10 Tips Atasi Alergi Saat Libur di Luar Negeri

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda tertentu. Pemicunya juga beragam tergantung penderita. Berikut tips atasi alergi.

Sahabat Silir sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk libur di luar negeri bersama keluarga. Tiket sudah dibeli dan perjalanan terkesan menyenangkan. Eh, tiba-tiba tubuh terasa gatal atau mata merah setelah makan makanan tertentu atau terkena udara.

Sebagaimana dilansir doktersehat.com, alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda-benda tertentu. Misal, bulu binatang, udara atau dari makanan yang dikonsumsi (seperti orang-orang yang alergi dengan makanan laut atau produk susu).

BACA JUGA: Ribet Bawa Handuk Saat Traveling? Ganti Saja dengan Kanebo!

Reaksinya biasanya beragam. Misalnya, jika di kulit biasanya ada ruam merah dan terasa gatal. Masalah keparahan itu tergantung. Bisa jadi reaksi akan hilang beberapa jam, tetapi ada juga yang butuh perawatan khusus sampai harus masuk gawat darurat. Tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan?!

10 Tips Atasi Alergi Saat Libur di Luar Negeri

10 Tips Atasi Alergi Saat Libur di Luar Negeri 1

Nah, bagaimana agar jalan-jalan tidak terganggu oleh alergi? Yuk ikuti tips berikut ini

1
Minum air putih yang banyak

Tujuannya untuk menetralisir reaksi tubuh yang salah terhadap penyebab alergi itu sendiri. Bisa jadi orang itu dulunya pernah mengalami alergi dan sudah lama tidak kambuh. Lalu,karena faktor udara atau konsumsi makanan tertentu,alerginya kambuh lagi.

Minum air putih mempercepat racun-racun dalam tubuh keluar dalam bentuk air seni. Jadi,pastikan Sahabat Silir tidak mengalami dehidrasi ya!

2
Jangan garuk kulit yang gatal

Kadang kita tidak sabaran ya. Gat6al sedikit main garuk. Padahal bahaya lho. Tidak tambah baik namun kulit malah tambah luka karena ulah kuku kita sendiri. Jangan ya?Segatal apapun,jangan digaruk ya!

3
Gunakan salep anti gatal

Nah, hal ini wajib dibawa saat libur ke luar negeri, karena bisa saja hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Ketimbang menggaruk, lebih baik oleskan salep anti gatal ke bagian yang gatal.

4
Gunakan air dingin untuk mandi.

Air dingin untuk meredam gatal saat terkena alergi. Namun, saat tidak memungkinkan mandi air dingin (karena takut kedinginan), setidaknya kompres kulit Sahabat Silir dengan air dingin.

5
Konsumsi teh hijau

Teh hijau ini juara banget khasiatnya, termasuk untuk atasi alergi. Zat antihistaminnya bisa mengatasi reaksi alergi. Minum satu atau dua cangkir setiap hari untuk mengurangi dampak alergi.

6
Gunakan sabun cair

Sabun batangan bisa mengikis lapisan pelindung yang justru berperan mengatasi alergi, demikian menurut penelitian yang diterbitkan Trend in Immunology. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sabun cair.

7
Segera ganti pakaian saat sampai rumah/hotel

Terkadang kita keburu lapar, sehingga lupa ganti pakaian. Padahal itu penting untuk mengurangi masuknya pemicu alergi ke tubuh kita.

8
Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian berbahan katun lembut agar tubuh terasa nyaman. Ingat, tubuh Sahabat Silir tengah berusaha mengeluarkan racun baik lewat air seni maupun keringat.

9
Istirahat yang cukup

Jangan paksakan diri untuk melancong. Kesehatan lebih utama. Pastikan asupan gizi dan istirahat cukup.

10
Membawa obat alergi

Sebagian besar penderita alergi sudah terdeteksi sejak lama dan bukan muncul tiba-tiba. Meski demikian, alergi adalah ‘gangguan’ yang tak terprediksi. Maksudnya, alergi bisa muncul dalam waktu yang tidak bisa diduga oleh penderitanya.

Ada kalanya terpapar  hal yang membuat alergi, seperti debu, makanan tertentu, tubuh penderita tidak masalah. Namun, di lain waktu alergi bisa mendadak muncul dengan penyebab yang berbeda. Oleh karena itu, solusi paling mudah adalah selalu menyiapkan obat anti alergi.

Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih obat alergi. Sahabat Silir bisa datang ke dokter sebelum melancong ke luar negeri dan meminta obat alergi untuk berhaga-jaga sewaktu kambuh.

Demikian tips atasi alergi saat libur di luar negeri, semoga bermanfaat! (YR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Spot Menarik yang Wajib Dikunjungi di Yunnan

Sibuk Liburan - China memang bisa dikatakan negara dengan paket wisata yang begitu lengkap, mulai dari wisata bergenre budaya, belanja, sejarah hingga...

Tradisi dan Kebiasaan Unik Orang Turki dalam Merayakan Idul Fitri

Sibuk Liburan - Negara Turki merupakan negara dua benua yang sebagian besar penduduknya memeluk Islam. Jelang hari raya besar umat Islam, tak...

Duh! 7 Tempat Indah di Bumi Ini Terancam Hilang Karena Global Warming

Global warming atau pemanasan global telah menjadi masalah yang sangat serius. Tak dipungkiri pemanasan global telah berdampak buruk di beberapa kawasan di...

Gebrakan Anyar! di Kabin Pesawat Ada Kasur Tingkat

Kabin Pesawat - Mengantongi label sebagai alat transportasi tercepat rupanya belum membuat si burung besi berpuas diri. Inovasi dalam dunia penerbangan terus...

Catat! Operasional Singapore Airlines Sekarang Beralih ke Terminal 3 Soekarno-Hatta

Sibuk Liburan - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, semakin mengukuhkan diri sebagai bandara berkelas internasional. Sejak Mei 2017, relokasi maskapai rute...

Terbaru

Hmmm..! Ada Festival “Telanjang” di Jepang

Jepang memang kondang dengan makanan yang berbahan dasar ikan. Negeri Sakura juga masyur dengan wisata musim dingin Shirakawago.Namun,...

10 Night Market Seoul yang Recommended untuk Disinggahi

Terkenal dengan tempat perbelanjaannya yang unik, membuat Seoul selalu didatangi wisatawan dari berbagai negara.Mulai dari bermacam pakaian,...

Virus Corona Merajalela, Kapal Pesiar Ini Dihentikan Sementara

Virus corona yang kian merajalela menyebar ke berbagai negara membuat kekhawatiran tersendiri. Selain berdampak pada segi kesehatan, virus yang berasal dari Wuhan,...

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya, ke mana saja destinasi yang ingin ditujun?

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi fokus penggeberan di sektor tersebut adalah bandara.
Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp