10 Tips Atasi Alergi Saat Libur di Luar Negeri

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda tertentu. Pemicunya juga beragam tergantung penderita. Berikut tips atasi alergi.

Sahabat Silir sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk libur di luar negeri bersama keluarga. Tiket sudah dibeli dan perjalanan terkesan menyenangkan. Eh, tiba-tiba tubuh terasa gatal atau mata merah setelah makan makanan tertentu atau terkena udara.

Sebagaimana dilansir doktersehat.com, alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda-benda tertentu. Misal, bulu binatang, udara atau dari makanan yang dikonsumsi (seperti orang-orang yang alergi dengan makanan laut atau produk susu).

BACA JUGA: Ribet Bawa Handuk Saat Traveling? Ganti Saja dengan Kanebo!

Reaksinya biasanya beragam. Misalnya, jika di kulit biasanya ada ruam merah dan terasa gatal. Masalah keparahan itu tergantung. Bisa jadi reaksi akan hilang beberapa jam, tetapi ada juga yang butuh perawatan khusus sampai harus masuk gawat darurat. Tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan?!

10 Tips Atasi Alergi Saat Libur di Luar Negeri

Nah, bagaimana agar jalan-jalan tidak terganggu oleh alergi? Yuk ikuti tips berikut ini

1
Minum air putih yang banyak

Tujuannya untuk menetralisir reaksi tubuh yang salah terhadap penyebab alergi itu sendiri. Bisa jadi orang itu dulunya pernah mengalami alergi dan sudah lama tidak kambuh. Lalu,karena faktor udara atau konsumsi makanan tertentu,alerginya kambuh lagi.

Minum air putih mempercepat racun-racun dalam tubuh keluar dalam bentuk air seni. Jadi,pastikan Sahabat Silir tidak mengalami dehidrasi ya!

2
Jangan garuk kulit yang gatal

Kadang kita tidak sabaran ya. Gat6al sedikit main garuk. Padahal bahaya lho. Tidak tambah baik namun kulit malah tambah luka karena ulah kuku kita sendiri. Jangan ya?Segatal apapun,jangan digaruk ya!

3
Gunakan salep anti gatal

Nah, hal ini wajib dibawa saat libur ke luar negeri, karena bisa saja hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Ketimbang menggaruk, lebih baik oleskan salep anti gatal ke bagian yang gatal.

4
Gunakan air dingin untuk mandi.

Air dingin untuk meredam gatal saat terkena alergi. Namun, saat tidak memungkinkan mandi air dingin (karena takut kedinginan), setidaknya kompres kulit Sahabat Silir dengan air dingin.

5
Konsumsi teh hijau

Teh hijau ini juara banget khasiatnya, termasuk untuk atasi alergi. Zat antihistaminnya bisa mengatasi reaksi alergi. Minum satu atau dua cangkir setiap hari untuk mengurangi dampak alergi.

6
Gunakan sabun cair

Sabun batangan bisa mengikis lapisan pelindung yang justru berperan mengatasi alergi, demikian menurut penelitian yang diterbitkan Trend in Immunology. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sabun cair.

7
Segera ganti pakaian saat sampai rumah/hotel

Terkadang kita keburu lapar, sehingga lupa ganti pakaian. Padahal itu penting untuk mengurangi masuknya pemicu alergi ke tubuh kita.

8
Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian berbahan katun lembut agar tubuh terasa nyaman. Ingat, tubuh Sahabat Silir tengah berusaha mengeluarkan racun baik lewat air seni maupun keringat.

9
Istirahat yang cukup

Jangan paksakan diri untuk melancong. Kesehatan lebih utama. Pastikan asupan gizi dan istirahat cukup.

10
Membawa obat alergi

Sebagian besar penderita alergi sudah terdeteksi sejak lama dan bukan muncul tiba-tiba. Meski demikian, alergi adalah ‘gangguan’ yang tak terprediksi. Maksudnya, alergi bisa muncul dalam waktu yang tidak bisa diduga oleh penderitanya.

Ada kalanya terpapar  hal yang membuat alergi, seperti debu, makanan tertentu, tubuh penderita tidak masalah. Namun, di lain waktu alergi bisa mendadak muncul dengan penyebab yang berbeda. Oleh karena itu, solusi paling mudah adalah selalu menyiapkan obat anti alergi.

Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih obat alergi. Sahabat Silir bisa datang ke dokter sebelum melancong ke luar negeri dan meminta obat alergi untuk berhaga-jaga sewaktu kambuh.

Demikian tips atasi alergi saat libur di luar negeri, semoga bermanfaat! (YR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Desa Bersejarah di Zhuhai dengan Nuansa Tradisional China yang Kental

Sibuk Liburan - Dunia mengenal Zhuhai sebagai daerah perkotaan yang sangat maju. Bermula dari kota nelayan berpenduduk 100 ribu orang, Zhuhai menjelma menjadi kota...

5 Kuliner Malang yang Bikin Terkenang

Setiap tempat di dunia, juga di Indonesia memiliki racikan kuliner masing-masing yang berbeda. Demikian halnya dengan daerah Malang, Jawa Timur. Kota yang...

Jadul Tapi Instagramable! Inilah Rumah Unik di Kudus

Seiring kian massifnya penggunaan ponsel pintar, kegiatan selfie atau berswa foto pun menjadi hal yang semakin lumrah. Menjumpai orang yang cekrak-cekrek di...

Festival Pesona Bau Nyale 2019, Pemberhentian Wajib Bagi Para Traveler di Lombok

Sibuk Liburan - Bagi Sahabat Silir yang sudah sering liburan ke Lombok pasti mengenal Bau Nyale. Tahun ini, acara kebudayaan masyarakat Sasak...

Hindari Kebiasaan Makan Ini Saat Berkunjung ke 10 Negara Berikut

Sibuk Liburan - Etika makan merupakan salah satu tata cara yang begitu lekat pada masyarakat di wilayah atau negara tertentu. Setiap negara memiliki etika...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!