5 Kota Menarik untuk Dikunjungi di Taiwan Selain Taipei

Taipei, tentu saja menjadi primadona wisata di Taiwan, mengingat perannya juga sebagai ibu kota negara. Namun, sebenarnya ada banyak kota lain yang tak kalah menarik dengan Taipei. Di mana saja itu?

Taiwan menjadi alternatif wisata luar negeri di kawasa Asia Timur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Padahal, negara yang pernah diduduki Jepang itu, dilihat dari ukurannya memang tidak terlalu besar.

Sebuah kepulauan besar yang oleh ‘Barat’ disebut Formosa Island, Taiwan nyatanya memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya minat para pelancong untuk datang.

Taipei, tentu saja menjadi primadona wisata di Taiwan, mengingat perannya juga sebagai ibu kota negara. Namun, sebenarnya ada banyak kota lain yang tak kalah menarik dengan Taipei. Di mana saja itu?

5 Kota Menarik untuk Dikunjungi di Taiwa

Untuk menjawabnya, kali ini, Sibuk Liburan bakal mengajak Sahabat Silir menjelajah 5 kota menarik untuk dikunjungi di Taiwan.

1
Taichung

Kota ini cukup dekat dengan Taipei. Dari ibu kota Taiwan tersebut, kota ini bisa diakses sekitar 2.5 jam dengan menggunakan bus atau kereta api, tetapi jika menggunakan HSR lebih cepat, sekitar 50 menit saja.

Kota ini menyuguhkan panorama taman tag asri di pusat kota. Menariknya lagi, para pelancong bisa menikmati akes transportasi bus umum secara gratis selama jarak tempuh di bawah 10 km. Oleh karena itu, saat bertandang ke tempat ini pastikan untuk berkeliling ya Sahabat Silir!

Tiga ikon utama yang ada di kota ini adalah National Taichung Theater, Maple Garden dan Feng Chia Night Market. Ketiga lokasi itu pun letaknya berdekatan, sehingga sangat memungkinkan dikunjungi dalam satu hari.

BACA JUGA: Menggugah Selera, Ini Daftar 5 Kuliner Taiwan Terpopuler

Di Taichung ada 3 wilayah yang juga menarik untuk dijelajahi, yaitu Waipu, Houli dan Fengyuan. Waipu menawarkan keindahan bunga-bunga dan berbagai produk pertanian, sedangkan Houli dikenal memiliki atraksi menarik berupa fasilitas berkuda yang sudah berusia ratusan tahun.

Lalu di Fengyuan yang dibangun di sepanjang tepi Sungai Ruanpizai menawarkan koridor bunga di tepi sungai terpanjang di Taiwan.

2
Nantou

Sun Moon Lake

Berikutnya adalah kota Nantou yang memiliki destinasi wisata sangat terkenal, yaitu Sun Moon Lake. Danau Matahari Bulan—begitu juga diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, adalah danau terindah di Taiwan.

Demikian eloknya tempat ini, sampai-sampai keberadaaanya menginspirasi lahirnya banyak lagu, puisi maupun syair sejak berabad-abad silam. Di sekitar danau tersebut juga memiliki rute sepeda yang diklaim terindah di Taiwan.

Tak hanya menyodorkan pemandangan alam nan mempesona, Sun Moon Lake juga menjadi ‘rumah’ bagi suku asli minoritas Taiwan, yaitu Suku Thao. Suku ini memiliki bahasa asli sehari-hari yang digunakan untuk bercakap-cakap, yaitu bahasa Thao.

Sayangnya, bahasa ini termasuk dalam kategori bahasa yang paling terancam punah di dunia. Pasalnya, jumlah penuturnya sangat sedikit, bahkan bisa dihitung dengan jari.

Baruntungnya, ada upaya konservasi yang dilakukan oleh para pemimpin suku, sehingga keberadaan bahasa Thao masih mungkin dilestarikan. Generasi muda Suku Thao pun mulai menggunakan kembali bahasa tersebut.

3
Tainan

Dari kota yang sarat dengan wisata air, kita bergeer ke Tainan, sebuah kota yang menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Kota ini termasuk sangat tua dan berpengaruh bagi Taiwan. Bagaimana tidak?! Hingga akhir abad ke-19, kota ini selama 200 tahun sebelumnya telah menjadi pusat ekonomi Taiwan, utamanya di bagian selatan kota tersebut.

Kini, Tainan masih ‘mewarisi’ urat nadi perdagangan itu dan menjelma menjadi pusat kuliner yang terkenal di Taiwan. Di kota ini, Sahabat Silir bisa menemukan berbagai makanan dengan resep-resep yang tak lekang oleh waktu.

Mengingat banyaknya makanan enak yang dijual di resto maupun pinggir jalan (food street), jika Sahabat Silir tak cukup memiliki banyak waktu, cobalah untuk mencicipi beberapa sajian khas Taiwan, seperti mie ikan, udang gulung, pudding tabung beras juga es serut.

4
Kaohsiung

Kota selanjutnya merupakan idola bagi para pecinta arsitektur dan juga wisata sejarah. Ya, di Kaohsiung Sahabat Silir bisa menyaksikan berbagai bangunan yang luas, terbuka dan memiliki unsur seni yang tinggi.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di kota ini adalah Kaohsiung Main Public Library, yang memiliki atrium gantung terbesar di dunia. Desain bangunan yang unik membuat bangunan perpustakaan umum itu mendapatkan banyak pujian dari para kutu buku di seluruh Taiwan.

Jika Sahabat Silir tak termasuk golongan pecinta buku atau membaca tak perlu khawatir tak menikmati Kaohsiung Main Public Library. Masih ada bangunan lain yang tak kalah wow! Namanya adalah National Kaohsiung Center for the Arts. Bangunan rancangan perusahaan Belanda, Mecanoo itu, menjadi lokasi seni terbesar di dunia.

5
Hualien

Nah, kalau tempat yang satu ini menjadi primadona para penyuka wisata alam sekaligus budaya. Namanya adalah Propinsi Hualien. Kota ini merupakan pertemuan antara pegunungan dan laut. Pertemuan keduanya di garis pantai sepanjang 124 km memungkinkan para pengunjung untuk mendaki ke puncak tertinggi di Taiwan.

Para penyuka wisata adrenalin sangat disarankan untuk bertualang di Ngarai Taroko atau memiliki nama resmi Taroko National Park. Kerap disebut Yosemite-nya Taiwan, tempat yang berada di sisi timur Taiwan ini memang menawarkan pemandangan yang aduhai.

Keindahan surga seperti diperlihatkan di tempat ini. Ngarai marmer terhampar luas dan akan senantiasa menemani perjalanan pengunjung menjelajahi setiap jengkal Taroko National Park.

Hamparan ngarai marmer itu sendiri, terbentuk dari tubrukan lempeng Filipina dan Eurasia sekitar 4 juta tahun yang lalu, sehingga menyebabkan terbentuknya batu kapur tebal. Konon, lapisan itu menyembul hingga 3.700 dari permukaan laut ke angkasa. Hingga kini, kabarnya ngarai ini terus mengalami pergerakan, diprediksi sekitar 0,5 cm setiap tahunnya.

Pemandangan kian menakjubkan dengan kehadiran beberapa satwa khas di kawasan taman Taroko ini, diantaranya beruang hitam, monyet dan rusa. Ratusan spesies burung juga hidup di kawasan ini, sehingga jangan heran jika sembari berkeliling taman ini akan mendengar sahut-sahutan suara burung.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Taiwan Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

Spot paling baik untuk menikmati seluruh keindahan Taman Taroko adalah Tunnel of Nine Turns Trail. Dari titik ini, Sahabat Silir bisa menyaksikan aliran Sungai Sekadang dengan berbagai ekosistem di sekitarnya, keindahan Kuil Changchun yang memiliki air terjun abadi, hingga memegang langsung marmer Ngarai Taroko yang menjulang tinggi.

Melengkapi keindahan alam itu, Sahabat Silir juga bisa sejenak mampir ke Desa Dageeli yang merupakan rumah bagi Suku Truku—suku asli di kawasan Ngarai Taroko. Di desa tersebut, Sahabat Silir bisa melihat budaya dan makanan khas mereka.

Demikian deretan 5 kota menarik yang wajib Sahabat Silir kunjungi saat melancong ke Taiwan. Sebagai informasi, untuk mengunjungi negara yang hanya terletak 113 km dari China Daratan itu sebaiknya pada bula Maret hingga Mei.

Pasalnya pada periode tersebut suhu bersahabat, berkisar antara 15 hingga 22 derajat celcius. Negara ini patut menjadi pertimbangan saat Sahabat Silir ingin berpiknik ke luar negeri, terutama bagi pemula.

Hal ini mengingat keramahan penduduknya, komunikasi yang memungkinka menggunakan Bahasa Inggris—dan hampir diterima oleh mayoritas penduduknya, serta fasilitas yang memadai bagi para turis untuk bersolo travel. (y)

Mungkin kamu juga suka

Libur Bersama Anak? Pertimbangkan Tempat-tempat di Indonesia ini

Waktunya libur bersama anak! Ya, jalan-jalan bersama keluarga memang menyenangkan. Walau terkadang direpotkan dengan segala persiapan si kecil, namun semua kelelahan hilang...

Sejuta Daya Tarik dari Kota Seribu Menara Praha

Mengunjungi destinasi wisata di Eropa Timur, kota Praha yang merupakan ibu kota Republik Ceko bisa jadi salah satu tempat idaman yang bisa Anda kunjungi....

6 Kebiasaan Buruk yang Perlu dihindari Saat ke Jepang

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Kiranya peribahasa tersebut harus selalu diingat bagi mereka yang suka melancong ke berbagai tempat asing.

Banyuwangi Resmi Menyandang Status Kawasan Geopark Nasional

Sibuk Liburan - Potensi alam dan kekayaan geologis Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi. Setelah sebelumnya memiliki tujuh Geopark Nasional, Indonesia kembali melakukan sertifikasi...

Wow! Pakai Oven Luar Angkasa, Astronot Akan Buat Kue di Luar Angkasa

Usai beberapa tahun belakangan ini wacana piknik ke luar angkasa pun mulai bergulir, kini kabar baru cukup mengejutkan datang dari dunia antariksa....

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini