4 Tips Siapkan Budget untuk Liburan Keluarga

Budget acapkali menjadi masalah utama gagalnya mimpi tersebut terwujud. Ini tips untuk mempersiapkan liburan keluarga anti gagal.

Liburan bersama dengan keluarga menjadi impian banyak orang. Sayangnya, mimpi tersebut terkadang sulit diwujudkan. Budget acapkali menjadi masalah utama gagalnya mimpi tersebut terwujud. Menyikapi hal ini, sebaiknya Sahabat Silir yang ingin berpiknik bersama keluarga mulai menyiapkan budget khusus.

liburan keluarga

Berikut ada beberapa tips menyiapkan budget untuk liburan keluarga yang sudah Sibuk Liburan ringkas khusus untuk Sahabat Silir.

1
Tentukan Jadwal Liburan kelaurga

Liburan keluarga adalah kegiatan yang membutuhkan kekompakan. Oleh karena itu, hal utama yang harus dipikirkan untuk berlibur bersama adalah memperkirakan jadwal liburan. Tak harus membuat tanggal yang presisi, tetapi paling tidak Sahabat Silir bisa membuat perkiraan kapan akan berlibur bersama, misal bulan Juli, Agustus atau akhir tahun.

Penentuan jadwal ini akan berpengaruh pada budget, terlebih saat liburan ke luar negeri. Pada destinasi-destinasi tertentu, bulan-bulan tertentu pula akan mengalami peak season. Hal ini tentunya akan membuat estimasi pengeluaran lebih banyak dibandingkan pada kondisi sepi. Pasalnya, hampir bisa dipastikan tiket masuk, akomodasi, restoran dan banyak hal lain di tempat liburan akan dibanderol lebih tinggi dari hari biasa.

Di Indonesia pun saat puncak-puncak musim liburan—seperti pasca Hari Raya Lebaran, banyak destinasi wisata yang menerapkan tiket masuk lebih tinggi dari hari biasanya.

2
Tentukan destinasi wisata

Apabila sudah mengetahui kapan kira-kira akan berlibur, tentukan destinasi wisata yang bakal dikunjungi. Apakah akan berlibur ke dalam negeri saja atau ke luar negeri? Pilihan ini, tentu akan sangat berpengaruh pada budget. Menentukan destinasi wisata sebaiknya diimbangi dengan kondisi finansial.

Apabila memiliki budget yang lebih banyak, pilihalah destinasi wisata yang lebih banyak atau yang ‘mewah’. Namun, jika ingin berlibur dengan hemat, pastikan memilih destinasi wisata yang tiket, akomodasi dan lainnya serba murah.

3
Menentukan Penginapan

Liburan keluarga bukan persoalan mudah, mengingat kondisi setiap individu dalam keluarga berbeda-beda. Apabila Sahabat Silir dan keluarga telah sepakat berlibur ke tempat yang jauh dari rumah, maka menginap menjadi kebutuhan yang tak bisa ditawar.

Tentu, saja berlibur dengan menginap akan membuat budget lebih tinggi dibandingkan dengan berlibur seharian yang tak perlu menginap. Menyikapi hal ini, Sahabat Silir bisa menyiasati dengan mulai lebih dini mencari informasi penginapan di sekitar destinasi wisata. Pilihlah penginapan yang nyaman, tetapi low budget.

Home stay bisa menjadi pilihan tepat untuk mengurangi bengkaknya biaya menginap dibandingkan dengan menginap di hotel berbintang. Toch dengan menginap bersama-sama dalam suatu home stay, Sahabat Silir dan keluarga lebih leluasa bersama dan bercengkerama.

4
Mulai menabung!

Nah, hal yang satu ini merupakan rumus yang wajib diterapkan! Ya, mulai menabung sejak awal akan lebih baik, sehingga saat jadwal liburan bersama tiba, Sahabat Silir tak lagi dipusingkan dengan menyiapkan budget yang banyak. Menabung bisa membuat perasaan lebih baik, sehingga saat jadwal liburan tiba Sahabat Silir tidak akan kaget harus mengeluarkan banyak uang dalam waktu mendadak.

Nah, demikian beberapa tips menyiapkan budget untuk liburan keluarga. Di atas berbagai tips di atas, menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai saat hari H liburan tiba, justru kondisi badan tidak prima. Pasalnya, hal ini bukan saja akan membuat diri sendiri menyesal tak bisa ikut belibur, tetapi anggota keluarga lain pasti akan kecewa karena ketidakhadiran Sahabat Silir. Selamat bersiap-siap and happy family traveling! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru