5 Mitos Pada Pesawat Terbang Beserta Kebenaran Faktanya

Sibuk Liburan – Mitos dan takhayul rupanya tidak hanya selalu berkisar dengan tempat angker atau yang kental dengan kesan magis saja. Nyatanya moda transportasi seperti pesawat juga tak luput akan sejumlah hal tersebut. Mungkin Sahabat Silir pernah mendengar tentang mitos-mitos tersebut.

Beberapa diantaranya bahkan menyebabkan keengganan untuk menaiki pesawat bagi beberapa orang. Berikut adalah beberapa mitos yang sering kali menghinggapi di pesawat disertai dengan penjelasan kebenarannya:

1
Pintu yang Bisa dibuka Selama Penerbangan

Penerbangan dengan pesawat memberikan tekanan tinggi di sekitarnya sehingga mustahil terdapat pintu pesawat yang dapat dibuka selama penerbangan. Meski begitu, pintu pesawat memang dapat dibuka pada kondisi tertentu melalui perintah pilot. Namun, hanya kru pesawat atau awak kabin yang boleh membukanya.

2
Bisa Tersedot di Toilet Pesawat

Toilet Pesawat

Sistem toilet pesawat memang dirancang dapat menyedot (vakum) kotoran untuk disalurkan menuju tangki penampung. Tentunya jenis toilet ini dirancang dengan sangat aman bagi seluruh penumpang. Perlu diketahui, seluruh sarana dalam pesawat sudah melalui uji kelayakan oleh tenaga ahli sebelum bisa digunakan oleh khalayak.

3
Gratis Terbang Seumur Hidup Jika Lahir di Pesawat

Naik Pesawat
Naik Pesawat

Bagi beberapa maskapai, kebijakan seperti ini memang benar adanya, tetapi tidak semua maskapai memberlakukannya. Kelahiran bayi adalah suatu kondisi darurat medis yang tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam kabin. Beberapa maskapai bahkan memberi larangan naik bagi wanita yang hamil di atas 8 bulan.

4
Petir Bisa Menjatuhkan Pesawat

Mitos yang satu ini adalah yang paling meresahkan dari semua mitos yang ada. Pasalnya hal ini bersangkutan dengan keselamatan dari para penumpang pesawat. Namun nyatanya mitos ini tidaklah benar mengingat sejak era pesawat Douglas di tahun 60-an, pesawat sudah dirancang mampu menghantarkan listrik.

Sambaran petir yang terjadi hanya akan menimbulkan kekacauan sistem dan efek turbulensi sementara, tetapi tidak sampai berujung pada kecelakaan pesawat.

5
Tidak ada Baris ke-13 di Pesawat

Hal ini memang fakta. Angka 13 masih diyakini sebagian besar orang dari beberapa negara sebagai angka sial. Tak hanya pesawat, pada beberapa bangunan komersil seperti hotel berbintang pun, keberadaan lantai 13 bahkan dihilangkan dalam daftar urutan tombol di lift. Nomor bangku atau lantai biasanya akan langsung lompat dari nomor 12 ke 14.

Masih ada begitu banyak mitos pada pesawat yang sering menghinggapi seperti potensi kecelakaan jika mesin mati hingga tingginya resiko kecelakaan jika menaiki pesawat. Tentunya beberapa hal ini memang dapat mempengaruhi psikologis para penumpang maupun calon penumpang.

Oleh karena itu, ada baiknya Sahabat Silir mencari tahu terlebih dahulu seputar informasi yang berkaitan dengan mitos yang ada di pesawat. Menggunakan transportasi pesawat tentunya memiliki keunggulannya tersendiri dari segi waktu dan kenyamanan jika dibandingkan menggunakan jalur darat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru