3 Aplikasi Mudik yang Membantu Perjalanan


Aplikasi Mudik – Pekan kedua Bulan Ramadhan telah tiba. Artinya, tak lama lagi musim mudik akan segera tiba. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mudik umumnya dimulai pada pekan terakhir sebelum Lebaran tiba atau minggu ke-4. Meski demikian, tak menutup kemungkinan pula mudik dilakukan pada pekan ke-3  Ramadhan. Apalagi bagi para pemudik yang netral (tidak terikat pekerjaan di instansi pemerintah maupun swasta).

Mereka yang mudik lebih awal akan diuntungkan, karena kondisi jalanan masih lengang. Dengan demikian, bisa lebih leluasa dalam berkendara dan fisik pun lebih prima dibandingkan menyetir saat puncak musim mudik. Dalam menentukan jalur pun akan lebih bebas, karena belum dilanda kemacetan. Meski demikian, mengemudi saat musim mudik juga bisa memiliki banyak opsi memilih jalur mudik, terlebih kini banyak aplikasi yang memudahkan para pemudik. Berikut Sibuk Liburan rangkumkan beberapa aplikasi mudik yang bisa membantu perjalanan mudik.

1
Google Maps

Aplikasi yang satu ini, tentu sudah sangat familiar bagi para pengemudi, baik roda dua maupun roda empat. Menggunakan aplikasi besutan Google ini pun tak sulit. Cukup dengan mengatur lokasi dan tujuan, aplikasi ini akan bekerja otomatis mengarahkan pengemudi ke tempat tujuan. Tak jarang Google Maps memberikan alternatif jalan untuk membuat perjalanan tetap lancar.

Ciamiknya lagi, aplikasi ini dilengkapi pual dengan Google Assistan, sehingga pengguna tetap bisa berkonsetrasi menyetir tanpa bolak balik melihat peta. Meski demikian, pengemudi tetap harus berhati-hati agar tidak melewati jalan yang ‘rawan’ dan bukan lantas menuruti begitu saja panduan mbah Google.

2
Waze

aplikasi mudik

Serupa dengan Google Maps, Waze juga menyodorkan pilihan rute lengkap dengan estimasi waktu perjalanan. Asisten digital juga tersedia untuk memandu perjalanan. Ajibnya, aplikasi ini menyodorkan informasi kecelakaan, kondisi cuaca, perbaikan jalan hingga razia polisi. Para pengguna pun—yang disebut dengan Wazer bisa saling berbagi laporan perjalanan dengan Wazer lainnya dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah informasi yang  terus up date, karena laporan yang terus diperbaharui dari komunitas.

3
JMCARe

Para pemudik yang menggunakan jalur tol, sebaiknya mengunduh terlebih dahulu aplikasi JMCARe. Aplikasi besutan PT Jasa Marga ini memang dirancang unruk memberikan informasi bagi pengguna jalan tol. Di dalamnya tersedia fitur push notification, informasi dan Smart Assistance yang memberikan alternatif rute tercepat yang dipilih. Selain itu, ada pula fitur permintaan mobil derek hingga pintu keluar tol terdekat—jika terjadi kerusakan armada di tol. Informasi tentang jalan tol, seperti kecelakaan di jalan tol atau kerusakan fasilitas juga bisa diketahui dari fitur Laporan Pengguna Jalan yang ada di dalam aplikasi ini.

Nah, demikian 3 aplikasi yang bisa membantu perjalanan mudik. Masih banyak aplikasi lain yang bisa Sahabat Silir coba selain yang telah dibahas di atas. Apabila Sahabat Silir memiliki aplikasi mudik untuk membantu mudik lainnya, bisa pula berbagai dengan Sibukliburan.id. Selamat mudik Lebaran 2019!(y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru