5 Kuliner Langka Khas Betawi yang Mulai Sulit Ditemukan

Apabila Sahabat Silir menyukai kegiatan jelajah kuliner, kota Jakarta menawarkan begitu banyak ragam pilihan makanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan khas Jakarta itu sendiri yang justru makin sulit untuk ditemui.

Padahal makanan tersebut merupakan kuliner dari suku asli Jakarta. Berikut adalah lima kuliner Betawi yang keberadaannya nyaris punah:

1
Sayur Babanci

sumber foto:Jakarta Tourism

Sayur ini diyakini bernama demikian karena mengacu pada istilah “banci” itu sendiri. Hal ini dimaknai sebagai disorientasi akan kata sayur yang diselipkan di depannya, padahal nyaris tidak terdapat sayur di dalamnya. Namun, disebutkan juga hal ini berasal dari kata “baba dan cici” karena diperkenalkan pertama kali oleh orang Tionghoa.

Ada begitu banyak rempah dan bahan cemplungan di dalamnya yang membuat sayur ini begitu kaya rasa dan nikmat. Akan tetapi, sejumlah bahan yang mulai sulit ditemukan diperkirakan menjadi penyebab sayur ini mulai sulit ditemukan seperti kedaung, botor, tai angin, temu mangga, temu kunci, lempuyang dan bangle.

2
Sayur Besan

Seperti namanya, makanan ini memang umumnya selalu tersaji pada acara yang berhubungan dengan pertemuan antar besan seperti lamaran dan pernikahan. Sayur ini merupakan lambang penghormatan bagi keluarga mempelai wanita dari pihak mempelai laki-laki.

Salah satu bahan khas yang cukup langka pada hidangan ini adalah penggunaan terubuk (bunga tebu) yang merupakan tanaman musiman. Bahan pendamping lainnya untuk masakan ini antara lain adalah soun, kentang, ebi dan siraman kuah santan.

3
Gabus Pucung

Sumber foto:Travel Kompas

Gabus pucung merupakan olahan ikan gabus yang tersaji dengan bumbu hitam pekat yang berasal dari bumbu kluwek (pucung). Hidangan ini menjadi langka karena kesulitan dalam mendapatkan jenis gabus segar yang dahulunya biasa diambil dari rawa langsung. Pengolahannya pun harus dilakukan dengan sangat cermat karena amis yang dihasilkan gabus dapat mencemari cita rasa masakan.

4
Bubur Ase

Sumber foto:Bobo.ID – Grid.ID

Berbeda dengan bubur biasa yang mudah ditemui di pinggir jalan terutama saat pagi hari seperti Bubur Cianjur atau Sukabumi. Bubur Ase memiliki penggunaan topping yang berbeda, yaitu penggunaan semur kentang dan daging yang dipadukan dengan asinan sayur. Kelengkapan bahan yang ditambahkan di dalamnya membuat hidangan bubur ini begitu bergizi.

5
Nasi Ulam

Betawi juga memiliki sajian nasi dengan aneka lauk di dalamnya. Aneka lauk tersebut diantaranya adalah perkedel, tempe, telur dadar, dendeng, serundeng dan yang paling khas adalah penggunaan daun pegagan. Akan tetapi penggunaan daun pegagan sendiri lebih sering diganti dengan kemangi karena sulit ditemukan.  

Meskipun nyaris sulit ditemukan, tetapi masih ada beberapa warung makan dan gerobak yang menjual beberapa hidangan tersebut. Menikmati kuliner yang langka pastinya akan memberi kesan tersendiri untuk Sahabat Silir karena masih berkesempatan untuk mencicipi dan mengenal kelezatan rasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru