5 Fakta Tokyo Skytree Yang Menarik Untuk Diketahui

“Tokyo Sukai Tsun” demikian nama menara yang berdiri menjulang di Sumida, Tokyo yang dalam bahasa Jepang memiliki arti “Pohon Langit Tokyo” alias Skytree.

“Tokyo Sukai Tsun” demikian nama menara yang berdiri menjulang di Sumida, Tokyo yang dalam bahasa Jepang memiliki arti “Pohon Langit Tokyo” alias Skytree. Menara ini dibangun untuk difungsikan sebagai pemancar, observasi dan rumah makan sebelum akhirnya berkembang menjadi objek wisata yang banyak dilirik para traveller dari seluruh penjuru dunia.

Tokyo Skytree
Tokyo Skytree

Mengapa menara yang mulai difungsikan sejak tahun 2010 tersebut menjadi magnet bagi wisatawan?

Berikut 5 fakta menarik dari Tokyo Skytree.

1
Menara Tertinggi di Dunia

Pada tahun 2011 Guinness Book of Record menetapkan Tokyo Skytree sebagai menara tertinggi di dunia. Ya, ketinggiannya mencapai 634 meter, melebihi Menara Canton di Guangzhou yang tingginya 600 meter dan CN Tower di Toronto yang tingginya 553 meter.

Namun rekor tersebut hanya berlaku untuk kategori menara dan bukan kategori bangunan buatan manusia. Sebab untuk kategori bangunan buatan manusia rekor tertinggi diraih oleh Burj Khalifa yaitu sebuah gedung yang menjulang di langit Dubai, Uni Emirat Arab.

2
Jarak Pandang Sejauh 75 km

Pada ketinggian menara 350 meter, Sahabat Silir akan menjumpai Tembo Deck dan pada ketinggian 450 meter dapat dijumpai Tembo Galleria. Bangunan ini berupa koridor spiral berlapis kaca, sehingga saat berjalan menyusuri panjangnya koridor serasa berjalan di atas udara.

BACA JUGA: Serunya Memanjat Langit Tokyo dari Tokyo Skytree

Selain itu, karena dindingnya berlapis kaca, maka pengunjung dapat melihat ke kejauhan dengan jarak pandang tergantung dari kondisi cuaca. Jika cuaca cerah, jarak pandang bisa mencapai 75 km, sehingga kemegahan Gunung Fuji dapat dilihat dari menara ini.

Namun yang paling disukai pengunjung adalah melihat pemandangan Kota Tokyo pada malam hari. Karena pada saat itu, Tokyo yang dilihat dari atas ketinggian terlihat sangat cantik dengan gemerlap lampu yang menyelimutinya.

3
Dilengkapi Lift Super Cepat

Meski setiap hari pengunjung selalu membludak, tetapi tidak pernah terjadi saling berebut untuk lebih dahulu naik ke atas yang menimbulkan keributan. Hal tersebut disebabkan karena budaya antri sudah mendarah daging pada diri masyarakat Jepang ditambah fasilitas canggih yang melengkapi Tokyo Skytree.

Salah satu diantaranya adalah 5 unit lift yang masing-masing lift dapat menampung 25 orang untuk dibawa dari lantai dasar menuju Tembo Deck. Lift tersebut memiliki kecepatan yang luar biasa, karena dapat melaju setinggi 600 meter dalam 1 menit.

4
Aquarium Raksasa

Untuk melengkapi fungsi barunya sebagai destinasi wisata, Tokyo Skytree menjadikan lantai lima menara sebagai aquarium raksasa yang dinamakan Aquarium Sumida. Disebut aquarium raksasa, karena pengunjung yang berada di dalam ruang Aquarium Sumida dikelilingi oleh kaca dengan suasana yang dibuat serba biru sehingga seperti menyelam di dalam laut.

Di dalam Aquarium Sumida ini terdapat aquarium-aquarium besar dalam berbagai ukuran yang berisi berbagai macam hewan laut termasuk aquarium yang berisi ubur-ubur. Selain itu terdapat sebuah kolam besar yang berisi sekelompok hewan kutub yakni pinguin.

5
Trik Efek Ruangan yang Memukau

Titik tertinggi yang bisa dicapai oleh pengunjung pada menara ini berada pada ketinggian 452,1 meter yang dinamakan Sorakata Point. Disini Sahabat Silir bisa merasakan sensasi yang tidak dijumpai di tempat lain, yaitu trik efek ruangan.

Trik efek ruangan yang dimaksud adalah permainan cahaya dengan kaca yang menciptakan efek seolah pengunjung yang berada di dalamnya berada di sebuah ruangan yang luas atau tiba-tiba seperti melayang di angkasa atau merasakan bumi yang bulat, dan sebagainya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Melancong ke Zaanse Schans, Desa Kincir Angin di Belanda

Belanda dikenal sebagai Negeri Kincir Angin. Julukan ini bukan tanpa alasan. Negara ini memang memiliki banyak kincir angin. Benda itu pun dengan mudah dijumpai...

5 Destinasi Landmark Inggris yang Populer di Kalangan Turis

Sibuk Liburan - London adalah salah satu kota populer di dunia yang menjadi tujuan destinasi dari berbagai turis di penjuru dunia. Ibu...

Heboh Ular di Beberapa Daerah, Pulau Ini Malah ‘Surganya Ular’

Dalam beberapa waktu belakangan, kabar di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik ramai mengabarkan tentang banyaknya anak ular kobra bahkan hingga...

5 Kuliner Ini Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Pattaya

Sibuk Liburan - Sepertinya halnya Bali, Pattaya merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang populer untuk dikunjungi di wilayah Asia Tenggara. Berada di Provinsi...

5 Jenis Kuliner dari Selandia Baru yang Mampu Memanjakan Perut

Sibuk Liburan - Saat menyebut nama Selandia Baru, biasanya yang terbesit di benak banyak orang adalah susu, kiwi, dan pemandangan alamnya yang...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!