Ini Lho 4 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat Berlibur di Kawah Putih

Air kawah juga bisa berubah menjadi agak hijau tergantung dari kadar belerang yang ada di dalamnya, juga suhu dan cuaca. Kawah ini lokasinya sekitar 50 kilometer saja.

Jika Banyuwangi kondag dengan Kawah Ijen yang memiliki kawah berwarna biru atau ‘blue fire’ pada dini hari, Bandung memiliki Kawah Putih. Seperti namanya, kawah ini berwarna putih yang merupaka akibat dari percampuran unsur belerang.

Namun, air kawah juga bisa berubah menjadi agak hijau tergantung dari kadar belerang yang ada di dalamnya, juga suhu dan cuaca. Kawah ini lokasinya sekitar 50 kilometer saja. Mengingat jaraknya yang tak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung, Kawah Putih Ciwidey pun kerap menjadi pilihan berlibur.

Kawah Putih Bandung

Terdapat banyak hal menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di kawah yang sebenarnya merupakan danau dan terbentuk akibat letuhan Gunung Patuha itu.

1
Mendaki di Sekitar Hutan Gunung Patuha⁣

Mengingat terbentuknya dari letusan Gunung Patuha, tak mengherankan jika mendaki gunung tersebut juga menjadi aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Kawah Putih.

BACA JUGA: 5 Tempat Belajar Sambil Bermain untuk Anak-anak di Bandung

Sahabat Silir akan dibuat takjub oleh panorama yang masih alami. Demikian pula jalur pendakiannya yang masih alami. Oleh karena itu, untuk naik ke bukit dibutuhkan stamina yang begitu prima.

2
Naik Ontang-anting

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Kawah Putih tanpa mencoba menaiki ontang-anting, kendaraan khusus yang dirancang untuk menikmati keindahan sekitar kawah. Tentu saja, selain pengalaman berbeda dengan menaiki ontang-anting Sahabat Silir juga bisa mendapatkan angle foto yang lebih ciamik.

Jangan sampai lupa jeprat-jepret ya. Etz.. Namun, pastikan saat mengambil gambar posisi dalam keadaan aman, sehingga sesuatu yang buruk tak terjadi.

3
Camping bersama keluarga dan teman

Kawah Putih bukan satu-satunya lokasi wisata di Ciwidey. Terdapat pula kebun buah stroberi yang berada di sektarnya, tepatnya di Rancabali. Tentu sangat asyik bukan memetik buah asam berpenampila manis itu langsung dari kebunnya?! Anak-anak dipastikan akan betah diajak main ke tempat ini, terlebih dengan suasananya yang begitu sejuk.

Menemani aktivitas tersebut, Sahabat Silir juga bisa bercamping di sekitarnya. Menikmati kopi dan makan bersama keluarga juga menjadi hal yang menyenangkan dilakukan di kawasan ini.

4
Naik Perahu di Situ Patenggang

Bukan hanya camping atau menikmati Kawah Putih, di Ciwidey Sahabat Silir juga bisa naik perahu di Situ Patenggang. Lokasi ini hanya berjarak 5 kilometer saja dari Kawah Putih, sehingga sangat memungkinkan dilakukan piknik dalam sehari. Selain menikmati kesejukan air di Situ Patenggang, pengunjung juga akan dibuai dengan keindahan kebun the nan asri.

BACA JUGA: 4 Tempat Asyik di Bandung untuk Piknik Keluarga

Nah demikian beberapa hal menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di Kawah Putih. Selamat berlibur dan selamat bersenang-senang. Ingat! Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan di destinasi kunjungan, agar ekosistem alam di kawasan Kawah Putih tetap berlangsung baik. (y)

Tag: Ini Lho Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat Berlibur di Kawah Putih, Kawah Putih, Ciwidey, Bandung, Gunung Patuha, Situ Patenggang, Rancabali

Mungkin kamu juga suka

Terbaru

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here