Waspada Kamera Tersembunyi di Penginapan! Begini 5 Cara Untuk Mendeteksinya

Tanpa disadari hal tersebut nyatanya bisa dibilang sebagai bentuk pelanggaran terhadap privasi seseorang. Oleh karena itu, berikut kami berikan sejumlah tips untuk mendeteksinya

Berlibur ke penginapan low budget mungkin menjadi alternatif pilihan akomodasi bagi Sahabat Silir dan keluarga, terutama saat berlibur ke luar negeri. Namun begitu tahukah Sahabat Silir, bahwa kamera tersembunyi mungkin terpasang pada ruang-ruang tertentu di dalam penginapan?

Sebagian besar alasan pemasangan ini umumnya dilakukan oleh pihak pemilik untuk memantau properti mereka. Tanpa disadari hal tersebut nyatanya bisa dibilang sebagai bentuk pelanggaran terhadap privasi seseorang.

Oleh karena itu, berikut kami berikan sejumlah tips untuk mendeteksinya:

BACA JUGA: Keunikan Tonle Sap, Danau Air Tawar Terbesar di Asia Tenggara

5 Cara Untuk Mendeteksi Kamera Tersembunyi

1
Memeriksa Tempat yang Dicurigai

Cobalah untuk memeriksa sejumlah tempat yang dicurigai. Beberapa tempat yang umumnya dicurigai sebagai tempat kamera tersembunyi disisipkan antara lain: jam dinding, jam weker, hiasan ruangan, smoke detector, saklar, stop kontak, serta sejumlah lokasi yang dianggap ideal untuk merekam gambar.

2
Memindai Jaringan Wifi

Umumnya kamera yang terpasang akan terhubung dengan jaringan wifi dengan nama pabrikan dari produk kamera yang dipergunakan. Sahabat Silir bisa mengunduh aplikasi yang dapat memindai jaringan ini melalui toko-toko aplikasi dari Android atau IOS.  

3
Menyalakan Senter di Tengah Kegelapan

Sahabat Silir bisa mematikan lampu ruangan dan menyalakan senter untuk memeriksa ada atau tidaknya pantulan cahaya. Sekecil apa pun kamera yang dipergunakan, pada dasarnya kamera memiliki lensa kaca yang dapat memantulkan cahaya. Apabila dalam prakteknya ditemukan pantulan cahaya dari tempat-tempat tertentu, maka Sahabat Silir boleh jadi mencurigai akan keberadaan kamera pengawas.

4
Memakai Kamera Depan Telepon Genggam

Berbeda dengan kamera belakang, kamera depan ponsel biasanya tidak dilengkapi dengan infrared. Keberadaan infrared sendiri memungkinkan untuk mencegah deteksi infrared dari kamera lainnya, oleh karenanya kamera depan ponsel bisa diandalkan dalam hal ini.

BACA JUGA: 5 Tips Belanja dari Luar Negeri Agar Bebas Bea Cukai

Pertama-tama gelapkan seluruh ruangan, kemudian sorot seluruh ruangan dengan kamera depan. Apabila terdapat sudut yang nampak bercahaya, besar kemungkinan kamera pengawas sedang terpasang di tempat tersebut.

5
Menutupi Tempat yang Dicurigai

Sahabat Silir bisa menutupi tempat-tempat yang dicurigai dengan menggantungkan beberapa pakaian yang dibawa dari koper. Jam weker adalah salah satu sasaran utama yang umumnya kerap dicurigai sebagai tempat ideal untuk menyimpan kamera jenis ini.

Sahabat Silir bisa mencabut jam weker dari aliran listrik yang menghubungkannya, lalu meletakannya dalam laci. Perhatikan juga bagian lubang intip pada pintu kamar, karena bagian ini sangat cocok untuk dipasangi kamera pengawas.

Di samping untuk melindungi properti, pemasangan kamera pengawas dalam ruangan dapat disalahgunakan untuk tindak kejahatan seperti pemerasan, pengintipan privasi, hingga mencuri kata sandi. Oleh karena itu, selalu waspadalah saat menginap dimanapun terutama saat berlibur ke luar negeri.

Berhati-hatilah dengan posisi meja Sahabat Silir, terutama saat hendak melakukan transaksi menggunakan laptop. Sebab bisa saja terdapat kamera tersembunyi yang sedang merekam semua itu. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru