Wajib Tahu, 5 Fakta Menarik Tiga Piramida Mesir

Diantara sekian banyak piramida yang ada di Mesir, piramida yang paling melegenda adalah Piramida Giza atau Piramida Agung yang berada di hamparan padang pasir kawasan Giza atau El Giza.

Banyak julukan yang disematkan kepada Mesir, salah satunya adalah “Negeri Piramida”, karena bangunan yang umurnya sudah ribuan tahun tersebut banyak terdapat di Mesir. Hal ini  disebabkan pada masa pemerintahan Firaun, jasad raja-raja yang meninggal dimakamkan di dalam sebuah bangunan Piramida.

Piramida

Diantara sekian banyak piramida yang ada di Mesir, piramida yang paling melegenda adalah Piramida Giza atau Piramida Agung yang berada di hamparan padang pasir kawasan Giza atau El Giza.

BACA JUGA: Wajib Masuk Daftar Destinasi, 5 Alasan Kenapa Harus Liburan ke Kairo, Mesir

Bangunan piramida terbesar yang tercatat sebagai “Tujuh Keajaiban Dunia’ ini terdiri atas tiga bangunan piramida yaitu Khufu, Khafre dan Menkaure plus sebuah patung Sphinx. Ketiga piramida itulah yang selama ini menjadi salah satu tujuan para traveller dari seluruh penjuru dunia.

Lantas apa saja yang menjadi daya tarik dari Piramida Giza? Apakah karena bangunannya yang megah dan berumur ribuan tahun? Dihimpun khusus untuk Sahabat Silir, inilah 5 fakta menarik tiga Piramida Mesir.

1
Memiliki Dinding Berkilau

Menurut penelitian ahli arkeologi, dinding bagian luar piramida dilapisi batu kapur dengan bagian puncak berlapiskan emas. Sehingga saat terkena sinar matahari, akan berkilau layaknya permata.

Namun akibat pengikisan alam dan penjarahan manusia membuat dinding bagian luar piramida sudah tidak ada lagi yang tersisa, sehingga bangunan ini terlihat kusam.

2
Ribuan Tahun Memegang Rekor Bangunan Tertinggi di Dunia

Piramid Khufu yang merupakan piramida tertinggi dibanding dua lainnya memiliki ketinggian 146 meter dan merupakan bangunan tertinggi di dunia yang rekornya tidak terpecahkan selama 3871 tahun. Rekor tersebut baru terpecahkan pada tahun 1311 dengan dibangunnya Katedral Lincoln di Inggris yang tingginya mencapai 147 meter.

3
Dibangun oleh 30.000 Orang Tenaga Terampil

Awalnya banyak yang mengira bahwa Piramida Giza dibangun oleh puluhan ribu tenaga budak. Namun berdasarkan hasil penelitian yang mendalam dan berpedoman pada reruntuhan yang berhasil diungkap, akhirnya diyakini bahwa piramida ini dibangun oleh tenaga ahli yang terampil dalam bidang konstruksi bangunan.

Diperkirakan sebanyak 30.000 orang tenaga terampil yang menangani pembangunan piramida. Mereka dibuatkan tempat tinggal di dekat lokasi bangunan dan dicukupi segala kebutuhannya.

4
Menghabiskan Jutaan Blok Batu

Bangunan piramida tersusun atas blok-blok batu dengan ukuran dan berat yang berbeda-beda. Setiap blok batu beratnya berkisar antara 2 – 30 ton. Beberapa blok batu bahkan ada yang beratnya mencapai 50 ton. Jumlah blok batu yang digunakan untuk mendirikan Piramida Giza, totalnya sekitar 2.300.000 blok batu.

5
Suhu di Dalam Piramida Sejuk dan Konstan

Di luar bangunan piramida suhunya sangat panas, karena memang berada di tengah padang pasir, tetapu di dalam piramida suhunya sejuk dan konstan tidak lebih dari 20 derajat Celcius.

Demikian 5 fakta menarik dari tiga Piramida di Giza yang membuat wisatawan dari seluruh penjuru dunia semakin tidak kuat menahan keinginan untuk dapat segera berkunjung ke Mesir. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

10 Kawasan Perbelanjaan yang Wajib Dikunjungi di Bangkok Thailand

Bangkok, Thailand merupakan salah satu kota destinasi favorit yang langganan dikunjungi oleh para pelancong dari Tanah Air. Selain memiliki banyak objek wisata yang menarik, ibukota...

5 Destinasi Landmark Inggris yang Populer di Kalangan Turis

Sibuk Liburan - London adalah salah satu kota populer di dunia yang menjadi tujuan destinasi dari berbagai turis di penjuru dunia. Ibu...

Belanja Barang Branded Murah di Gotemba Premium Outlet

Menikmati keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko, Sahabat Silir bisa menemukan surga belanja yang bakal bikin betah. Selain itu, harganya murah meriah dan tak...

Pulau Padar, Pulau Paling Fotogenic di Kepulauan Komodo

Taman Nasional Komodo memang terkenal akan gugusan pulau-pulau eksotisnya. Pelancong yang pernah berwisata ke Kepulauan Komodo pasti sudah merasakan asiknya melompat dari satu pulau...

5 Oleh-oleh Makanan Jepang Paling Populer Untuk Dibawa Pulang

Di kala melancong ke berbagai tempat, tak jarang Sahabat Silir pasti akan memikirkan oleh-oleh terbaik yang bisa dibawa untuk orang-orang terdekat. Tentu...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp