5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Kota Safranbolu di Turki

Turki merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki daftar panjang Situs Warisan Dunia UNESCO

Saat hendak berwisata ke Turki, yang terbayang petama kali mungkin adalah eksotisnya kota Istanbul atau menariknya gugusan bebatuan di Cappadocia. Di balik itu, siapa sangka negara yang mengusung simbol bulan sabit dan bintang ini juga memiliki tujuan wisata kota kecil berjulukan Safranbolu yang sangat mempesona.

Apabila Sahabat Silir sedang berkunjung ke Turki, tak ada salahnya kabur sejenak dari keriuhan destinasi wisata populer Turki menuju ke Safranbolu yang lengang di wilayah Turki Utara. Selain sunyi, ada banyak sekali alasan kenapa Safranbolu wajib masuk daftar kunjunganmu.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Kota Safranbolu di Turki.

Kota Safranbolu di Turki
Kota Safranbolu di Turki

1
Bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO

Sudah bukan rahasia lagi, Turki merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki daftar panjang Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Safranbolu yang terletak di Provinsi Karabük di bagian utara Turki secara resmi melengkapi daftar ini sejak tahun 1994.

Bukan tanpa alasan Safranbolu menjadi situs warisan yang amat berharga. Selain menyimpan kekayaan tradisi dan arsitektur Kesultanan Utsmaniyah yang pertama, sisi autentik kota wisata yang satu ini tak akan bisa ditemukan di tempat lain.

2
Dipenuhi Bangunan Bersejarah

Kota Safranbolu sudah berdiri sejak abad ke-13. Sejak saat itu pulalah, kota cantik yang sengaja dibangun di atas tanah landai tersebut menjelma menjadi jalur lintas caravan sekaligus pusat perdagangan yang amat penting.

Di Safranbolu, Sahabat Silir bakal menemukan kota tradisional dengan jalan-jalan batu yang diapit bangunan berciri khas Dinasti Ustmaniyah yang pertama. Di sini, terdapat tidak kurang dari 1008 artifak bersejarah berusia ratusan tahun, 8 air mancur tua, 1 menara jam bersejarah, serta ribuan rumah-rumah berusia ratusan rahun.

3
Pusat Belajar Kebudayaan Tradisional Turki

Di samping bangunan-banguan tua bersejarah, Safranbolu juga memiliki satu museum bernama Kaymakamlar Müze Evi. Melalui museum satu-satunya tersebut, pengunjung akan diajak mempelajari kebudayaan tradisional Turki dan keseharian masyarakat Turki lewat peragaan diorama.

Seluruh bagian museum didesain bak rumah-rumah tradisional Turki lengkap dengan perapian, ruang keluarga, serta dapur yang dipenuhi peralatan bejana dan kompor batu yang sangat khas.

4
Asal Muasal Desain Kota Kesultanan Utsmaniyah

Begitu pentingnya peran Safranbolu sebagai perlintasan karavan di masa lalu, kota penghasil utama kunyit saffron ini bahkan disebutkan memiliki pengaruh besar terhadap pembangunan kota di penjuru Turki. Setelah Kesultanan Utsmaniyah berdiri pada tahun 1299, desain jalan dan bangunan di Safranbolu lantas dijadikan model pembangunan kota-kota penting kala itu.

5
Berada di Antara Dua Kota Terbesar di Turki

Akses menuju Safranbolu pun terbilang cukup mudah. Letaknya yang berada di antara dua kota terbesar di Turki membuatnya menjadi satu tujuan wisata kota kecil yang sayang untuk dilewatkan.

Apabila Sahabat Silir bertolak dari Istanbul, kamu membutuhkan waktu perjalanan darat selama kurang lebih lima jam. Sementara itu, jika kamu kebetulan menginap di Ankara, maka hanya dibutuhkan dua setengah jam perjalanan saja untuk mencapai Safranbolu.

Menarik sekali bukan jalan-jalan ke Kota Safranbolu di Turki. Selain Safranbolu, Turki juga memiliki tujuan wisata kota kecil lain di Provinsi Bursa berjulukan Cumalıkızık. Keduanya dapat menjadi tujuan wisata alternatif yang menawarkan gambaran kebudayaan tradisional Turki yang semakin tergerus modernitas.

Nah, jika Sahabat Silir ingin belajar budaya dan bahasa Turki jangan ragu untuk berkunjung ke Kota Safranbolu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru