3 Tempat Wisata Menarik di Guilin, China

Negeri Panda juga memiliki kota menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kota Guilin.

Sibuk Liburan – China menawarkan banyak tempat wisata menarik di seluruh penjuru negerinya. Di masing-masing kota, Negeri Tirai Bambu pun menyuguhkan wisata yang unik. Beijing barangkali menjadi kota yang paling populer dikunjungi turis Asing, termasuk asal Indonesia. Namun, selain kota tersebut, Negeri Panda juga memiliki kota menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kota Guilin.

Kota yang berada di bagian timur laut Guangxi ini tetap menarik dikunjungi di sepanjang musim. Hal ini lantaran Guilin memiliki iklim sub tropis. Lantas, tempat mana saja yang menarik dikunjungi di kota ini, berikut tiga tempat wisata menarik di Guilin.

Guilin

1
Sungai Li

Menikmati pesona Guilin bisa dilihat dari Sungai Li yang terletak di daerah Guangxi Zhuang. Saat beruntung bisa bertandang ke tempat ini dalam kondisi cuaca cerah, Sahabat Silir akan mendapati pemandangan menakjubkan berupa lukisan alam. Airnya yang bening memantulkan biru langit, sedang di sekelilingnya tampak hijau pepohonan dan tebing menjulang dengan begitu gagahnya.

Jalur sungai yang berkelok-kelok di tengah  hamparan gunung-gunung dan tebing serta gua menjadi pemandangan lain yang tak kalah indah. Sementara lalu lalang perahu di sungai yang mengalir sepanjang 80 km dari Guilin ke Yangshou itu menambah kesan semarak dan hidup.

Namun, saat Sahabat Silir  datang dan cuaca berkabut atau hujan, pemandangan di Sungai Li pun tak kalah menawan. Pesonanya menjadi lain dengan saat cuaca cerah. Kesan sedikit misterius cukup membuncah kala cuaca berkabut dan hujan menyelimuti Sungai Li.

Untuk menikmati keindahan Sungai Li, Sahabat Silir bisa menggunakan kapal pesiar. Di sepanjang tepi sungai ini terdapat banyak tempat menarik yang bisa pula dikunjungi, seperti Bukit Batang-Gajah, Bukit Hencoop, Bukit Saddle, Yellow Cloth Shoal, dan masih banyak lagi.

2
Yangshuo

Yangshuo adalah sebuah kota kuno  lebih dari 2.000 tahun lalu, yang berlokasi 65 km di tenggara Guilin. Sajian utama pemandangan di kota ini adalah perbukitan dan sungainya yang jernih. Kota tua ini bisa menjadi alternatif bagi Sahabat Silir yang menginginkan berwisata di tempat yang tenang. Di tempat ini, Sahabat Silir bisa melihat bukit-bukit karst dan Sungai Li yang begitu indah.

Selain masyur berkat pemandangan indah dan ketenangannya, kota ini juga kondang dengan hasil perkebunannya, seperti beragam jeruk, chestnut hingga kumquat. Sahabat Silir bisa menikmati keindahan kota ini secara maksimal saat cuaca cerah dan tak terlalu lembab. Suasana ini biasanya bisa didapati pada bulan April hingga November.

Gua Reed Flute

Bukan saja sungai dan kota tua tempat yang menarik di Guilin, melainkan juga gua. Gua dimaksud adalah Gua Reed Flute yang berada di Bukit Guangming, tepatnya di pinggiran barat laut kota Guilin. Untuk menikmati keindahan gua yang dibuka untuk umum sejak 1962 lalu itu, Sahabat Silir perlu waktu sekitar 1 jam. Meski terbilang belum terlalu lama dibuka untuk umum, tetapi sejatinya pesona Reed Flute telah berhasil menyita perhatian sejak lebih dari 1200 tahun lalu. Pesona utama yang ditawarkan goa ini adalah bagian dalam goa yang berupa karst dengan pemandangan alam dan pedesaan.

Di dalam goa terdapat pilar batu beragam warna yang berpadu dengan keindahan stalaktit dan stalagmit. Lampu listrik warna-warni yang ditambahkan pengelola pun membuat pemandangan dalam goa kian aduhai. Selain keindahan alaminya, goa ini juga menarik berkat keberadaan lebih dari 70 prasasti yang ditulis dengan tinta dalam gua ini. prasasti tersebut ditengarai berasal dari tahun 792 SM. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru