4 Tempat Wisata Alam Terfavorit di Solo dan Sekitarnya

0
425
Wisata Alam solo

Bali memang primadona wisata Indonesia. Lombok memang memikat banyak mata datang kepadanya. Namun, Solo tak kalah mempesona. Kondang dari sisi historisnya—lantaran keberadaan Keraton Kasunanan Surakarta, kota ini nyatanya memiliki banyak destinasi wisata menarik lainnya, termasuk yang bernuansa alam. Berikut beberapa tempat wisata alam terfavorit di Solo dan sekitarnya.

Taman Balekambang

Taman Balekambang
Taman Balekambang – Sumber foto: Tribunnews.com

Diawali dari tempat wisata alam yang berada di kawasan Solo Raya. Namanya adalah Taman Balekambang. Taman dengan luas sekitar 10 hektar ini, menawarkan panorama hijau tumbuhan. Di areal taman ini ditanam berbagai tumbuhan yang sudah langka. Menariknya lagi, di arela taman juga terdapat kawasan air yang dikenal dengan nama Taman Partini. Untuk menikmati keindahannya, Sahabat Silir bisa menaiki perahu. Suasana di tempat ini sangat sejuk, sehingga cukup untuk menghilangkan penat dari padatnya hiruk pikuk perkotaan.

Air Terjun Grojogan Sewu

Tak jauh dari Solo, Sahabat Silir bisa bergeser ke Kabupaten Karanganyar. Di kabupaten ini terdapat destinasi wisata air terjun yang begitu terkenal. Adalah air terjun Grojogan Sewu yang disebut-sebut sudah dikenal masyarakat sejak zaman penjajahan Hindia Belanda. Sajian panorama utama dari destinasi ini, tentu saja adalah air terjun Grojogan Sewu. Berada di lereng Gunung Lawu, kawasan air terjun ini sangat sejuk udaranya.

Meski untuk menuju air terjun harus melewati lebih dari seribu tangga, tetapi sepanjang perjalanan Sahabat Silir tidak akan capek. Rindang pepohonan dan ditemani semilir angin yang sesekali berhembus dan mengalunkan nada gemerisik dari daun-daunan membuat suasana begitu syahdu. Gemercik air terjun kian menambah kesyahduan itu.

Apabila tak menyukai bermain air di guyuran air terjun, Sahabat Silir juga bisa sekedar duduk-duduk atau berswa foto di sekitar lokasi air terjun. Puas menghabiskan waktu di sekitar terjun, jangan lupa untuk bersantap sate kelinci atau aneka menu lain yang banyak dijajakan di sekitara obyek wisata ini.

Girimanik

Beranjak dari Karanganyar, Sahabat Silir pun bisa bertandang ke Wonogiri. Di kabupaten yang juga berbatasan dengan Solo ini juga terdapat wisata air terjun yang belakangan namanya kian moncer. Namanya adalah air terjun Girimanuk. Lokasinya berada di Setren, Slogohimo, Wonogiri. Meski sama-sama air terjun, tetapi Girimanuk menghadirkan panorama yang jauh berbeda dengan Grojogan Sewu.

Di kawasan air terjun ini terdapat 3 air terjun sekaligus, yaitu Manik Moyo, Condromoyo, dan Tinjo Moyo. Diantara ketiga air terjun tersebut, Manik Moyo memiliki ketinggian air terjun tertinggi hingga mencapai 70 meter. Dari kejauhan air yang terjun tampak begitu indah dan bertingkat. Kawasan air terjun Girimanik bisa menjadi pilihan tepat bagi Sahabat Silir yang menggemari fotografi alam. Para pecinta wisata alam juga harus menjajal bertandang ke destinasi air terjun yang masih menyajikan panorama alam layaknya alam rimba.

Goa Gong

Apabila Sahabat Silir tengah berada di Solo dan bosan dengan wisata dalam kota atau bahkan yang bernuansa air terjun, cobalah untuk sedikit beranjak dari kota ini. Kiranya Goa Gong bisa menjadi alternatif. Goa ini terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pesona goa ini terletak keindahan stalatktit dan stalakmitnya yang begitu khas. Di dalam goa juga terdapat mata air jernih hingga 7 buah. Lampu warna warni yang dipasang pun membuat kesan goa ini lebih menarik. Goa ini pun cukup mudah ‘ditaklukan’ para pengunjung, karena sudah dibangun tangga-tangga yang memudahkan perjalanan mereka menuju dalam goa. (y)

Di dalam goa juga terdapat mata air jernih hingga 7 buah. Lampu warna warni yang dipasang pun membuat kesan goa ini lebih menarik. Goa ini pun cukup mudah ‘ditaklukan’ para pengunjung, karena sudah dibangun tangga-tangga yang memudahkan perjalanan mereka menuju dalam goa. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here