5 Gunung yang Menjadi Favorit Pendaki di Dunia

0
360

Bagi para pecintanya, mendaki gunung memiliki keasyikan tersendiri. Mengagumi karya Tuhan dari ketinggian memberikan nuansa berbeda ketimbang menikmatinya dari daratan rendah saja.

Meski mendaki gunung membutuhkan waktu dan menguras tenaga yang tak sedikit, nyatanya para pendaki tak pernah jera menaklukan puncak-puncak gunung yang dianggap indah, menawan bahkan menantang.

Dari banyak gunung yang ada di dunia, Sibuk Liburan akan merangkup  gunuang yang menjadi favorit para pendaki di dunia. Gunung mana saja kira-kira, berikut ulasannya.

Pengunungan Cerro Standhardt

Pertama, kita mulai dari Argentina. Di negeri yang kondang para pesebakbolanya yang mumpuni itu, terdapat tempat yang sangat eksotis. Namanya adalah Cerro Standhardt. Wilayah yang memiliki ketinggian 8.809 kaki ini, dikelilingi 3 gunung, yaitu, Punta Herron, Torre Egger, dan Cerro Torre.

Mendakinya membutuhkan nyali sekaligus energi. Terpaan angin kencang yang konstan menjadi kendala utama untuk mencapai puncaknya. Namun, bagi para pendaki yang berhasil, rasa letih sepanjang pendakian akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan dari atas gunung.

Pengunungan Grand Tetons

Bergeser ke Amerika Serikat, terdapat gunung Grand Tetons, Wyoming. Nama yang baru saja disebut merupakan gunung tertinggi yang ada di Taman Nasional Gran Teton. Meski tinggi, tetapi untuk mendakinya Sahabat Silir tidak terlalu payah. Hal ini lantaran banyak jalur pendakian yang tersedia. Pendaki pemula pun bisa mendakinya. Di kawasan ini juga terdapat 5 rute ski yang membutuhkan sedikitnya 1 rappel untuk menaikinya.

Pengunungan Huangshan

Dari Negeri Paman Sam, beranjak ke China. Negeri Tirai Bambu memang terkenal memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk dengan panorama gunungnya. Gunung yang cukup menjadi favorit pendaki salah satunya adalah Pegunungan Huangshan yang ada di Provinsi Anhui.

Di tempat ini, Sahabat Silir akan merasakan sensasi bak berada di negeri dongeng. Suasanya dingin berpadu dengan awan bergumul bak lautan lengkap dengan kabut putih menjadi pemandangan yang sangat langka didapatkan di kebanyakan tempat. Kala senja tiba, sorot mentari pun tampak menembus barisan awan-awan yang bergumul itu.

Sungguh pemandangan yang menakjubkan dan tak mudah dilukiskan. Selain panorama pegunungan, di tempat ini juga terdapat banyak kuil Buddha yang dibangun. Keunikan arsitekturnya pun menjadi suguhan yang tak kalah menarik. Sementara di puncak pegunungan terdapat bebatuan yang dilengkapi dengan vegetasi yang tumbuh indah, mulai dari pohon pinus hingga persik.

Pengunungan Alpen

Dari Negeri Panda, kita beralih ke Negeri Mode. Ya, kondang sebagai negeri para perancang fashion kenamaan dunia,  Prancis nyatanya juga memiliki kemolekan alam berupa pegunungan. Panorama pegunungan Chartreuse, Pegunungan Alpen cukup terkenal di kalangan pendaki gunung. Pegunungan tersebut berada di sebuah kota terbesar yang disebut Voiron.

Di tempat ini terdapat pula lorong gua di bawah perbukitan yang cukup menarik sekaligua menantang untuk dikunjungi. Lorong yang paling terkenal adalah Dent de Crolles yang membentang sepanjang 60 kilometer.

Pengunungan Cerro Torre

Terakhir, mendaki gunung terjal dengan jalan liku, licin dan penuh bebatuan hampir ditemui di semua pegunungan di dunia. Namun, bagaimana ceritanya dengan gunung yang berupa pada es? Ya, hal ini bisa dijumpai di Cerro Torre, Padang Es Patagonia Selatan, di Argentina.

Di tempat ini terdapat 4 gunung yang salah satunya memiliki ketinggian hingga 3.128 meter. Untuk menikmati keseruan bermain es, Sahabat Silir barangkali bisa melakukan hiking selama 4 hari dengan mengelilingi Fitz Roy dan Cerro Torre.

Nah, demikian 5 gunung yang menjadi favorit pendaki di dunia. Tentu saja, masih banyak gunung indah dan menjulang di berbagai belahan dunia ini yang tak kalah menakjubkan dari nama-nama tersebut di atas. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here