5 Barang yang Wajib Dibawa Saat Berwisata ke Luar Negeri

Salah satu persiapan penting sebelum berangkat berwisata ke luar negeri, adalah menyiapkan barang bawaan.

Salah satu persiapan penting sebelum berangkat berwisata ke luar negeri, adalah menyiapkan barang bawaan.

Nah, agar liburan tak menjadi kacau karena salah membawa barang bawaan, berikut Sibuk Liburan berikan list 5 barang yang dibawa saat berwisata ke Luar Negeri.

5 Barang yang Wajib Dibawa Saat Berwisata ke Luar Negeri

Tarif Bagasi Pesawat
Tarif Bagasi Pesawat

1
Dokumen Penting

Dokumen penting yang dimaksud adalah paspor dan visa. Paspor menjadi identitas pribadi pengganti KTP yang sudah dibutuhkan saat akan membeli tiket penerbangan. Karena proses pengurusan paspor membutuhkan waktu, ada baiknya jika paspor sudah diurus sejak jauh hari, sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan dapat langsung digunakan.

Selain paspor, sejumlah negara juga mensyaratkan wisatawan untuk membawa visa meskipun banyak juga negara yang tidak mewajibkan visa untuk kunjungan wisata. Karena itu, cari tahu, apakah negara yang akan dikunjungi Sahabat Silir mewajibkan membawa visa atau tidak. Jika wajib, tanyakan apakah visa dapat diurus oleh agen perjalanan atau harus datang sendiri ke kedutaan besar negara yang bersangkutan.

2
Obat-Obatan Pribadi

Sekalipun tidak berharap terjadi sesuatu di perjalanan, upayakan untuk membawa obat-obatan prirbadi, setidaknya obat anti mabuk, lotion anti nyamuk, pencegah masuk angin, juga plester dan antiseptik.

Untuk yang mengalami gangguan penglihatan, jangan lupa menyiapkan kacamata atau lensa kontak. Begitu juga untuk pengidap penyakit tertentu, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah obat-obatan pribadi, karena di tempat yang dikunjungi belum tentu ada apotek yang menyediakan obat yang  kita butuhkan.

3
Pakaian

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan musim dan suhu di negara yang akan dituju, agar pakaian yang Sahabat Silir bawa tidak hanya sebagai penutup badan tapi juga dapat memberi kenyamanan dan melindungi tubuh.

4
Uang Tunai

Siapkan uang tunai secukupnya. Uang tunai yang dimaksud adalah mata uang di negara yang akan dituju. Tukarkan uang sebelum berangkat agar saat di negara orang tidak repot mencari money changer dan tidak dirugikan oleh kurs yang nilainya rendah saat ditukar di luar negeri. Meski demikian, jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang berlebihan, sebab dapat mengundang tindak kriminal.

5
Bawa Ponsel dan Aktifkan

Ponsel adalah salah satu barang yang wajib dibawa, karena selain berfungsi untuk melakukan komunikasi, bagi pengguna smartphone juga dapat memanfaatkannya untuk mengecek email, mencari tahu jadual penerbangan, mencari tempat-tempat wisata yang menarik dan masih banyak lagi fungsi yang lain.

Agar bisa mendapatkan tarif murah dalam berkomunikasi atau untuk mengakses internet, sesampai di negara tujuan usahakan untuk mengganti simcard dengan kartu lokal yang digunakan di negara tujuan.

Sebab jika masih menggunakan simcard dari operator yang ada di Indonesia, biaya komunikasi dan akses internet bisa sepuluh kali lipat lebih mahal dibandingkan menggunakan nomor lokal di negara yang dituju.

Itulah 5 barang yang wajib dibawa saat Sahabat Silir berwisata ke luar negeri, agar perjalanan menjadi lancar, aman dan nyaman. (A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru