5 Kuliner Jeju yang Bikin Jatuh Cinta Pada Suapan Pertama

COVER: Korean Bapsang
Meski dikenal memiliki iklim subtropis, tetapi pulau yang terletak di barat daya provinsi Jeolla selatan ini justru memiliki iklim sedang yang sangat bersahabat.

Pulau Jeju di Korea selatan memiliki banyak hal menarik yang pastinya sulit ditolak oleh para traveler dunia. Pertama-tama, tempat ini menawarkan bebas visa bagi turis yang melakukan pendaratan penerbangan langsung ke pulau.

Selain itu, meski dikenal memiliki iklim subtropis, tetapi pulau yang terletak di barat daya provinsi Jeolla selatan ini justru memiliki iklim sedang yang sangat bersahabat.

BACA JUGA: Air Terjun Cheonjiyeon, Pemandian 7 Bidadari di Pulau Jeju

Daratan mandiri ini juga memiliki berbagai sajian kuliner Jeju yang bisa memanjakan lidah Sahabat Silir.

5 Kuliner Jeju

Nah, jika Sahabat Silir berniat untuk mengunjungi pulau penghasil jeruk ini, kami sarankan untuk tidak melewatkan beberapa menu berikut:

1
Sop Ikan Galchi Jorim

Ikan layur rupanya tak hanya populer disantap sebagai makanan Nusantara. Di pulau Jeju, ikan yang satu ini diolah dengan tampilan yang lebih merah menantang.

Galchi jorim merupakan hidangan sup ikan dengan bumbu pedas yang berasal dari gochujang (pasta cabai Korea) dan gochugaru (bubuk cabai Korea). Makanan ini semakin lezat karena terdapat penambahan lobak (radish) Korea di dalamnya.

2
Ikan Bakar Okdom Gui

Okdom Gui merupakan hidangan ikan bakar yang menggunakan ikan sea bream sebagai bahan utamanya. Ikan ini sendiri memang lebih banyak ditemukan di sekitar pesisir Jeju dan Jepang. Bagi para pecinta ikan bakar, makanan yang satu ini pastinya tak boleh terlewatkan.

3
Seafood Hotpot Haemul Ddukbaegi

Hidangan rebusan aneka lauk seperti hotpot memang cukup populer di beberapa negara Asia, tak terkecuali Korea Selatan. Pulau Jeju juga menawarkan hotpot yang pastinya tak boleh dilewatkan oleh pecinta seafood.

Dalam penyajiannya, Sahabat Silir bisa menemukan berbagai aneka hidangan laut seperti kerang, cumi, udang, kepiting, dan abalon yang terendam dalam kuah kaldu yang lezat. Selain itu, makanan ini biasanya disantap bersamaan dengan kondimen seperti telur ikan, nori, kimchi, dan gochujang.

4
Bubur Abalon Jeonbok-juk

Apabila di Indonesia bubur ayam merupakan salah satu hidangan bubur yang populer, lain halnya dengan Korea Selatan yang populer dengan bubur Abalon. Abalon sendiri merupakan adalah salah satu jenis kerang yang terkenal kaya akan nutrisi.

Dahulunya makanan ini populer dihidangkan untuk anggota keluarga kerajaan. Namun, kini jeonbukjuk menjadi makanan yang cukup lumrah dikonsumsi oleh siapa saja. Perpaduan cita rasanya yang gurih dan manis dijamin akan membuat Sahabat Silir langsung jatuh cinta pada suapan pertama.

5
Asinan Sotong Hanchi Mulhoe

Menurut pakar kesehatan, cuaca yang panas dapat mempengaruhi selera makan seseorang yang berakibat pada hilangnya nafsu makan. Padahal pada saat tersebut, tubuh justru manusia sedang membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Oleh karenanya, beberapa negara yang memiliki musim panas biasanya memiliki sajian menu segar yang mampu membangkitkan nafsu makan saat cuaca tersebut.

Hanchi Mulhoe adalah salah satu hidangan yang penampilannya cukup mirip dengan asinan dari Indonesia serta memiliki rasa yang segar. Hidangan ini terdiri dari potongan sotong mentah yang dicampur dengan sayur-sayuran, cuka, gochujang, dan disajikan dalam keadaan dingin.

Selain beberapa makanan di atas, pulau Jeju juga menawarkan salah satu menu non halal yang menjadi favorit para turis, yaitu heuk dwaeji atau babi bakar hitam.

Apabila ingin mencicipi sup yang tidak memiliki cita rasa pedas, maka sup ganggang Jeju momguk adalah hidangan berkuah lainnya yang cukup direkomendasikan untuk diicip oleh Sahabat Silir.

Jangan lewatkan juga untuk mencoba aneka street food yang berbahan dasar hallabong, yaitu jenis jeruk khas Jeju yang juga menjadi salah satu kuliner Jeju. (AS)

Mungkin kamu juga suka

Terbaru

Pengen liburan bareng keluarga atau orang-orang tersayang, tapi bingung caranya gimana?

Kami punya paket wisata dan hal-kal yang Anda butuhkan untuk liburan keluar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here