5 Maskapai Penerbangan Termurah di Dunia, Ada Yang Dari Indonesia

1 dari 5 maskapai penerbangan termurah di dunia, justru ada di Indonesia!

Apa yang Sahabat Silir pikirkan tentang pesawat? Ya, moda transportasi yang satu ini adalah pilihan tepat untuk menjangkau jarak jauh dalam waktu yang singkat. Sayangnya, eefektivitas dan efisiensi waktu tersebut harus ditebus dengan harga tiket pesawat yang mahal dibandingkan dengan tiket moda transportasi lain.

Namun, tahukan Sahabat Silir jika sebenarnya di dunia ini ada beberapa maskapai penerbangan yang menerapkan tarif begitu murah. Menariknya lagi, 1 dari 5 maskapai penerbangan termurah di dunia, justru ada di Indonesia! Kira-kira apa saja nama maskapai tersebut dan berapa biayanya, berikut Sibuk Liburan hadirkan ulasannya.

1
Air Asia X

Mengutip easterneye.eu, Air Asia X menjadi maskapai penerbangan dengan biaya termurah di dunia. Perusahaan yang bersaudara dengan Air Asia ini berkantor di di Terminal LCC Kuala Lumpur International Airport di Sepang, Malaysia.Maskapai asal Negeri Jiran ini menerapkan rata-rata tarif penerbangan hanya USD 0,07 per km atau setara dengan 976 rupiah. Jalur penerbanganyja pun cukup luas, mulai dari kawasan Asia, Autralia hingga Amerika. 

2
Air India Express

Berikutnya adalah maskapai asal India, yaitu Air India Express. Anak perusahaan Air India ini bermarkas di di Kochi. Maskapai asal Negeri Hindustan ini memiliki jam operasional yang sangat tinggi. Setidaknya sekitar 550 penerbangan setiap minggunya. Adapun destinasi utama dari maskapai ini adalah kawasan Asia dan Timur Tengah. Setidaknya ada 29 destinasi di kawasan negara tersebut yang disambangi maskapai ini. Soal harga, Air India Express mematok biaya rata-rata USD 0,08 per km atau sekitar 1.115 rupiah.

3
Indonesia Air Asia

Nah, maskapai ketiga yang termurah di dunia berikutnya datang dari Indonesia. Adalah Indonesia Air Asia maskapai yang bertengger di posisi tersebut. Dikabarkan bahwa untuk mempertimbangkan penerbangan biaya rendah ke Amerika Serikat atau transatlantic, Sahabat  Silir bisa mempertimbangkan terbang dengan WOW Air, Norwegian Air, dan Virgin Atlantic untuk penerbangan berbiaya rendah.

Perusahaan ini berbasis di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Maskapai tersebut juga telah terdaftar dalam kategori 1 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan.

4
Primera Air

Maskapai penerbangan termurah keempat di dunia adalah Primera Air.  Berbeda dengan maskapai-maskapai sebelumnya yang lebih bersifat umum dan komersil, Primera Air adalah jenis maskapai penerbangan rekreasi. Pemilik dari maskapai ini adalah Primewa Travel Group yang merupakan perusahaan asal Islandia.

Mayoritas anggota grup ini merupakan operator tur seperti Nordic Solresor, Bravo Tours, Lomamatkat, Heimsferðir, dan Solia. Sebagai maskapai penerbangan rekreasi, Primera Air menyediakan layanan perjalanan udara sesuai jadwal dan penerbangan untuk tur atau berdasarkan sistem carter/sewa. Adapun kawasan yang dijelajahi maskapai ini meliputi Eropa Utara dengan tujuan ke lebih dari 70 tujuan di Mediterania, Timur Tengah, Asia, Karibia, dan Atlantik.

5
IndiGo Airlines

Terakhir, maskapai termurah kelima di dunia kembali dijumpai di India. Namanya adalah IndiGo yang berbasis di Gurgaon, Haryana, India. Maskapai ini merupakan yang terbesar di Negeri Gangga.

Selain menyandang gelar maskapai termurah kelima di dunia, IndiGo Airlines juga menjadi maskapai penerbangan pribadi termurah se-Asia dan maskapai terbesar ketujuh di Asia. Tujuan penerbangan dari maskapai ini mencapai 50 tempat baik di tingkat domestik maupun internasional. Rata-rata biaya yang dikenakan sekitar USD 0,10 per km atau 1.393 rupiah. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru