5 Mitos Pada Pesawat Terbang Beserta Kebenaran Faktanya

Sibuk Liburan – Mitos dan takhayul rupanya tidak hanya selalu berkisar dengan tempat angker atau yang kental dengan kesan magis saja. Nyatanya moda transportasi seperti pesawat juga tak luput akan sejumlah hal tersebut. Mungkin Sahabat Silir pernah mendengar tentang mitos-mitos tersebut.

Beberapa diantaranya bahkan menyebabkan keengganan untuk menaiki pesawat bagi beberapa orang. Berikut adalah beberapa mitos yang sering kali menghinggapi di pesawat disertai dengan penjelasan kebenarannya:

1
Pintu yang Bisa dibuka Selama Penerbangan

Penerbangan dengan pesawat memberikan tekanan tinggi di sekitarnya sehingga mustahil terdapat pintu pesawat yang dapat dibuka selama penerbangan. Meski begitu, pintu pesawat memang dapat dibuka pada kondisi tertentu melalui perintah pilot. Namun, hanya kru pesawat atau awak kabin yang boleh membukanya.

2
Bisa Tersedot di Toilet Pesawat

Toilet Pesawat

Sistem toilet pesawat memang dirancang dapat menyedot (vakum) kotoran untuk disalurkan menuju tangki penampung. Tentunya jenis toilet ini dirancang dengan sangat aman bagi seluruh penumpang. Perlu diketahui, seluruh sarana dalam pesawat sudah melalui uji kelayakan oleh tenaga ahli sebelum bisa digunakan oleh khalayak.

3
Gratis Terbang Seumur Hidup Jika Lahir di Pesawat

Naik Pesawat
Naik Pesawat

Bagi beberapa maskapai, kebijakan seperti ini memang benar adanya, tetapi tidak semua maskapai memberlakukannya. Kelahiran bayi adalah suatu kondisi darurat medis yang tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam kabin. Beberapa maskapai bahkan memberi larangan naik bagi wanita yang hamil di atas 8 bulan.

4
Petir Bisa Menjatuhkan Pesawat

Mitos yang satu ini adalah yang paling meresahkan dari semua mitos yang ada. Pasalnya hal ini bersangkutan dengan keselamatan dari para penumpang pesawat. Namun nyatanya mitos ini tidaklah benar mengingat sejak era pesawat Douglas di tahun 60-an, pesawat sudah dirancang mampu menghantarkan listrik.

Sambaran petir yang terjadi hanya akan menimbulkan kekacauan sistem dan efek turbulensi sementara, tetapi tidak sampai berujung pada kecelakaan pesawat.

5
Tidak ada Baris ke-13 di Pesawat

Hal ini memang fakta. Angka 13 masih diyakini sebagian besar orang dari beberapa negara sebagai angka sial. Tak hanya pesawat, pada beberapa bangunan komersil seperti hotel berbintang pun, keberadaan lantai 13 bahkan dihilangkan dalam daftar urutan tombol di lift. Nomor bangku atau lantai biasanya akan langsung lompat dari nomor 12 ke 14.

Masih ada begitu banyak mitos pada pesawat yang sering menghinggapi seperti potensi kecelakaan jika mesin mati hingga tingginya resiko kecelakaan jika menaiki pesawat. Tentunya beberapa hal ini memang dapat mempengaruhi psikologis para penumpang maupun calon penumpang.

Oleh karena itu, ada baiknya Sahabat Silir mencari tahu terlebih dahulu seputar informasi yang berkaitan dengan mitos yang ada di pesawat. Menggunakan transportasi pesawat tentunya memiliki keunggulannya tersendiri dari segi waktu dan kenyamanan jika dibandingkan menggunakan jalur darat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Wisata Rohani, Ini Rekomendasi Hotel Terbaik di Holy Land

Wisata rohani menjadi pilihan populer untuk menenangkan pikiran dan mendekatkan diri pada Sang Khalik. Nah, apa yang ada di benak Sahabat Silir saat mendengar tentang wisata...

5 Destinasi di Jakarta yang Menarik Untuk Dikunjungi Jelang Imlek

Sejak diresmikan sebagai libur Nasional 2003 lalu, kini perayaan Imlek tak lagi hanya menjadi momen yang ditunggu bagi keturunan Tionghoa saja, tetapi...

Event Tahunan Parade Anjing Dachshund Kembali Diadakan di Hyde Park

Dalam rangka menyambut Natal, komunitas pecinta anjing dachshund kembali mengadakan event tahunan parade anjing dachshund berjalan yang diselenggarakan di Hyde Park, London, Inggris. Pada tahun...

5 Tips Antisipasi untuk Keamanan Bertransaksi di Luar Negeri

Jalan-jalan ke luar negeri memang memiliki banyak kelebihannya tersendiri. Sahabat Silir bisa memperkaya pengetahuan tentang budaya di negeri orang, hingga merasakan pengalaman yang menakjubkan.

Pilihan Destinasi Wisata di Thailand, Malaysia dan Singapura Saat Libur Lebaran

Sibuk Liburan - Lebaran tahun 2019 ini, apa rencana Sahabat Silir? Apakah ingin mudik ke kampung halaman atau malah ingin bersama-sama keluarga...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!