5 Hal Menarik yang Membuat Raja Ampat Patut Dikunjungi

Raja Ampat tak hanya sarat akan kekayaan alam dan keindahan panoramanya saja, tetapi juga budaya dan sejarahnya. Terdiri dari rangkaian gugusan ratusan pulau dengan empat pulau besar diantaranya, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

Sibuk Liburan – Para pecinta kegiatan selam, tak perlu jauh-jauh mencari spot diving terbaik ke luar negeri. Pasalnya, Indonesia memiliki spot selam terbaik yang mampu menghipnotis baik warga dari dalam maupun luar negeri.

Raja Ampat tak hanya sarat akan kekayaan alam dan keindahan panoramanya saja, tetapi juga budaya dan sejarahnya. Terdiri dari rangkaian gugusan ratusan pulau dengan empat pulau besar diantaranya, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

Raja Ampat terkenal juga dengan keramahtamahan dari penduduk lokalnya. Keunikan kulinernya juga sudah begitu menggema di penjuru Nusantara. Namun begitu, masih ada lima hal menarik lainnya yang bisa menjadi alasan kenapa Sahabat Silir harus mengunjungi kabupaten yang terletak di Papua Barat ini:

Peninggalan Sejarah yang Mencengangkan

Terdapat cap tangan yang diperkirakan sudah berusia lebih dari lima puluh ribu tahun lamanya. Cap tangan ini dapat ditemukan di wilayah pegunungan Misool. Bukti prasejarah ini menunjukan tanda-tanda pergerakan kehidupan di masa lampau yang berkaitan dengan cikal bakal penyebaran manusia di sejumlah wilayah Nusantara.

Tak hanya itu, di dasar laut Kepulauan Raja Ampat juga ditemukan sejumlah bangkai kapal dan pesawat pasca peninggalan Perang Dunia II. Berkat pencarian bangkai itulah, surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia ini kebetulan ditemukan.

Kekayaan Flora dan Faunanya

Raja Ampat juga dikenal dengan keanekaragaman hayatinya. Sejumlah flora fauna yang unik dan langka turut meramaikan suasana alam baik dalam air maupun darat. Pada bagian darat, hewan seperti cendrawasih, nuri, kakatua, maleo, kuskus dan lainnya juga hidup menjadi bagian dari ekosistem.

Beralih ke bawah laut, terdapat sejumlah fauna seperti Eviota Raja yang merupakan salah hewan endemik, pigmy seahorse atau kuda laut mini, wobbegong, barakuda, duyung, Manta ray dan sejumlah penyu.

Karena keragaman fauna inilah, Raja Ampat mendapat julukan “Hutan Amazon” di bawah laut. Selain itu, terdapat pula berbagai jenis anggrek dan hutan mangrove yang menyemarakan keberagaman flora di sana.

Gugusan Terumbu Karang Terbanyak dan Terlengkap di Dunia

Indonesia boleh berbangga dengan kepopuleran Raja Ampat di mata dunia. Pasalnya 75% jenis terumbu karang yang ada di dunia terkumpul dan hidup dengan baik di tempat ini. Dikabarkan terdapat 1000 jenis aneka terumbu karang tumbuh dan memenuhi sebagian tempat ini.

Salah Satu dari Sepuluh Spot Selam Terkenal di Dunia

Terdapat sejumlah spot selam populer yang bisa disambangi para penyelam seperti Manta Point, Mike’s Point, Sardine Reef, Shark Point, Cape Kri dan Chicken Reef. Para pengunjung bisa melakukan penyelaman sembari bercengkerama langsung dengan sejumlah biota laut yang ada di dalamnya.

Diving Raja Ampat
Diving Raja Ampat

Atraksi Budaya Setempat

Apabila Sahabat Silir beruntung, saat berkunjung ke Raja Ampat mungkin Sahabat Silir akan menyaksikan secara langsung penyelenggaraan Festival Maritim yang diadakan setahun sekali dengan pusat kegiatan di Waisai. Penyelanggaraan festival ini diadakan untuk mengukuhkan pamor Raja Ampat sebagai wilayah di Indonesia dengan potensi kekayaan alam baharinya yang besar.

Demikianlah sejumlah hal menarik yang bisa dijadikan alasan mengapa destinasi yang satu ini begitu patut untuk dikunjungi. Tak hanya kegiatan menyelam saja yang bisa Sahabat Silir lakukan di tempat ini, kegiatan menarik lainnya seperti birdwatching burung cendrawasih, fotografi hingga pendakian gunung karst juga turut bisa lakukan.

Saat berkunjung ke Raja Ampat jangan lupa juga untuk membeli kerajinan khas lokal dimulai dari yang etnik hingga ekstrim. Seperti kalung, tas anyaman, topeng, patung, hingga rahang hiu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru