5 Cara Jitu Menghemat Baterai Smartphone Selama Traveling

ikuti 5 cara jitu menghemat baterai smartphone selama traveling berikut ini!

Di era serba digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan smartphone tak melulu soal komunikasi. Ada kalanya ponsel pintar juga sangat dibutuhkan saat sedang traveling. Khususnya saat tengah berlibur ke luar negeri, fungsi smartphone menjadi sangat penting untuk menerjemahkan bahasa, mencari rute, hingga mencari penginapan dan restoran.

Menyambut tugasnya yang berat, tidak heran jika baterai smartphone menjadi cepat terkuras habis selama traveling. Nah, jika Sahabat Silir ingin agar daya hidup ponsel kesayangan tidak cepat habis, ikuti 5 cara jitu menghemat baterai smartphone selama traveling berikut ini!.

1
Turunkan Kecerahan Layar

Bagi Sahabat Silir yang gemar menggunakan smartphone dalam keadaan layar terang, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Agar dapat menghemat baterai smartphone selama traveling, kamu justru dianjurkan untuk menurunkan kecerahan.

Smartphone keluaran terbaru seperti seri Samsung Galaxy bahkan sudah melengkapi diri dengan fitur auto-brightness yang memungkinkan perangkat secara otomatis mengatur tingkat kecerahan sesuai intensitas cahaya sekitar. Sebelum berangkat liburan, aktifkan fitur ini agar baterai smarthphone menjadi lebih efisien.

2
Pasang Wallpaper Hitam

Selain tingkat kecerahan, komponen warna yang ditampilkan layar juga mempengaruhi penggunaan baterai. Semakin cerah warnanya, semakin besar pula kebutuhan baterainya.

Nah, untuk dapat menghemat beterai smartphone selama traveling, sebaiknya pasanglah wallpaper berwarna hitam sebagai tampilan layar depan dan layar kunci. Pada beberapa aplikasi smartphone juga sudah tersedia mode malam yang dapat membantu menghemat baterai.

3
Hindari Temperatur Ekstreme

Udara dingin cenderung menguras daya pada baterai smartphone berjenis lithium-ion. Di samping itu, temperatur yang terlalu panas juga kurang baik bagi daya tahan baterai. Hal-hal seperti ini tentu menjadi masalah besar saat Sahabat Silir tengah berwisata ke negara-negara dengan temperatur ekstreme.

Untuk menghindari temperatur ekstreme, Sahabat Silir dianjukan menyimpan smartphone di tempat-tempat yang sejuk. Saat tidak digunakan, jangan terlalu sering digenggam, tetapi simpanlah ponsel kesayangan di dalam tas atau ransel.

4
Matikan Smartphone atau Gunakan Mode Ariplane

Saat tidak digunakan, sebaiknya jangan lupa untuk mematikan perangkat ponsel. Namun, jika mematikan smartphone tidak memungkinkan, kamu bisa sekedar menggunakan mode airplane. Fitur yang tersedia di semua ponsel pintar ini memungkinkan traveler tetap dapat memanfaatkan perangkat untuk memotret objek-objek wisata dalam keadaan offline.

5
Hindari Bermain Game

Bagi gamer sejati, cara yang satu ini mungkin akan sangat berat dilakukan. Kendati demikian, cobalah untuk tidak bermain game selama traveling. Selain dapat menghemat baterai smartphone, tidak bermain game selama traveling dapat membuat saat-saat liburan semakin berharga. Tentu Sahabat Silir tidak ingin melewatkan momen-momen liburan bukan?!

Di samping mengikuti 5 cara jitu menghemat baterai smartphone selama traveling di atas, Sahabat Silir juga harus pintar-pintar mengatur waktu penggunaan smartphone. Dengan demikian, baterai smartphone kesayangan pun akan hemat sepanjang hari selama liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru