5 Menu Sarapan Komplit di Inggris yang Bergizi dan Mengenyangkan

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari menyantap sarapan yang penuh gizi pastinya akan membantu Sahabat Silir menjalani kegiatan dengan lebih bersemangat. Apabila Sahabat Silir berkesempatan untuk berlibur ke Inggris, beberapa sarapan lezat di Negeri Elizabeth berikut bisa Sahabat Silir pilih untuk disantap sebelum menjelajah berbagai lokasi wisata menarik yang ada di sana:

1
Muffin

Makanan yang satu ini terbuat dari adonan tepung yang diberi ragi dan dibentuk bulat. Adonan muffin dimatangkan dengan cara dipanggang hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan.

Selayaknya roti, muffin bisa sajikan secara gurih atau pun manis. Untuk model sajian gurih, muffin bisa disajikan selayaknya roti sandwich yang diisi dengan tomat, selada, sosis, ham, bacon, mustard, atau saus tar tar. Apabila Sahabat Silir lebih menyukai isian yang manis, berbagai jenis selai beri ataupun potongan pisang dengan selai kacang juga bisa dijadikan pilihan.

2
Bangers and Mash

Makanan ini dikenal juga sebagai sausage and mash. Bangers and mash merupakan hidangan tradisional di Inggris Raya dan Irlandia. Hidangan ini tersaji dengan potongan sosis dan potato mashed (kentang tumbuk). Sosis yang dipergunakan umumnya terbuat dari daging domba, babi atau pun sapi.

Rasa bangers and mash semakin lezat karena biasanya ditambahkan dengan siraman onion gravy (sejenis kaldu dari bawang bombay) dan jenis kacang-kacangan seperti polong.

3
Bubble and Squeak

Bubble and squeak merupakan kentang tumbuk yang digoreng dengan banyak campuran yang dimasukan ke dalamnya. Isian yang dicampurkan ke dalamnya diantaranya adalah Brussel (sejenis kubis) atau jenis kubis biasa (kol), potongan bacon dan bawang bombay.

Tak lupa cincangan bawang putih ditambahkan untuk memberi sensasi harum pada masakan ini. Bubble and squeak biasanya digoreng menggunakan lemak angsa/ bebek atau pun butter (mentega). Beberapa orang juga kerap menambahkan telur mata sapi (sunny side up) untuk meramaikan isiannya.

4
Full English Breakfast

Tipikal jenis sarapan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di mata Sahabat Silir. Jenis sarapan yang satu ini sangat populer disantap oleh orang Eropa dan Amerika. Penamaan hidangan ini juga biasanya disesuaikan dengan daerah masing-masing seperti Full English, Full Irish, Full Welsh, Full Cornish dan Ulster Fry.

Variasi sajian yang ditambahkan ke dalamnya pun bisa berbeda-beda pada tiap daerah. Akan tetapi umumnya makanan ini tersaji dengan tomat, telur, bacon, sosis dan jamur. Black pudding (sosis darah) juga kerap ditambahkan di dalamnya. Hidangan ini sangat nikmat disantap bersama secangkir teh atau kopi.

5
Fish and Chips

Fish and chips adalah salah satu makanan khas Inggris yang populer di dunia. Bahkan pada beberapa restoran di Indonesia, Sahabat Silir juga dapat dengan mudah menemukan menu yang satu ini. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari ikan yang digoreng dengan baluran adonan tepung dan kentang goreng.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan yang satu ini saat berada di sana. Terdapat banyak gerai atau tempat makan yang menjual fish and chips di Inggris, sehingga Sahabat Silir dapat dengan mudah membelinya.

Meski sedang berada di negeri orang, ada baiknya Sahabat Silir tetap menyediakan waktu untuk menikmati sarapan bergizi. Beberapa orang bahkan menganggap sarapan memiliki filosofinya tersendiri yang mampu menentukan keberhasilan seseorang hari itu juga.

Apabila Sahabat Silir menghindari jenis daging-dagingan, beberapa menu di atas juga ditawarkan dengan variasi vegetarian seperti full English breakfast, muffin dan bubble and squeak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru