5 Kawasan Perbelanjaan Untuk Berburu Oleh oleh Istanbul

Jika Sahabat Silir berniat untuk membeli sejumlah oleh oleh istanbul, kami sarankan untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini

Kota Istanbul memiliki sejuta daya tarik yang bisa membuat banyak wisatawan dari seluruh dunia tergoda untuk mengunjunginya.

Puas menjelajah berbagai objek wisata memukau di dalamnya, Sahabat Silir tentu tak akan melewatkan ritual belanja oleh oleh Istanbul sebelum bertolak kembali ke Tanah Air.

5 Kawasan Perbelanjaan Oleh oleh Istanbul

Terdapat beberapa kawasan di Istanbul yang terkenal sebagai surga belanjanya turis. Maka dari itu, jika Sahabat Silir berniat untuk membeli sejumlah oleh oleh Istanbul, kami sarankan untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini:

1
Grand Bazaar

Grand Bazaar

Grand Bazaar adalah tempat belanja pertama yang paling direkomendasikan untuk disambangi oleh para wisatawan. Tempat ini merupakan pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja di Grand Bazzar Istanbul

Grand Bazaar tepatnya dibuka pada tahun 1461, pada masa dimana Konstantinopel masih berjaya. Namun begitu, kegiatan jual beli oleh oleh Istanbul di tempat ini diperkirakan sudah ada sejak era Byzantium.

Pusat perbelanjaan yang terletak di kota tua Istanbul ini memiliki sekitar 64 gerbang dengan sekitar 4 ribu toko di dalamnya. Saking besarnya, sampai-sampai Grand Bazaar menempati alamat di 6 jalan.

Toko-toko di tempat ini menjual produk yang tidak jauh berbeda, dimulai dari manisan khas Turki, pernak pernik, perhiasan, buah kering, karpet, barang antik, keramik, dan masih banyak lagi. Meskipun sangat pasar ini sangat besar, di sisi lain Sahabat Silir berkesempatan untuk memilih oleh-oleh serta menawar harga.   

Tempat ini terpisahkan oleh jalan-jalan dan lorong yang sangat banyak, oleh karenanya para wisatawan disarankan datang dengan didampingi guide saat kemari agar tidak tersesat. Selain itu, dalam seharinya diperkirakan terdapat sekitar 250 ribu hingga 400 ribu orang yang berkunjung ke dalamnya.

Pasar ini buka dari Senin hingga Sabtu pada pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam waktu setempat. Selain hari Minggu, tempat ini juga biasanya akan tutup pada hari-hari besar.

Meski cenderung penuh dan sesak, tetapi bangunan dari Grand Bazaar yang kuno dan artistik dijamin bisa membuat Sahabat Silir tetap betah berbelanja di dalamnya.

2
Istiklal Caddesi

Oleh oleh Istanbul

Mencari tempat untuk nongkrong asyik sekaligus berbelanja oleh oleh Istanbul? Maka Istiklal Caddesi adalah tempat yang harus Sahabat Silir datangi.

Suasananya persis seperti Orchard Road di Singapura, dimana kendaraan seperti mobil dan motor dilarang melintas di tempat ini. Oleh karenanya, tempat ini sangat ramah untuk pejalan kaki.

Meski tak ada mobil atau motor yang melintas, tetapi di tempat ini terdapat transportasi unik yang bisa dinaiki oleh pengunjung, yaitu Nostaljik Tramvay. Bagi para cat lover, siap-siap saja dibuat gemas dengan kucing liar yang bebas berkeliaran dan makan di sekitarnya.

BACA JUGA: Mengenal Istanbul, Kota Bersejarah yang Lekat dengan Simbol Kucing

Istiklal Caddesi atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Jalan Istiklal’ ini membentang dari Taksim Square hingga ke Menara Galata. Pada era Ottoman, nama jalan ini sebelumnya dikenal dengan nama Cadde-i-Kebir, kemudian berubah menjadi Grand Rue de Perra, sebelum akhirnya dikenal dengan nama Istiklal Caddesi pada masa pembentukan Republik Turki. Istiklal sendiri berarti “Kemerdekaan” yang menjadi penanda kemerdekaan di Turki.

Di sini Sahabat Silir akan menemukan banyak tempat menarik dimulai dari, toko buku, toko kue, restoran, café, galeri seni, perpustakaan, pub, hingga klub malam. Tak hanya itu saja, Sahabat Silir bahkan bisa menemukan sejumlah tempat ibadah, seperti masjid, gereja, hingga sinagoge.

Jangan lewatkan juga untuk mampir ke toko kue baklava yang terkenal lezat di tempat ini. Apabila mencari barang dengan harga miring, cobalah berjalan ke pertokoan di daerah Beyoglu dekat Tram Stops Karakoy.

3
Spice Bazaar

Spice Bazaar

Seperti namanya, tempat yang satu ini memang lebih banyak menawarkan aneka jenis rempah-rempah di dalamnya. Jangan heran, saat memasuki tempat ini Sahabat Silir akan mencium aroma rempah yang menyeruak dalamnya.

Meski namanya adalah pasar rempah, tetapi Sahabat Silir tak hanya akan menemukan bumbu masakan saja yang dijual di tempat ini. Spice Bazaar juga memuat berbagai barang dagangan lainnya, seperti kudapan khas Turki, baju, cinderamata, hingga produk minuman seperti kopi dan teh.

Serunya lagi, beberapa dagangan memiliki harga yang jual yang jauh lebih murah dibandingkan dengan di Grand Bazaar. Apabila mencari harga yang lebih murah lagi, Sahabat Silir bisa mencoba berbelanja di pertokoan dekat tram stops arah Stasiun Sirkeci.

Keluar dari area Spice Bazaar, Sahabat Silir bisa memberi makan burung-burung merpati liar yang ada di wilayah Yeni Cami (The New Mosque).

4
Ortakoy Weekend Market

Seperti namanya, pasar ini hanya dibuka pada akhir pekan saja, yakni Sabtu dan Minggu. Berbeda dengan Grand Bazaar yang memiliki konsep tertutup, para pedagang di Ortakoy justru memiliki stand di tempat yang terbuka. Oleh karenanya, Sahabat Silir bisa berjalan ke tempat ini sambil menikmati keindahan bangunan yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA: 10 Oleh Oleh yang Bisa Dibeli Saat Berkunjung Turki

Pasar akhir pekan Ortakoy kondang dengan kerajinan pernak perniknya yang terbuat dari batu. Selain itu, terdapat juga kerajinan glass blowing dimana penjualnya akan membuat secara langsung beberapa produknya di hadapan pengunjung.

Untuk menuju tempat yang satu ini, Sahabat Silir bisa naik tram T1 dari Sultan Ahmed dan turun di Kabatas. Kemudian, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik bis nomor 22, 22E, dan 25 yang menuju Ortakoy.

5
Galata Tower

Galata Tower

Kawasan perbelanjaan lainnya yang tak boleh Sahabat Silir lewatkan adalah Galata Tower atau yang dikenal sebagai Galata Kulesi. Menara ini tepatnya berlokasi di distrik Beyoglu.

Menurut sejarahnya, menara ini dahulunya merupakan benteng Republik Genoa pada era Konstantinopel yang dibangun pada tahun 1348. Pada era Utsmaniyah, tempat ini pernah difungsikan sebagai penjara, kemudian beralih menjadi titik pengamat api di kota Istanbul.

Menara ini memiliki bentuk silinder yang terbuat dari material batu. Penggunaan batu dimaksudkan agar bangunan ini dapat bertahan jika dilanda kebakaran.

Tersedia tangga dan lift yang bisa dipergunakan pengunjung untuk menaiki menara setinggi 67 meter ini. Sahabat Silir bahkan akan menemukan restoran dan café pada bagian paling atas di menara ini. 

Pedagang yang berjualan di tempat ini mungkin tidak sebanyak di tempat-tempat seperti Grand Bazaar ataupun Spice Bazaar, tetapi Menara Galata menawarkan harga dagangan yang terbilang cukup murah dibanding tempat lainnya. Sahabat Silir bahkan bisa menikmati keindahan Selat Bosphorus dan kota Istanbul dari tempat ini.

Di samping beberapa tempat yang telah disebutkan, Sahabat Silir juga bisa mengunjungi Arasta Bazaar yang lokasinya sangat dekat dengan Blue Mosque dan Hagia Sophia. Suasana di tempat ini bahkan tak kalah cantik, sehingga sayang untuk dilewatkan tanpa berfoto.

Selain itu, Sahabat Silir juga bisa mengunjungi kawasan Eminou untuk berburu berbagai oleh oleh Istanbul , seperti baju, makanan, cinderamata, dan masih banyak lagi.

Di kawasan ini terdapat toko kopi Kurukahveci Mehmet Efendi yang terkenal. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi Balik Ekmek yang merupakan sandwich ikan segar khas Turki di tempat ini. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Tips Mempersiapkan Liburan Keluarga Bersama Si Kecil ke Luar Negeri

Sibuk Liburan - Berlibur bersama keluarga menjadi impian banyak orang. Namun, acap kali niat tersebut urung lantaran memiliki anak yang masih kecil....

5 Daya Tarik Shanghai Disneyland yang Membuatnya Wajib Dikunjungi

Sibuk Liburan - Shanghai Disneyland merupakan salah satu pembangunan kawasan hiburan raksasa yang mendapatkan sambutan dari penduduk Tiongkok sendiri. Taman hiburan ini...

Kendaraan Unik yang Dijumpai di Solo, Sahabat Silir wajib Coba!

Sibuk Liburan - Sahabat Silir tengah berencana piknik dalam waktu dekat, tetapi masih bingung menentukan pilihan. Apabila tujuan traveling kali ini ke...

6 Alasan Harus Liburan Bersama Keluarga ke Taiwan

Sahabat Silir tengah merencanakan libur bersama keluarga dalam waktu dekat ke luar negeri. Apabila jawabannya iya, Taiwan barangkali bisa menjadi salah satu...

Pernah ke China, 80 Turis Ditolak Masuk Bali

Virus Corona masih belum menunjukan tanda akan mereda. Sebaliknya, penyebarannya yang kian massif membuat banyak negara melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi virus...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini