5 Kuliner Malaysia dengan Cita Rasa yang Menggoda

Malaysia penduduknya mayoritas dari etnis Melayu, Cina dan India. Kuliner yang ada di Negeri Jiran pun menyesuaikan dengan lidah orang Melayu, Cina dan India, atau perpaduan dari resep etnis-etnis tersebut.

Malaysia penduduknya mayoritas dari etnis Melayu, Cina dan India. Kuliner yang ada di Negeri Jiran pun menyesuaikan dengan lidah orang Melayu, Cina dan India, atau perpaduan dari resep etnis-etnis tersebut.

5 Kuliner Malaysia dengan Cita Rasa yang Menggoda

Berikut adalah kuliner Malaysia denan cita rasa yang menggoda.

1
Nasi Lemak

Kuliner Malaysia

Kuliner asli Malaysia yang paling populer ini banyak pula dijual di Indonesia dan Singapura. Bagi masyarakat Indonesia, rasa Nasi Lemak akan mengingatkan pada nasi gurih, nasi uduk serta nasi gemuk khas Jambi, karena proses pembuatannya memang hampir sama.

BACA JUGA: Pilihan Destinasi Wisata di Thailand, Malaysia dan Singapura Saat Libur Lebaran

Untuk membuat Nasi Lemak, beras yang akan ditanak terlebih dahulu direndam dengan santan kelapa serta ditambahkan beberapa jenis rempah seperti jahe, sereh dan pandan agar aromanya tercium sedap.

Para penjual Nasi Lemak biasanya menyajikan makanan ini dengan ditemani sambal sotong, sambal goreng teri, tumis kangkung,  ayam  goreng atau rendang sapi.

2
Nasi Kerabu

Kuliner yang menjadi ikon Malaysia ini banyak diburu wisatawan karena bentuknya yang unik, yaitu nasi yang berwarna kebiru-biruan. Warna nasi yang biru menggoda tersebut disebabkan proses memasaknya menggunakan kelopak bunga.

Nasi Kerabu biasanya disajikan dengan beberapa lauk pendamping seperti beberapa jenis sayuran, ayam goreng atau ayam bakar, ikan kering, telur asin dan kerupuk. Sayangnya, karena untuk mencari kelopak bunga sebagai bahan pewarna alami saat ini cukup sulit, membuat banyak pedagang Nasi Kerabu di Malaysia menggantinya dengan nasi putih atau nasi kuning.

3
Nasi Daun Pisang

Makanan ini sebenarnya berasal dari India, tepatnya di daerah Tamil Nadu, Andhra Pradesh, Karnataka dan Kerala. Namun karena di Malaysia banyak etnis India, membuat kuliner dari Negeri Bollywood ini pun diboyong dan populer di Negeri Jiran.

Dinamakan demikian karena pembungkusnya menggunakan daun pisang sebagaimana halnya Nasi Kucing di Yogyakarta. Cara penyajiannya, daun pisang terlebih dahulu dibentangkan lalu di atasnya diletakkan nasi, beberapa jenis sayuran dan disiram dengan bumbu kari dengan rasa khas kuliner India.

4
Karipap

Jajanan dari Johor ini asalnya bernama epok-epok sebelum akhirnya populer dengan sebutan karipap. Di Singapura makanan ini dikenal dengan nama karipow. Jajanan ini memang ekspansi ke luar negeri dan banyak dijual oleh para pedagang di Singapura dan Thailand. Bahkan, di Singapura ada franchise yang khusus menjual karipap atau karipow ini.

Sepintas lalu karipap mirip dengan pastel yang ada di Indonesia, baik bentuk maupun rasanya. Namun jika dirasakan dengan seksama akan terasa ada bedanya karena bumbu yang digunakan memang ada yang berbeda, begitu juga dengan bahan isiannya yang didominasi bahan kentang.

Selain itu rasa karipap berdasarkan isiannya lebih bervariasi dibanding pastel, karena ada karipap daging, karipap ayam, karipap termosa, karipap sarden, karipap jamur dan karipap pusing.

5
Manok Pansoh

Kuliner yang berasal dari Serawak ini berupa daging ayam yang diberi bumbu rempah-rempah dan dipanggang di dalam ruas batang bambu. Di Indonesia, makanan khas Manado yang bernama “Ayam Buluh”.

Untuk memasak makanan ini, seruas bambu yang sudah dipotong dan dibelah dua, bagian dalamnya terlebih dahulu dibersihkan. Selanjutnya, lapisan bagian dalam bambu dilapisi dengan daun pisang barulah daging ayam beserta bumbunya dimasukkan.

Sebelum dibakar, kedua ujung permukaan bambu ditutup menggunakandaun ubi kayu. Tujuannya agar uap panas tidak keluar serta menambah cita rasa.

Demikian 5 kuliner Malaysia yang populer dan bisa Sahabat Silir coba karena memilikiacita rasa yang menggoda. (A)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Sambut Gerhana Matahari Cincin, Pulau Batam Siapkan Sederet Event

Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diprediksi muncul pada 26 Desember 2019 mendatang tampaknya tengah menuai antusiasme yang besar dari masyarakat di...

Piknik di Pamukkale Turki, Serasa di Negeri Dongeng

Turki memiliki banyak destinasi wisata yang aduhai untuk memanjakan para pelancong baik domestik maupun mancanegara. Destinasi wisata yang sangat menarik salah satunya adalah Pamukkale. Piknik...

Arak Bali Legal, Gubernur: Siap Jamu Tamu dan Hotel Diminta Kurangi Impor Arak

Bicara soal minuman beralkohol, Indonesia memiliki ragamnya sendiri. Jika di Yunani kondang dengan winw-nya, di Bali juga punya arak khas yang diberi...

Masjid Raya Sulawesi Selatan Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Sibuk Liburan - Sulawesi Selatan bakal memiliki destinasi wisata, khususnya wisata religi baru. Adalah Masjid Raya Sulawesi Selatan yang bakal menjadi destinasi wisata baru...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!