5 Hal Unik Berikut Hanya Bisa Ditemukan di Negara Turki

Dari budaya hingga kuliner, ini dia hal menarik dari Turki

Setiap negara memiliki daya tariknya masing-masing dari segi budaya, adat dan tradisi. Demikian pula negara Turki. Tak hanya kulinernya saja yang mendunia, sejumlah hal-hal unik yang berkaitan dengan kesenian dan tradisi yang ada cukup mampu menarik perhatian turis.

Berikut adalah beberapa hal unik yang mungkin tidak akan Sahabat Silir temukan di negara lain:

1
Tarian Sufi (Whirling Dervishes)

Tarian Sufi adalah sebuah bentuk meditasi aktif pelaku tarian kepada Sang Ilahi. Uniknya meski berputar dalam waktu lama, para penari tidak mengalami rasa pusing.

Dengan diiringi alunan musik khas Timur Tengah, para penari akan berputar sehingga membuat rok yang dipakainya melayang berputar membentuk gerakan yang memukau. Melalui tarian ini, Sahabat Silir akan melihat wujud keindahan spritiual yang sekaligus mampu memancarkan sebuah seni dan budaya.

2
Adu Unta

Adu unta adalah salah satu tradisi tua yang populer diadakan di sepanjang Pantai Barat Turki. Kegiatan ini hanya diikuti oleh jenis unta jantan jelang musim kawin. Saat pertandingan, hewan berpunuk itu akan didandani dengan berbagai macam hiasan dan kain bercorak.

Tentunya ini adalah sebuah pertunjukan unik mengingat unta bukanlah hewan yang bisa bergelut. Sahabat Silir tak perlu khawatir saat menyaksikan pergelutan ini, karena tidak akan ada unta yang tersakiti dalam pertunjukan ini.

3
Yogurt Asin

Turki memang terkenal dengan olahan makanan dan minuman yang menggunakan bahan yogurt. Umumnya di berbagai tempat, jenis minuman yang satu ini selalu disajikan manis. Namun berbeda dengan Ayran, minuman khas Turki yang sudah ada sejak abad pertengahan ini memiliki cita rasa asin yang berasal dari penambahan garam dalam pembuatannya.

Ayran sangat cocok diteguk dalam keadaan dingin. Teksturnya yang berbuih dengan cita rasa asin dan asam akan memberikan sensasi menyegarkan saat cuaca panas. Orang Turki banyak mengonsumsi jenis minuman ini karena diyakini dapat melancarkan pencernaan.

4
Atraksi Es Dondurma

Atraksi ini adalah salah satu cara penyajian es krim unik yang dilakukan oleh pedagang kepada pembelinya. Pembeli akan diminta memegang sebuah cone es krim, untuk kemudian penjual dondurma meletakan es krim ke cone tersebut menggunakan sebuah tongkat panjang.

Alih-alih hendak memberikan es krim tersebut kepada pembeli, si penjual dengan usilnya malah menarik cone tersebut dari tangan pembeli. Bukannya kesal, atraksi ini malah disambut gelak tawa dari pengunjung.

Es krim khas Turki ini memiliki campuran getah pohon masic yang membuat teksturnya begitu keras dan tak mudah meleleh. Bahan inilah yang menjadi pendukung atraksi es krim lengket ini.

5
Makan dibawah Jembatan

Galata Bridge adalah sebuah jembatan yang menghubungkan kota Istanbul dengan beberapa distrik lainnya di Turki. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan untuk sekedar berkumpul atau nongkrong. Terbagi menjadi dua lantai, biasanya para pemancing akan memenuhi jembatan ini pada bagian atas.

Sementara pada bagian bawahnya, jembatan ini dipenuhi oleh restoran dan café yang menjajakan berbagai kuliner. Salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan adalah Balik Ekmek. Sajian yang terbuat dari roti dan ikan panggang ini memiliki cita rasa yang sangat lezat karena kesegaran daging ikan yang ditangkap langsung dari laut sekitar.

Kota Turki juga memiliki kekayaan situs-situs budaya peninggalan Yunani kuno, Romawi dan Byzantium. Ada begitu banyak tradisi dan kuliner yang telah diwariskan selama ribuan tahun.

Oleh karena itu, kegiatan bersantap kuliner dan sejumlah pertunjukan di negara ini wajib Sahabat Silir jajal saat berkunjung ke sana. Bagi pecinta kucing, jangan lewatkan juga untuk bercengkrama dengan hewan berkaki empat tersebut di seluruh jalanan kota Istanbul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru