5 Kota Tua di China dengan Nuansa Kerajaan yang Kental

China adalah negara yang berusia sangat tua. Jejak sejarah di negara bekas kerajaan tersebut dapat ditarik ke masa 2200 tahun silam.

China adalah negara yang berusia sangat tua. Jejak sejarah di negara bekas kerajaan tersebut dapat ditarik ke masa 2200 tahun silam. Kala itu, Kekaisaran China pertama kali dipersatukan di kota kerajaan Xi’an. Selanjutnya, ibu kota kerajaan berulang kali berpindah sebelum akhirnya Beijing tumbuh menjadi kota pusat kekaisaran yang termasyur.

Berkat hal ini, China memiliki banyak sekali kota tua yang bersejarah selain Beijing. Beberapa di antaranya masih menyimpan bukti-bukti peninggalan berupa bangunan-bangunan tradisional beratap lengkung yang khas.

Kota-kota berisikan bagunan-bangunan tradisional China yang eksotis ini tentu saja tidak boleh Sahabat Silir abaikan dari daftar kunjungan wisata ke China. Nah, agar kamu tidak melewatkannya, berikut 5 kota tua di China dengan nuansa kerajaan yang kental.

5 Kota Tua di China dengan Nuansa Kerajaan yang Kental 1
Kota Nanjing

1
Xi’an

Di samping Beijing, Xi’an juga dikenal sebagai salah satu bekas ibu kota Kekaisaran China kuno. Di kota inilah, China pertama kali dipersatukan di bawah kekuasaan Dinasti Qin (221–206 SM). Perannya semaking penting di masa Dinasti Han Barat (206 SM-9 M) dan Dinasti Tang (618–907 M).

Di ibu kota Provinsi Shaanxi ini Sahabat Silir bakal menemukan jejeran benteng dan bangunan bekas kerajaan yang dirawat dengan sangat profesional. Situs bersejarah Terracotta Army yang legendaris pun bisa kamu temukan di Xi’an.

2
Nanjing

Di masa modern, Nanjing merupakan salah satu kota tua di China yang sangat makmur. Pusat kotanya dijejali oleh tumpukan gedung pencakar langit. Dalam waktu dekat, ibu kota Provinsi Jiangsu ini bakal menjadi kota pertama di China yang memiliki vertical forest, yaitu taman yang dibangun memanjang ke atas pada sebuah gedung bertingkat.

Namun, siapa sangka di balik wajahnya yang modern, Nanjing pernah menjadi pusat kekaisaran Dinasti Jin (265–420 M). Berkat perannya yang sental inilah, Kota Nanjing masih memelihara pemukiman tradisional China yang memanjang di pinggir Sungai Yangtze.

3
Louyang

Dipandang sekilas, Louyang tak ubahnya kota industri China pada umumnya. Nuansa kerajaan yang di Louyang baru dapat dirasakan jika Sahabat Silir berkunjung langsung ke salah satu kota tua di China ini.

Suasana peradaban China kuno di Louyang masih dapat diketemukan di antara benteng-benteng khas Kekaisaran China yang mengepung sekeliling kota. Lebih mangagumkannya lagi, di antara bangunan-bangunan bersejarah di Louyang ada yang disulap menjadi pusat perbelanjaan modern yang khas.

4
Kaifeng

Kaifeng berperan sebagai pusat Kekaisaran China antara tahun 907 dan 1127. Sejak saat itu pula, kota yang terletak di Provinsi Henan ini sempat dibangun ulang beberapa kali.

Pemandangan yang paling ikonik ialah sebuah gerbang megah beratap tradisional China yang menjadi jalur keluar-masuk di pusat kota. Tak hanya itu, Kaifeng juga masih memelihara pemukiman-pemukiman tradisional China, serta sebuah pagoda besi yang tak pernah surut menarik minat wisatawan.

5
Anyang

Di antara ibu kota Kekaisaran China kuno, Anyang mungkin yang tertua. Sejarah kota di Provinsi Henan ini dapat ditarik ke masa 3000 tahun silam, ketika masa kekaisaran Dinasti Shang (1600–1046 SM).

Saking tua usianya, sejarawan China masih memperdebatkan keabsahannya bukti-bukti sejarah di Kota Anyang. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi nuansa kerajaan  yang ditunjukan melalui sederet pagoda-pagoda kuno di Anyang.

Kemajuan gaya hidup dan teknologi di China ternyata tak cukup melumpuhkan nuansa kerajaan di kota-kota tua di China tersebut. Selain berkat pemeliharaan sejumlah situs peninggalan yang terdapat di titik-titik perkotaan, nafas budaya kekaisaran masih terus dirayakan.

Salah satunya melalui festival yang menggambarkan kilas balik upacara zaman kerajaan yang digelar setiap Tahun Baru Imlek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Bonto Bahari, Surga Wisata Bahari di Bulukumba

Negeri ini memiliki lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote....

Pria Ini Nangis Setelah Tahu Isi Guci Curiannya

Kisah pencuri yang satu ini bisa dibilang unik. Seorang pria yang mencuri sebuah guci di dalam mobil wisatawan malah menangis. Hal itu...

Krakow Kota Tua Bersejarah di Wilayah Eropa Timur

Menjelajah di wilayah Eropa timur, tepatnya di Polandia terdapat sebuah kota tua Krakow yang menjadi saksi sejarah peristiwa jatuh bangunnya kota ini. Dahulunya tempat...

5 Hal Futuristik Ini Cuma Bisa Ditemui di Tokyo

Dalam hal rangking teknologi, Jepang sudah dapat dipastikan bakal menduduki peringkat satu. Setiap tahunnya, inovasi teknologi dari Jepang telah berhasil merubah wajah kotanya menjadi...

Nami Island, Primadona Wisata Korea Selatan

Sahabat Silir tengah merencanakan berlibur ke Korea Selatan dalam waktu dekat? Apabila iya, kini Sahabat Silir berada di tempat yang tepat! Sibuk...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp