5 Destinasi di Jakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi Jelang Imlek

Sejak diresmikan sebagai libur Nasional 2003 lalu, kini perayaan Imlek tak lagi hanya menjadi momen yang ditunggu bagi keturunan Tionghoa saja, tetapi juga seluruh penduduk di Indonesia. Tak ketinggalan, di Jakarta sendiri kemeriahan Imlek bahkan sudah mulai terasa di penjuru kota.

Tak ayal, hal ini membuat sejumlah destinasi bernafaskan Imlek begitu dipadati oleh warga baik yang merayakan maupun tidak. Berikut adalah lima rekomendasi tempat yang patut dikunjungi di ibu kota Jakarta jelang Imlek:

Kawasan Glodok Petak Sembilan

Glodok merupakan salah satu kawasan pecinan di Jakarta yang juga tersohor sebagai pusat perdagangan barang-barang elektrik. Jelang Imlek, tempat ini terutama di Pasar Petak Sembilan akan semakin dipenuhi oleh para pengunjung yang hendak berburu pernak pernik, perlengkapan, hingga kudapan untuk Imlek.

Beberapa barang yang dijajakan di tempat ini diantaranya adalah lampion, hio, amplop angpao, hingga pakaian cheongsam. Sejumlah bangunan tua di kawasan ini juga akan menjelma menjadi spot fotografi memukau jelang perayaan tahunan tersebut dikarenakan pada beberapa sudutnya akan dihiasi dengan dekorasi ala Tionghoa.

Libur Tahun Baru Imlek
Libur Tahun Baru Imlek

Klenteng Kim Tek Le

Klenteng yang memiliki makna Kebajikan Emas ini dikenal juga sebagai Vihara Dharma Bhakti. Tempat ini merupakan kelenteng tertua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1650. Bertempat di wilayah Tamansari yang masih satu kawasan di daerah Glodok, klenteng ini akan ramai dikunjungi saat Imlek oleh penduduk setempat untuk melakukan persembahyangan.

Tak hanya itu, masyarkat lokal bahkan kerap memadati klenteng untuk menunggu angpao ataupun sekedar mengabadikan momen melalui kamera ponsel.

Kampung Cina Cibubur

Beralih ke timur Jakarta, kota Cibubur yang berada di antara perbatasan Jakarta Timur dan Bogor ini memiliki sebuah wisata belanja bernama Kampung Wisata Ciangsana atau yang lebih dikenal Kampung Cina Cibubur. Kawasan yang berlokasi di komplek Kota Wisata ini biasanya akan menjadi ramai pengunjung dan pertunjukan barongsai saat Imlek.

Ada begitu banyak toko yang menjajakan berbagai produk dan pernak pernik khas Imlek di tempat ini. Menariknya lagi, tempat ini juga menawarkan spot foto dengan desain dan dekorasi khas Tionghoa yang pastinya bisa menambah seru gambar untuk diposting di instagram.

Sentra Kuliner Pecenongan

Beralih ke urusan lidah, pusat jajanan di Pecenongan jelang Tahun Baru China tentu bukan hal yang bisa dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang cukup terkenal dari tempat ini adalah Martabak Pecenongan 65A. Pengunjung juga bisa menjelajah berbagai kuliner khas China dan lokal lainnya yang tak kalah menggugah selera.

Mall di Jakarta

Saat Imlek, sejumlah mall di Jakarta terutama yang dekat pemukiman keturunan Tionghoa juga biasanya tak mau ketinggalan dalam ikut memeriahkan suasana tersebut. Seperti hari raya pada umumnya, mall besar di Jakarta akan mendekor seluruh mall dengan atribut Imlek.

Tak hanya itu, sejumlah pertunjukan hiburan seperti barongsai, musik, hingga pentas seni dan budaya umumnya banyak diadakan untuk menghibur seluruh pengunjung mall. Aneka kuliner yang siap memanjakan lidah juga bisa dipilih untuk mengisi kebutuhan perut para pengunjung.

Suasana Imlek memang tidak bisa lepas dari rentetan agenda seru yang mengiringi di setiap perayaannya. Acara bercengkerama bersama keluarga dan sembahyang bersama adalah beberapa hal dari sekian banyak kegiatan yang pastinya telah dinanti-nanti oleh seluruh keturunan etnis Tionghoa.

Seiring dengan dijadikannya Imlek sebagai salah satu hari raya tahunan yang mengisi tanggalan merah di kalender, hal ini juga diikuti dengan antusiasme yang membahana di seluruh penjuru negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Daftar Destinasi Wisata Romantis Dalam dan Luar Negeri

Sahabat Silir tengah merencananakan liburan bersama pasangan atau justru memang tengah mencari tempat rekomendasi khusus untuk berbulan madu? Ya, untuk quality time...

5 Tempat Nongkrong di Medan yang Cocok Dijadikan Lokasi Bersantai saat Liburan

Subuk Liburan - Medan merupakan salah satu tujuan wisata lokal yang patut Sahabat Silir datangi di kala musim liburan. Kota yang punya banyak kawasan...

5 Destinasi Menarik yang Bisa Dikunjungi Secara Gratis di London

Kota London dikenal akan biaya hidupnya yang serba mahal. Sahabat Silir mungkin perlu merogoh kocek lebih dalam saat berkunjung ke kota besar...

Mau Piknik ke Raja Ampat dengan Hemat? Ini Tipsnya!

Kemolekan Raja Ampat memang tak diragukan lagi. Begitu indahnya gugusan pulau-pulau yang ada di Papua Barat itu sampai-sampai ‘menggoda’ setiap traveler untuk...

Nikmati Keindahan Dua Negera dalam Rangkaian Tour Vietnam-China

Sahabat Silir berencana melakukan liburan ke luar negeri dalam waktu dekat? Ingin berlibur ke luar negeri, tetapi tak memiliki banyak waktu luang...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak,...