5 Makanan Khas Musim Gugur dari Berbagai Negara

Musim gugur memang dikenal sebagai saat yang tepat untuk bersantap banyak. Hal ini didukung dengan panen bahan Makanan Khas Musim Gugur yang melimpah di waktu tersebut.

Musim gugur memang dikenal sebagai saat yang tepat untuk bersantap banyak. Hal ini didukung dengan panen bahan Makanan Khas Musim Gugur yang melimpah di waktu tersebut.

Pada belahan dunia lainnya, musim gugur juga menjadi waktu yang tepat untuk menyantap sejumlah bahan makanan tertentu. Apa saja itu?

5 Makanan Khas Musim Gugur

Berikut makanan musim gugur favorit dari berbagai negara:

1
Kue Bulan – Tiongkok

Makanan Khas Musim Gugur

Kue bulan atau juga dikenal Mooncake merupakan salah satu hidangan penting saat musim gugur di Tiongkok, yaitu untuk persembahan kepada dewi bulan. Kue ini memiliki varian isian yang cukup beragam.

Namun begitu kue bulan biasanya menggunakan isian yang terbuat dari pasta biji teratai dengan tambahan kuning telur asin. Penambahan kuning telur sendiri merupakan perlambang dari bulan.

BACA JUGA: Makanan Musim Gugur yang Banyak ditemui di Korea Selatan

Selain pasta biji teratai, makanan ini juga favorit diisikan dengan pasta kacang azuki (sejenis kacang merah mirip tolo). Tak hanya di Tiongkok, kue ini juga cukup mudah ditemukan di Singapura.

2
Kue Apel – Denmark

Makanan Khas Musim Gugur

Denmark dikenal dengan panen apelnya yang melimpah saat musim gugur. Oleh karenanya, tak heran jika Sahabat Silir dapat dengan mudah menemukan banyak olahan kue berbahan dasar apel pada musim tersebut.

Variasi kue apel yang dibuat pun bermacam-macam, dimulai dari bolu, pie, hingga yang dilapisi puff pastry. Apel-apel yang dipergunakan sengaja dipilih yang tidak terlalu manis karena biasanya akan diberi tambahan bahan manis lainnya saat penyajian.

3
Jamur Matsutake – Jepang

Jamur Matsutake

Jamur matsutake merupakan salah satu jamur mahal yang cukup langka di Jepang. Dahulu bahkan hanya Kaisar saja yang bisa menyantapnya.

Namun saat ini, masyarakat Jepang dari segenap lapisan bisa cukup bersenang hati dalam menyambut musim gugur. Pasalnya jamur matsutake cukup mudah ditemukan pada musim ini.

Orang Jepang umumnya mengolah jamur ini dengan menanaknya bersamaan dengan nasi yang juga baru dipanen.

4
Lobster Air Tawar – Swedia

Lobster Air Tawar

Musim gugur adalah saat yang tepat untuk mengadakan Kräftskiva yang merupakan pesta lobster air tawar di Swedia. Penyelenggaraannya sendiri biasanya dilakukan pada Rabu pertama di bulan Agustus.

Hewan yang satu ini terbilang cukup langka untuk didapatkan sehingga penangkapannya hanya boleh dilakukan pada bulan-bulan tertentu. Salah satunya adalah saat musim gugur.

5
Paella Valenciana – Spanyol

Paella Valenciana

Hidangan ini mungkin dapat ditemukan sepanjang tahun di Spanyol, tetapi secara momentum sangat identik dengan menu musim gugur. Paella sendiri merupakan hidangan nasi dengan berbagai campuran aneka bahan dari darat seperti ayam, daging kelinci, kacang-kacangan, hingga siput.

Secara tradisional hidangan ini biasanya dimasak menggunakan kayu bakar di atas api terbuka tanpa diaduk-aduk sama sekali saat proses pematangannya.

Demikianlah beberapa makanan khas musim gugur dari berbagai negara. Dari yang sudah disebutkan, makanan manakah yang sangat ingin Sahabat Silir cicipi? (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru