5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah

Thailand bukan saja memikat dengan bangunan bersejarah dan budaya, melainkan juga dengan kulinernya.

Thailand bukan saja memikat dengan bangunan bersejarah dan budaya, melainkan juga dengan kulinernya. Berikut adalah 5 makanan khas Thailand yang rasanya memanjakan lidah.

5 Makanan Khas Thailand

Tom Yum Goong

5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah 1

Tom Yum sendiri bentuknya berupa sup yang rasanya gurih berpadu dengan rasa asam dan pedas, karena dibuat dengan menggunakan racikan bumbu rempah-rempah, seperti lengkuas, merica, bawang putih, serai, daun ketumbar, cabai rawit, asam, air jeruk, gula dan garam.

BACA JUGA: 5 Kuliner Ini Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Pattaya

Terdapat berbagai jenis Tom Yum yang bisa dipilih, seperti Tom Yum Gai yang menggunakan daging ayam, Tom Yum Pla yang memakai ikan, serta yang lain. Namun saat berada di Thailand, cobalah untuk mencicipi Tom Yum Goong atau Tom Yum yang menggunakan bahan udang, karena rasanya benar-benar luar biasa.

Som Tam

5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah 2

Masuk dalam jajaran 50 Makanan Paling Lezat di Dunia versi CNN Go sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan Sahabat Silir tentang cita rasa dari Som Tam. Selain lezat, makanan ini juga kaya akan serat dan bergizi tinggi.

Som Tam menggunakan bahan dasar pepaya muda yang dibuat dalam bentuk salad dengan menggunakan bumbu yang terdiri atas tomat, bawang putih, saus ikan, cabai dan jeruk nipis. Sehingga rasa yang dihadirkan berupa perpaduan antara rasa manis, asin, gurih dan pedas.

Khao Tom

5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah 3

Makanan ini mirip bubur ayam di Indonesia. Namun, Khao Tom tidak hanya menggunakan daging ayam. Di Thailand bubur Khao Tom ada yang menggunakan daging babi yang dinamakan Khao Tom Moo.

Sementara yang memakai udang segar yang dinamakan Khao Tom Goong dan ada Khao Tom Pla yang memakai campuran ikan laut.

Kha Niew Ma Muang

5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah 4

Dessert khas Negeri Gajah Putih ini mungkin akan terasa aneh jika Sahabat Silir belum pernah mencobanya. Namun, begitu menyentuh di lidah, dijamin bakal ketagihan karena rasanya yang unik.

BACA JUGA: Menjajal Sensasi Berbelanja sekaligus Wisata Kuliner di 4 Floating Market Thailand

Kha Niew Ma Muang yang disebut juga Mango Sticky Rice dibuat dari ketan yang ditanak hingga lembut dan dihidangkan bersama buah mangga yang rasanya manis kemasam-masaman serta santan gurih yang dituang di atasnya.

Jajanan ini dapat ditemui dengan mudah di pinggir-pinggir jalan di Thailand sekitar bulan Maret – Mei atau pada saat musim mangga. Harganya berkisar 100 baht atau Rp.40.000 jika kurs 1 baht = Rp.400.

Khao Pad Poo

5 Makanan Khas Thailand yang Rasanya Memanjakan Lidah 5

Nasi goreng ala Thailand ini banyak dijumpai di warung-warung yang ada di Thailand. Namun rasa dan aromanya dipastikan akan berbeda dengan nasi goreng yang ada di Indonesia, karena saat menanak nasi prosesnya berbeda.

Cara menanak nasi dilakukan dengan cara mencampur beras dengan bunga melati, air perasan jeruk serta saos ikan. Sehingga saat digoreng, Khao Pad Poo akan menebarkan aroma bunga melati dengan rasa gurih yang menggigit. Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan lauk telur dan kepiting.

Dengan membaca deskripsi dari 5 Makanan Khas Thailand sebagaimana tersebut di atas, Sahabat Silir pasti tidak sabar untuk dapat segera mencicipinya. (A)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Mau Piknik ke Raja Ampat dengan Hemat? Ini Tipsnya!

Kemolekan Raja Ampat memang tak diragukan lagi. Begitu indahnya gugusan pulau-pulau yang ada di Papua Barat itu sampai-sampai ‘menggoda’ setiap traveler untuk...

Awas! Ini Bahaya di Balik Tag Location Instagram

Membubuhkan tag location pada unggahan di Instagram sekilas terdengar hal yang biasa. Saat berkunjung ke tempat wisata tertentu misalnya, hal ini pun...

Pakai Toilet di Taman Sari Yogyakarta Bisa Bayar Lewat Aplikasi

Toilet merupakan fasilitas vital yang harus selalu tersedia, terutama di kawasan wisata. Namun begitu, jenis toilet berstandar internasional terbilang masih sulit untuk ditemukan di sejumlah...

Musisi Will.i.am Mengaku Hampir Dipolisikan oleh Pramugari Qantas Airlines

Musisi Will.i.am mengaku telah mendapatkan perlakukan tak menyenangkan saat melakukan penerbangan dari Brisbane ke Sidney menggunakan maskapai Qantas Airlines.

Desa Tradisional ‘Korean Folk Village’, Cocok untuk Wisata Keluarga

Mengenalkan budaya tradisional Korea melalui pertunjukan seni, kelas budaya, pengalaman hidup tradisional dan lain sebagainya, membuat tempat wisata Korean Folk Village ini...

Terbaru

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya, ke mana saja destinasi yang ingin ditujun?

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi fokus penggeberan di sektor tersebut adalah bandara.

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini mengingat virus tersebut bersangkar di Wuhan, China yang merupakan...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam beberapa waktu belakangan. Munculnya virus yang bersumber dari hewan...

Jangan Tertukar! Inilah Perbedaan Tower Bridge London dan London Bridge

Inggris masih menjadi primadona wisata ke luar negeri banyak banyak wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Banyaknya destinasi wisata yang menarik menjadi alasan...

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar dan Terbaik di Taiwan

Apakah Sahabat Silir tengah merencanakan liburan ke Taiwan dalam waktu dekat?! Jika iya,...

Gede! Inilah Deretan Bandara Terbesar di Indonesia

Indonesia dalam beberapa tahun belakang terus melakukan pembenahan infrastruktur. Salah satu yang menjadi...

Virus Corona Semakin Massif di Korea Selatan, 156 Kasus Telah Ditemukan

Virus Corona masih menjadi perbincangan panas, utamanya di kawasan Asia Timur. Hal ini...

Cerita Batik Air yang Ditugaskan Menjemput WNI di Wuhan

Virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China telah menjadi topik panas dalam...
Translate »
WhatsApp Chat via WhatsApp