5 Museum Populer di Indonesia, Kamu Wajib Datang!

Bertindak sebagai ‘gedung memorioal’, museum menjadi pilihan yang asyik untuk berlibur sekaligus menambah wawasan.

Dalam rangka membuncahkan nasionalisme dan memperkenalkan tentang sejarah, beragam kekayaan negeri ini baik yang berupa budaya maupun non budaya, banyak museum didirikan.

Bertindak sebagai ‘gedung memorioal’, museum menjadi pilihan yang asyik untuk berlibur sekaligus menambah wawasan.

5 Museum Populer di Indonesia

Berikut Sibuk Liburan telah merangkum 5 museum populer di Indonesia, Sahabat Silir wajib datang ya!

1
Museum Ullen Sentalu

Museum yang terletak di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta ini menjadi pilihan tepat bagi Sahabat Silir yang menyukai wisata sejarah, alam, seni sekaligus berselfie ria. Di dalam museum ini terdapat koleksi Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta.

BACA JUGA: Museum Louvre Lokasi Objek Wisata yang Medunia

Arsitektur bangunannya pun dirancang unik. Beberapa titik bahkan cocok sekali untuk dijadikan tempat berfoto—meski demikian terdapat spot-spot yang tak diperkenankan diambil gambarnya.

2
Museum Angkut

Tak kalah dengan di Museum Ullen Sentalu, Museum Angkut di Batu, Malang juga menyuguhkan suasana alam yang sejuk. Hanya saja koleksi di dalamnya berbeda. Seperti namanya, museum ini menyuguhkan beragam koleksi alat-alat angkut alias alat transportasi sejak dulu hingg kini.

Tempat ini sangat cocok bagi Sahabat Silir yang menyukai dunia otomotif. Namun, jika otomofif bukan ‘dunia’ Sahabat Silir, tak perlu khawatir! Pasalnya, di tempat ini Sahabat Silir dijamin tak akan bosan dengan suguhan koleksinya yang antik-antik. Apalagi di tempat ini juga kaya akan spot foto menarik.

3
Agung Rai Museum Of Art (ARMA)

Museum tersebut dikenal pula sebagai Museum Kesenian Agung Rai.  Museum yang terletak di Jalan Raya Pengosekan Ubud ini menawarkan pemandangan persawahan yang begitu indah.

Sementara koleksi museum ini sendiri berupa lukisan dari para pelukis asal Indonesia maupun mancanegara. Di meseum ini, Sahabat Silir juga bisa belajar menari. Ciamiknya lagi, museum ini memiliki kelas membuat janur hingga melukis batik. Wah, sembari berlibur sekaligus bisa belajar banyak ya!

4
Museum Neka Art

Lagi, di Ubud, Bali juga terdapat Museum Neka Art. Museum ini memiliki arsitektur Bali yang begitu khas. Dibuka sejak 1982 silam, museum ini menjadi salah satu musem yang memamerkan lukisan buatan Affandi. Ada pula lukisan Penari karya pelukis Bagong Kussudiardja juga dipamerkan di museum tersebut.

5
Museum Danar Hadi

Satu lagi museum yang cukup populer di negeri ini adalah Museum Danar Hadi. Namanya memang taka sing, terlebih jika Sahabat Silir adalah pecinta batik. Ya, museum ini memang menyuguhkan sejarah perjalanan batik.

Di tempat ini, Sahabat Silir bisa mengenal berbagai batik yang koleksinya terpajang. Selain itu, Sahabat Silir pun bisa belajar membuat batik bahkan diberikan kesempatan untuk melihat proses pembuatan batik dari awal sampai akhir. Menarik sekali bukan?!

Jadi, museum mana yang ingin Sahabat Silir kunjungi? (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru