5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Kota Safranbolu di Turki

Turki merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki daftar panjang Situs Warisan Dunia UNESCO

Saat hendak berwisata ke Turki, yang terbayang petama kali mungkin adalah eksotisnya kota Istanbul atau menariknya gugusan bebatuan di Cappadocia. Di balik itu, siapa sangka negara yang mengusung simbol bulan sabit dan bintang ini juga memiliki tujuan wisata kota kecil berjulukan Safranbolu yang sangat mempesona.

Apabila Sahabat Silir sedang berkunjung ke Turki, tak ada salahnya kabur sejenak dari keriuhan destinasi wisata populer Turki menuju ke Safranbolu yang lengang di wilayah Turki Utara. Selain sunyi, ada banyak sekali alasan kenapa Safranbolu wajib masuk daftar kunjunganmu.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Kota Safranbolu di Turki.

Kota Safranbolu di Turki
Kota Safranbolu di Turki

1
Bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO

Sudah bukan rahasia lagi, Turki merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki daftar panjang Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Safranbolu yang terletak di Provinsi Karabük di bagian utara Turki secara resmi melengkapi daftar ini sejak tahun 1994.

Bukan tanpa alasan Safranbolu menjadi situs warisan yang amat berharga. Selain menyimpan kekayaan tradisi dan arsitektur Kesultanan Utsmaniyah yang pertama, sisi autentik kota wisata yang satu ini tak akan bisa ditemukan di tempat lain.

2
Dipenuhi Bangunan Bersejarah

Kota Safranbolu sudah berdiri sejak abad ke-13. Sejak saat itu pulalah, kota cantik yang sengaja dibangun di atas tanah landai tersebut menjelma menjadi jalur lintas caravan sekaligus pusat perdagangan yang amat penting.

Di Safranbolu, Sahabat Silir bakal menemukan kota tradisional dengan jalan-jalan batu yang diapit bangunan berciri khas Dinasti Ustmaniyah yang pertama. Di sini, terdapat tidak kurang dari 1008 artifak bersejarah berusia ratusan tahun, 8 air mancur tua, 1 menara jam bersejarah, serta ribuan rumah-rumah berusia ratusan rahun.

3
Pusat Belajar Kebudayaan Tradisional Turki

Di samping bangunan-banguan tua bersejarah, Safranbolu juga memiliki satu museum bernama Kaymakamlar Müze Evi. Melalui museum satu-satunya tersebut, pengunjung akan diajak mempelajari kebudayaan tradisional Turki dan keseharian masyarakat Turki lewat peragaan diorama.

Seluruh bagian museum didesain bak rumah-rumah tradisional Turki lengkap dengan perapian, ruang keluarga, serta dapur yang dipenuhi peralatan bejana dan kompor batu yang sangat khas.

4
Asal Muasal Desain Kota Kesultanan Utsmaniyah

Begitu pentingnya peran Safranbolu sebagai perlintasan karavan di masa lalu, kota penghasil utama kunyit saffron ini bahkan disebutkan memiliki pengaruh besar terhadap pembangunan kota di penjuru Turki. Setelah Kesultanan Utsmaniyah berdiri pada tahun 1299, desain jalan dan bangunan di Safranbolu lantas dijadikan model pembangunan kota-kota penting kala itu.

5
Berada di Antara Dua Kota Terbesar di Turki

Akses menuju Safranbolu pun terbilang cukup mudah. Letaknya yang berada di antara dua kota terbesar di Turki membuatnya menjadi satu tujuan wisata kota kecil yang sayang untuk dilewatkan.

Apabila Sahabat Silir bertolak dari Istanbul, kamu membutuhkan waktu perjalanan darat selama kurang lebih lima jam. Sementara itu, jika kamu kebetulan menginap di Ankara, maka hanya dibutuhkan dua setengah jam perjalanan saja untuk mencapai Safranbolu.

Menarik sekali bukan jalan-jalan ke Kota Safranbolu di Turki. Selain Safranbolu, Turki juga memiliki tujuan wisata kota kecil lain di Provinsi Bursa berjulukan Cumalıkızık. Keduanya dapat menjadi tujuan wisata alternatif yang menawarkan gambaran kebudayaan tradisional Turki yang semakin tergerus modernitas.

Nah, jika Sahabat Silir ingin belajar budaya dan bahasa Turki jangan ragu untuk berkunjung ke Kota Safranbolu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

5 Tempat Wisata Jambi Terbaik untuk Keluarga dan Anak

Bagi Sahabat Silir yang berdomisili di Jambi atau akan berkunjung ke Jambi namun masih bingung dalam menentukan tempat wisata yang pas.

Ditemukan Fosil Pohon Tertua di Dunia di New York

Kabar baru datang dari New York, Amerika Serikat (AS). Bukan soal gemerlapnya kehidupan malam di sana, melainkan ini soal penemuan fosil pohon yang diklaim...

Resmi Masuk Indonesia, Ikuti Tips Ini Agar Terhindar Virus Corona

Beberapa hari yang lalu Indonesia dihebohkan dengan kabar 2 warga yang positif terkena virus corona. Tak sedikit warga...

Soekarno-Hatta Peringkat 6 Bandara Tersibuk Menyambut Libur Natal dan Tahun Baru

Sibuk Liburan - Menyambut musim liburan, jadwal penerbangan di tiap-tiap bandara internasional di beberapa negara dipastikan akan sangat sibuk. Terutama saat libur Natal dan...

Tips Mudik Agar Tetap Aman dan Sehat

Sibuk Liburan - Musim Mudik Lebaran 2019 segera tiba. Sahabat Silir yang akan melakukan mudik, pastinya pun sudah mempersiapkan banyak hal, baik...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!