5 Fakta yang Membuat Negara Turki Populer Dikunjungi Turis Dunia

Negara Turki memiliki banyak hal terkenal yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan.

Negara Turki memiliki banyak hal terkenal yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Beberapa diantaranya meliputi dari segi kuliner, budaya, produk kerajinan hingga lokasi objek wisatanya.

Kota Istanbul yang menjadi daya tarik negara ini bahkan merupakan satu-satunya wilayah kesatuan di dunia yang berada di antara dua benua (Asia dan Eropa). Tak heran oleh karenanya Turki menempati posisi keempat dunia sebagai negara yang memiliki jumlah kunjungan penerbangan terbanyak di dunia.

turki

Hal tersebut tidak terlepas dari sejumlah fakta unik berikut ini yang menjadikan Turki begitu diminati oleh wisatawan:

1
Pusat Peradaban

Turki adalah rumah bagi sejumlah peradaban besar yang pernah tercatat dalam sejarah. Sebut saja, yaitu Romawi, Byzantium dan Ottoman pernah berkuasa di dalamnya.

Beberapa situs yang berkaitan erat dengan bukti beberapa peradaban tersebut bahkan masih terjaga dengan baik hingga kini. Hal ini juga terbukti melalui rekam jejak Istanbul sebagai pusat perekonomian terbesar di zamannya yang sebelumnya dikenal dengan nama Konstantinopel.

2
Negara Bagi Dua Agama

Saat ini mayoritas penduduk Turki memang menganut agama Islam. Namun begitu, negara ini menyimpan begitu banyak sejarah dari agama Kristen. Bahkan Saint Nicholas yang kini dikenal sebagai Santaklaus pernah lahir dan menjadi uskup di wilayah bagian Mediterania.

Ada begitu banyak peninggalan yang menunjukan kejayaan dari kedua agama besar ini. Salah satunya adalah Hagia Sophia. Sebelum dijadikan museum tempat ini dahulunya pernah berfungsi sebagai masjid dan gereja. Hal inilah menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan kedua agama tersebut.

3
Makanan yang Sangat Tua

Turki memiliki ragam makanan yang usianya mencapai ratusan tahun. Makanan Turki mendapatkan pengaruhnya dari wilayah Asia Tengah, Timur Tengah, dan Balkan sejak era Kekaisaran Utsmaniyah. Salah satunya, makanan yang cukup terkenal dari negara ini adalah Ashure atau Noah’s Pudding.

Makanan yang satu ini diyakini pernah disantap oleh keluarga Nuh saat bahtera mereka berhenti di Gunung Ararat yang terletak di tenggara Turki. Selain itu, tokoh ternama seperti Winston Churchill, Napoleon dan Picasso juga diceritakan gemar mengudap manisan Turki yang berbahan dasar buah dan kacang-kacangan.

4
Memiliki Banyak Situs Bersejarah

Turki memiliki banyak situs sejarah yang dilindungi oleh UNESCO. Beberapa diantaranya adalah Kota Safranbolu, Hittie Capital, Gunung Namrud, Catalhoyuk yang merupakan pemukiman tertua, Kota Troya, Masjid Selimiye dan beberapa komplek situs sejarah lainnya.

Warisan situs tersebut diantaranya memang sudah berdiri sejak tahun Sebelum Masehi. Negara ini juga memiliki lokasi utuh peninggalan zaman Yunani kuno seperti pemandian air panas Pamukkale, Kota Tua Ephesus, hingga Hippodrome.

5
Transportasi yang Sangat Maju

Transportasi Turki memang terkenal maju dan terpelihara sejak lama. Beberapa transportasi massal yang terkenal di Turki adalah Metro bawah tanah dan kereta gantung. Transportasi umum Turki dikenal sangat nyaman dan bersih di kalangan wisatawan. Dahulunya Istanbul bahkan memiliki stasiun bersejarah bernama Sirkeci yang menjadi perhentian terakhir kereta terkenal Orient Express (1833-1977).

Turki juga merupakan negara pertama yang memperkenalkan kopi, buah ceri dan bunga tulip ke berbagai wilayah di Eropa. Selain itu, pantai di negara ini menempati peringkat ke-3 di dunia dan telah mendapatkan banyak penghargaan atas tingginya kualitas air laut dan kebersihan pantainya.

Pantai-pantai tersebut meliputi wilayah Aegean dan Mediterania. Tak hanya itu, negara ini juga menjadi negara biodiversiti dunia yang memiliki banyak spesies flora dan fauna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru