4 Fakta Unik di Thailand yang Jarang Diketahui

Bagi Sahabat Silir yang berencana melancong ke Negeri Gajah Putih itu, ada baiknya mengenali beberapa fakta unik berikut ini.

Thailand menjadi negara di Asia Tenggara yang terkenal akan pariwisatanya selain Indonesia, Singapura dan Malaysia. Negara ini bahkan menggantungkan perekenomiannya dari sektor tourism. Tak mengherankan jika negara ini pun memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Nah, bagi Sahabat Silir yang berencana melancong ke Negeri Gajah Putih itu, ada baiknya mengenali beberapa fakta unik berikut ini.

4 Fakta Unik di Thailand

1
Memiliki patung Buddha terbesar di dunia

Vihara Wat Traimit

Tak lengkap rasanya bertandang ke Thailand tanpa melipir ke Vihara Wat Traimit. Vihara yang berlokasi di Distrik samphanthawong ini memiliki patung Buddha dari emas dan diklaim sebagai terbesar di dunia. Tak tanggung-tanggung, bobot patung tersebut mencapai 5 ton!

Wah, besar sekali bukan?!

2
Nama lengkap ibu kotanya sangat panjang!

Orang mengetahui bahwa Ibu Kota Thailand adalah Bangkok. Namun, tahukan Sahabat Silir jika ibu kota negara yang sama sekali tak pernah mengalami penjajahan ini sangat panjang?

BACA JUGA: Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga? Thailand Bisa Jadi Pilihannya!

Ya, nama lengkap dari ibu kota Thailand adalah Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. 

Nama tersebut berarti “Kota Malaikat, Kota Keabadian Agung, Kota Sembilan Mutiara yang Menawan, Tempat Duduk Raja, Kota Istana Raja, Rumah Inkarnasi Dewa, Didirikan oleh Visvakarman di Behest Indra”. cmk…cmk… panjang sekali ya?!

3
Bangkok berjuluk Venice dari timur

Sungai Chao Phraya dikenal sebagai sungai penting sejak zaman kerajaan hingga kini di Thailand. Menjadi urat nadi transportasi warga, sungai ini juga sekaligus menjadi salah satu spot wisata yang banyak memikat pelancong.

Di sungai ini, Sahabat Silir akan diajak berkeliling melihat aktivitas warga lokal sekaligus menyaksikan bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh bersanding dengan berbagai gedung pencakar langit nan modern.

Suasana ini mengingatkan pada kunjungan ke Venice di Italia dengan kanal-kanalnya. Tak mengherankan jika Bangkok pun berjuluk Venice dari timur.

4
Memiliki banyak peraturan ‘aneh’

Pattaya Thailand
Pattaya Thailand

Di mana Bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa ini memang benar adanya. Ada kalanya peraturan di tempat A dianggap aneh, tetapi hal itu lazim di tempat B, dan sebagai pengunjung harus menghargai peraturan itu.

Beberapa hal ini pula yang harus Sahabat Silir ketahui sebelum berkunjung ke Thailand agar tak ‘salah bertindak’.  Aturan tersebut antara lain dilarang meninggalkan rumah tanpa memakai pakaian dalam, tidak boleh menyetir mobil sambil bertelanjang dada, dan dilarang menginjak mata uang Thailand.

Larangan ini disebabkan lantaran di mata uang tersebut terdapat gambar raja Thailand, sehingga menginjaknya diangap tidak sopan.

Nah demikian beberapa fakta unik yang ada di Thailand. Semoga info tersebut bermanfaat dan jika Sahabat Silir memiliki info lain tentang Thailand boleh loh berbagi bersama Sibuk Liburan. Selamat berlibur dan selamat bersenang-senang! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru