Ini 5 Fakta Menarik di Gunung Bromo Yang Wajib Diketahui

Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru ini merupakan lanskap yang lengkap. Memiliki hamparan lautan pasir yang begitu luas, tempat wisata di dataran tinggi ini tak ubahnya bak gurun.

Gunung Bromo – Gurun dan pantai menawarkan sensasi panas, sedangkan guung menawarkan hawa sejuk. Menariknya, negeri ini juga diberkati dengan tempat yang memadukan lanskap pantai bahkan gurun dan gunung dalam satu tempat. ah masa?

Ya, bertandanglah ke Bromo dan temukan berbagai fakta menarik di gunung ada ada di Jawa Timur ini.

gunung bromo
gunung bromo

1
Gurun di gunung

Gurun jelas tak dijumpai di Indonesia. Namun, Sahabat Silir tentu bisa membayangkan jika gurun identik dengan suasana panas, tandus dan tak nyaman untuk berada di sana. Namun, gambaran ini sirna saat Sahabat Silir bertandang ke Gunung Bromo.

Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru ini merupakan lanskap yang lengkap. Memiliki hamparan lautan pasir yang begitu luas, tempat wisata di dataran tinggi ini tak ubahnya bak gurun. Menariknya bukan hawa panas yang ada di lautan pasir Bromo, melainkan dingin.

BACA JUGA: 5 Objek Wisata Nusantara Ini Menjadi Terkenal Berkat Film

Pada bulan-bulan tertentu suhu di lautan pasir bahkan bisa menembus di bawah minus 0 derajat celcius. Hanya di Bromo, satu satunya tempat di dunia Sahabat Silir menyaksikan gurun berada di gunung.

2
Kaldera super luas

Pemandangan lautan pasir Bromo tak lain merupakan hasil muntahan erupsi gunung pada masa lalu. Konon, Gunung Bromo dan lautan pasir berawal dari dua gunung yang berhimpitan yang dinamakan Gunung Tengger.

Letusannya melemparkan material vulkanik ke tenggara yang menyebabkan lembah besar dan dalam. Letusan dahyat yang kemudian terjadi pun memicu munculnya kaldera dengan diameter lebih dari 8 km.

Akibat letusan lanjutan, munculan lorong magma di tengah kaldera, dehingga muncul gunung-gunung ‘baru’. Gunung tersebut adalah Gunung Widodaren, Gunung watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo.

3
Upacara Kasada

Keunikan bukan saja pada alamnya, melainkan juga pada budayanya. Sekitar Gunung Bromo dihuni  oleh Suku Tengger yang beragama Hindu. Setiap tahun terdapat Upacara Kasada.

BACA JUGA: Bukit Teletubbies Gunung Kidul, Tempat Wisata yang Instagramble

Dalam upacara tersebut, mereka akan melempar aneka sesajen yang berupa sayuran, buah-buahan, hasil ternak, dan bahkan, uang ke kawah Gunung Bromo. Saat pelaksanaan Kasada adalah waktu yang tepat bagi Sahabat Silir jika ingin menikmati keindahan Bromo dari sisi budayanya.

4
Punya Spot Pandang Matahari Terbit

Di Bromo terdapat spot pandang sun rise yang disebut penanjakan (ada dua penanjakan). Dari tempat tersebut, Sahabat Silir bisa melihat langsung keindahan matahari terbit dan puncak Semeru yang masih tertutup kabut. Semakin siang kabut akan sirna dan menampakan pemandangan yang menakjubkan. Sahabat Silir bak berada di negeri atas awan.

5
Bukit Teletubbies

Bak di negeri dongeng, di tempat ini Sahabat Silir bisa menyaksikan hamparan padang rumput luas dengan bunga dan ilalang tumbuh liar namun begitu indah. Dinamakan Bukit Teletubbies lantaran pemandangannya bak bukit-bukit yang ada di serial  Teletubbies. Keren banget deh! Sahabat Silir wajib foto-foto di sini!

Nah, demikian beberapa fakta menarik tentang Gunung Bromo. Sahabat Silir sudah pernah ke sana atau malah ketagihan ingin ke sana lagi? (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru