan tersebut sejatinya adalah menara tua yang berdiri di Kota London.

BACA JUGA: 5 Menu Sarapan Komplit di Inggris yang Bergizi dan Mengenyangkan

Menara yang berada di tepi utara Sungai Thames ini dibangun sejak 1066 silam. Bangunan ini tidak hanya telihat ekosotis, tetapi juga menyimpan banyak sejarah dan telah digunakan oleh keluarga kerajaan selama ratusan tahun. Menariknya lagi, menara ini juga pernah digunakan sebagai penjara, gudang senjata bahkan juga sebagai kebun binatang.

Selain itu, sejak abad ke-14 hingga masa pemerintahan Charles II, penobatan raja Inggris dimulai dari menara ini dan baru dilanjutkan prosesi di Westminster Abbey.

9
EDF Energy of London atau London Eye

London Eye

EDF Energy of London merupakan nama resmi dari London Eye, yaitu sebuah kincir raksasa yang berada di tepi selatan Sungai Thames.

Berlokasi di Jubilee Gardes, berkunjung ke tempat ini Sahabat Silir akan diajak menyaksikan pemandangan kota London dari ketinggian, yaitu dari di atas kincir setinggi 135 meter.

10
Buckingham Palace

Buckingham Palace

Bangunan yang baru saja disebut namanya adalah kediaman Ratu Inggris yang berlokasi di London. Selain itu, bangunan tersebut juga berfungsi sebagai kantor pusat administrasi kerajaan Inggris.

Upacara kenegaraan, penerimaan kunjungan negara dan pelantikan pejabat juga dilakukan di istana yang berada di ujung jalan The Mall itu. Lokasi istana ini begitu pun strategis, karena berada di antara St Jame’s Park dan Green Park.

Nah demikian 10 tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat liburan ke Inggris. Semoga bisa menambah referensi ya!

Bagaimana, tertarik untuk liburan ke Inggris dan menikmari semua wisata sejarahnya? Kami bisa ajak Kamu mewujudkan liburan nyata ke Inggris dengan paket wisata yang terjangkau. Ssttttt… kasih tau teman dan keluarga Kamu juga ya, betapa indahnya wisata sejarah Inggris.

Mungkin kamu juga suka

Suhu Semakin Hangat, Antartika Jadi Tujuan Wisata Baru

Tak dapat dipungkiri, pemanasan global sudah mulai berdampak pada perubahan di sejumlah tempat, salah satunya adalah Antartika. Gurun es di selatan bumi ini diketahui telah...

7 Fakta Unik Makanan di Pesawat Terbang, Seperti Apa Ya?

Salah satu pertanyaan saat kita bepergian dengan pesawat adalah seperti apa ya makanan di pesawat yang disajikan? Enak atau tidak?

Kemegahan Pilar Batupasir di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie

Daratan China tak hentinya membuat wisatawan dari seluruh dunia menarik nafas kagum. Bagaimana tidak, keindahan cagar alam di Negeri Tembok Raksasa ini tak ada...

Kota Air Venesia Kembali Dilanda Bencana Banjir Dahsyat Setelah 50 Tahun

Kota Venesia kini tengah dihadapkan kondisi darurat banjir yang melanda sekitar 85% wilayah di dalamnya. Akibat kejadian ini, ruang bawah tanah Santo Basilika Markus kembali...

Banyuwangi Resmi Menyandang Status Kawasan Geopark Nasional

Sibuk Liburan - Potensi alam dan kekayaan geologis Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi. Setelah sebelumnya memiliki tujuh Geopark Nasional, Indonesia kembali melakukan sertifikasi...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

WhatsApp Chat via WhatsApp