5 Fakta Unik Kutub Utara Yang Harus Kamu Ketahui

Bicara soal destinasi wisata di dunia, kutub utara tampaknya jarang bahkan hampir tak pernah terdengar. Namun, hal ini bukan berarti Sahabat Silir tak dapat coba pergi ke belahan dunia yang bersuhu super dingin itu.

Tentu saja, di tempat itu Sahabat Silir tak akan menjumpai wahana bermain, resto dengan kuliner beraneka rasa atau pusat perbelanjaan yang menjajakan merek fashion kenamaan dunia. Akan tetapi, Sahabat Silir bisa melihat sisi lain dari Bumi yang jarang didatangi orang.

Terdapat banyak hal menarik yang ada di kutub ini. Melalui artikel berikut, Sibuk Liburan akan mengulas 5 fakta unik di Kutub Utara.

Piknik ke Kutub Utara
Piknik ke Kutub Utara

Pulau yang tidak berpulau

Bertandang ke Kutub Utara yang dijumpai berupa pulau raksasa. Meski sangat luas, tetapi nyatanya Kutub Utara adalah hamparan es yang mengapung dan menggunung di seluruh penjuru laut. Tak ada pulau sama sekali dalam hamparan ‘padang‘ es itu.

Dikunjungi Manusia Pertama Kali pada Awal 1900an

Meski jarang dikunjungi, di zaman modern ini mengunjungi Kutub Utara bukan suatu hal yang mengherankan. Apalagi mengingat kini alat transportasi juga semakin canggih dan cepat. Namun, tahukah Sahabat Silir jika kunjungan ke tempat ini pertama kali sudah dilakukan sejak awal 1900an silam.

Adalah Robert Peary orang yang pertama kali menginjakan kakinya di tempat yang dinginnya ampun-ampunan ini. Catatan sejarah menunjukan, ia mengunjungi tempat itu pada 6 April 1909 silam. Tak sendiri, ia datang ke tempat ini bersama tim Eskimo menggunakan kereta luncur yang ditarik oleh anjing.

Sebagai Ajang Olahrga Marathon Ekstrem

Kutub Utara faktanya menjadi tempat kejuaraan olahraga paling ekstrem di dunia. Dikemas dengan nama North Pole Marathon, perlombaan matrathon ini sangat unik karena menyuguhkan sensasi lari di suhu minus 33 derajat celcius.

Pada tahun ini, ajang tersebut digelar pada April lalu diikuti oleh 60 peserta dari 20 negara, termasuk dari Indonesia. Adalah Fedi Fianto orang Indonesia yang pertama kali mengikuti ajang lari di Kutub Utara itu. Beruntung, ia mencapai garis finish dengan baik dalam waktu 7 jam 48 menit 19 detik.

Matahari Terbit dan Terbenam Satu Kali Setahun

Umumnya tempat-tempat di Bumi baik yang mengalami 2 atau 4 musim akan menjumpai siang dan malam dalam sehari—meski lama waktu siang dan malam itu berbeda-beda. Namun, tak demikian dengan Kutub Utara yang memiliki siang hingga 6 bulan. Selanjutnya, 6 bulan berikutnya suasana dalam keadaan malam. Hal ini karena matahari terbit dan terbenam hanya sekali dalam setahun.

BACA JUGA: Wajib Tahu, 3 Misteri di Kutub Utara Yang Mencengangkan

Oleh karena itu, saat musim panas tiba matahari bersinar 24 jam penuh selama 6 bulan, sedangkan di musim dingin (polar night) suasana juga akan tampak seperti malam meski siang hari alias gelap gulita.

Tetap Dingin Meski Musim Panas

Di Kutub Utara saat musim panas tiba, cuaca akan tetap ekstrim dan dingin. Hal ini lantaran matahari hanya muncul 23,5 derajat di atas horizon. Dengan demikian, sekalipun di musim ini siang berlangsung selama setengah tahun, permukaan es tidak akan tersinari dengan sempurna. Lagi pula, es dan salju akan memantulkan sinar matahari ke luar angkasa, sehingga suhu tetap dingin.

Nah, demikian tadi 5 fakta unik di Kutub Utara. Apabila Sahabat Silir hendak coba mengunjungi salah satu kutub Bumi ini, pastikan untuk selalu menyiapkan fisik dan mental, karena kondisi alam yang ekstrim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Serunya Wisata Live on Board di Kepulauan Raja Ampat

Sibuk Liburan - Raja Ampat dikenal dunia akan keindahan laut dan gugusan pulaunya. Berlayar di antara sejuta potensi bahari di Raja Ampat rasanya tak...

5 Maskapai Penerbangan Termurah di Dunia, Ada Yang Dari Indonesia

Apa yang Sahabat Silir pikirkan tentang pesawat? Ya, moda transportasi yang satu ini adalah pilihan tepat untuk menjangkau jarak jauh dalam waktu...

Pilu Tapi Lucu! Ketiduran di Bus, Pelajar Ini Naik dari Singapura Turun di Malaysia

Ada-ada saja, mungkin kata ini yang paling pas untuk menggambarkan kisah pilu tetapi lucu berikut ini. Kisah ini tentang seorang pelajar asal Singapura yang...

Mencicipi 5 Masakan Kantonis yang Tersohor dari Kota Guangzhou

Sibuk Liburan - Masakan China merupakan salah satu jenis hidangan yang kelezatannya sudah menggema ke seluruh dunia. Setiap kulinernya bahkan memiliki ciri...

Jihane Almira, Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 yang Suka Wisata Adventure

Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020 belum lama ini selesai digelar. Ayu Maulida Putri dinobatkan sebagai pemenang dalam kontes tersebut.

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!