4 Tempat Wisata Menarik di Kunming

Ibu kota propinci Yunnan ini, begitu masyur di kalangan pelancong dari berbagai dunia berkat keindahan alam dan budayanya.

Sibuk Liburan – China menyimpan banyak potensi wisata, mulai dari yang bergenre alam hingga budaya.  Nah, jika Sahabat Silir ingin melihat keindahan potensi alam sekaligus wisata dalam satu kota di Negeri Tirai Bambu, Kunming bisa menjadi rujukan.

Ibu kota propinci Yunnan ini, begitu masyur di kalangan pelancong dari berbagai dunia berkat keindahan alam dan budayanya. Barisan lukisan alam bersanding dengan bangunan-bangunan bersejarah sungguh merupakan pemandangan yang begitu menakjubkan. Berikut tempat wisata menarik di Kunming.

1
Stone Forest

Kunming

Hutan belantara dengan pohon tinggi besar berusia ratusan sudah hal yang biasa di berbagai belahan dunia. Namun, Kunming memiliki ‘Hutan Batu’. Dalam Bahasa Inggris, tempat wisata satu ini dikenal dengan sebutan Stone Forest, sedangkan dalam bahasa setempat masyarakat menyebutnya Shilin.

Seperti namanya, destinasi wisata yang seluas 500 kilometer persegi itu berupa hamparan hutan batu. Disebut hutan batu lantaran yang muncul dari tanah adah gugusan bebatuan yang terhampar dengan sangat luas—meski terdapat pula pepohonan tumbuh di antara dan sekitarnya. Formasi batuan ini bukan destinasi wisata baru, melainkan sudah sangat tua bahkan sudah terkenal sejak masa Dinasti Ming.  

Untuk menikmati keindahan Stone Forest, Sahabat Silir bisa menggunakan mobil listrik atau pun berjalan kaki. Keunikan bebatuan itu bukan saja lantaran jumlahnya yang sangat banyak, melainkan juga bentuknya yang bak dipahat manusi. Padahal, formasi batuan yang ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya UNESCO itu terbentuk secara alami.  

2
Jinma Biji Square

Tak salah jika menyebut Kunming memiliki berjuta pesona. Selain keindahan ‘Hutan Batu’, kota ini juga tampak molek dengan keindahan budayanya. Salah satu peninggalan budaya dari masa lalu yang masih berdiri tegak di kota ini adalah Jinma Biji yang berarti kuda emas dan ayam jantan zamrud atau dalam Bahasa Inggris disebut Golden Horse and Emerald Rooster.

Bangunan megah tersebut merupakan simbol Kota Kunming. Dibangun sejak 400 tahun silam, bangunan berupa dua gerbang raksasa tua itu tampak tetap gagah diantara gedung-gedung tinggi yang lebih modern.

3
Green Lake Park

Tempat wisata menarik

Tak kalah menakjubkan dengan dua destinasi di atas, Kunming juga memiliki satu tempat yang menyuguhkan panorama alam yang kini berpadu dengan modernisme. Adalah Green Lake Park yang berdiri sejak abad ke -17—jauh sebelum gedung-gedung pencakar langit yang tampak dari taman itu berdiri. Tempat yang juga sering disebut sebagai Taman Cuihu itu dulunya merupakan bagian dari Danau Dian—danau terbesar di Provinsi Yunnan.

Panorama danau yang bersambung dengan keindahan kota modern bukan satu-satunya suguhan Green Lake Park. Destinasi ini bisa menjadi tempat bersenang-senang bersama keluraga, seperti menari dan menyanyi bersama hingga mencoba berfoto menggunakan pakaian tradisional setempat.

4
Yuantong Temple

Kunming

Dari kawasan untuk menikmati keindahan dan bersenang-senang, kita bergeser ke tempat yang lebih ‘syahdu’. Adalah Yuantong Temple yang merupakan tempat wisata religi bagi umat Buddha. Kuil yang berada di sisi selatan Gunung Yuantong ini merupakan kuil utama bagi umat Buddha di  China dan di Asia Tenggara. Meski tempat suci bagi umat Buddha, siapa saja sejatinya bisa bertandang ke tempat ini. Waktu berkunjung terbaik ke tempat ini adalah bulan Maret dan April saat bunga Cherry di Gunung Yuantong bermekaran.

BACA JUGA: 5 Tempat Memukau di Kunming Berikut Mampu Menghipnotis Wisatawan

Demikian beberapa tempat wisata menarik di Kunming. Tentu saja masih banyak spot menarik lainnya di Kunming yang bisa Sahabat Silir kunjungi. Namun, setidaknya beberapa destinasi di atas bisa menjadi rujukan utama sekiranya Sahabat Silir ingin menjelajah Ibu Kota Yunnan tersebut. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru