5 Kudapan Manis dari Kamboja yang Mirip Kue Nusantara

Tak disangka Negeri Seribu Candi ini memiliki beberapa kudapan manis yang sangat mirip dengan kue tradisional khas Nusantara.

Seperti halnya Indonesia, Kamboja juga diberkati dengan keragaman santapan lezat yang mampu menggoyang lidah. Tak disangka Negeri Seribu Candi ini memiliki beberapa kudapan manis yang sangat mirip dengan kue tradisional khas Nusantara.

Berikut ini adalah lima kue tradisional yang tak boleh dilewatkan Sahabat Silir saat sedang berwisata ke negeri yang juga kerap disebut ‘Kampuchea’ tersebut;

1
Nom Plae Ai

kamboja

Kue yang satu ini pastinya akan langsung mengingatkan Sahabat Silir dengan kudapan tradisional khas Indonesia bernama klepon. Bentuknya yang bulat kenyal dengan isian gula merah, serta parutan kelapa pada bagian luarnya terbilang memiliki bentuk yang terlampau mirip.

Meski demikian, kue yang satu ini biasanya tidak diwarnai hijau pekat seperti klepon Nusantara. Namun begitu, kadang kala agar menarik makanan ini diwarnai dengan berbagai warna-warna mencolok.

2
Num Chak Kachan

Apabila di Indonesia terdapat kue lapis beras dan di Thailand terdapat kue Kanom Chan, maka Kamboja memiliki Num Chak Kachan. Bahan-bahan dan metode untuk membuatnya pun tak jauh berbeda, yakni terbuat dari adonan tepung beras, gula, santan serta pewarna makanan yang dikukus selapis demi selapis.

3
Num Kom

Satu lagi makanan yang akan membuat Sahabat Silir takjub karena kesamaannya dengan kue asal Nusantara adalah Num Kom. Makanan ini memiliki bentuk yang sangat persis dengan nagasari–kue dari tepung beras dengan isian pisang yang dibungkus dengan daun pisang.

Hanya saja Num Kom dibentuk seperti piramida atau limas segi empat. Selain itu, kudapan ini tak melulu dapat diisi dengan buah pisang saja, tetapi juga nangka atau pun kacang merah.

4
Treap Bay

Ingin mencicipi wajik ketan ala Kamboja? Maka Sahabat Silir harus mencoba kudapan bernama Treap Bay. Tak jauh berbeda dengan wajik ketan, makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak bersamaan dengan gula untuk kemudian dicetak dan dipotong-potong setelah teksturnya sudah cukup mengeras.

Kue yang satu ini sangat khas disajikan bersama dengan taburan wijen. Kadang kala potongan buah nangka atau parutan kelapa turut ditambahkan untuk memperkaya rasanya.

5
Num Ansom Chek

Kue yang satu ini bisa dibilang sangat mirip dengan lepet ketan pisang. Num Ansom Chek terbuat dari beras ketan yang diisi dengan buah pisang, untuk kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dililit dengan daun kelapa. Kudapan ini biasa disantap masyarakat Kamboja saat perayaan Pchum Ben atau tahun baru Khmer.

Sahabat Silir mungkin sedikit mengernyitkan dahi dengan banyaknya beberapa makanan di atas yang cukup mirip dengan hidangan di Tanah Air. Namun begitu, Sahabat Silir tentunya bisa memetik kelebihan dari hal tersebut, yakni tak perlu susah payah untuk mengadaptasikan lidah dengan cita rasa makanan lokal.

Dengan begitu, pastinya hal tersebut bisa membantu liburan Sahabat Silir di Kamboja menjadi lebih menyenangkan. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru