5 Negara di Asia dengan Kuliner Pedas yang Wajib Dikunjungi

Kuliner pedas tak hanya dijumpai di Indonesia, terdapat beberapa negara yang juga memiliki kuliner pedas dari yang biasa hingga yang pedasnya nampol! Negara mana saja ya?

Kuliner pedas tak hanya dijumpai di Indonesia, terdapat beberapa negara yang juga memiliki kuliner pedas dari yang biasa hingga yang pedasnya nampol! Negara mana saja ya?

Nah, bagi Sahabat Silir yang menyukai makanan pedas dan wisata kuliner, berikut daftar 5 negara di Asia dengan kuliner pedas yang wajib dikunjungi.

5 Negara di Asia dengan Kuliner Pedas

1
Thailand

Kita awali pembahasan dari kawasan Asia Tenggara. Adalah Thailand salah satu negara di jazirah Asia yang cukup kaya kuliner pedas. Menu pedas tersut salah satunya adalah phat phrik khing (olahan kari dari cabai rawit, galang, rempah-rempah dan jahe).

Ada lagi, yaitu gaeng som yang merupakan kari berkuah oranye. Makanan ini terbuat dari terasi udang, cabe rawit, asam, dan daging ikan. Bagaiman sudah terbayang gurih dan pedasnya?!

2
Malaysia

Bergeser ke Negeri Jiran, kuliner pedas yang terkenal adalah Kari Debal. Acap kali disebut Devil’s Curry, makanan ini memang pedasnya ‘keterlaluan’. Hal ini tak terlepas dari  komposisinya yang terbuat dari tak sedikit cabai.

Dibuat dengan bumbu 30 bawang merah, kuliner asal Malaka ini menggunakan 50 cabai kering. Huhhhh..hahhhh, pedas!!!!!! Saking pedasnya, Sahabat Silir harus minum air dan susu untuk menawarkan rasa pedas yang ‘kebangetan’ itu.

Tak kalah ‘gila’ pedasnya, adalah otak-otak yang merupakan campuran masakan China dan India. Makanan ini dibuat dari cabe kering yang dipadukan dengan ikan cincang, lalu dikukus dalam daun pisang. Hmmm.. rasa pedas berpadu dengan aroma daun pisang yang dikukus sungguh membuah nafsu makan begitu membuncah!

3
India

kuliner pedas

Dari Asia Tenggara, kita terbang ke Asia Selatan. Jelajah rasa makanan pedas bisa Sahabat Silir lakukan di India. Diantara negara-negara di Asia bahkan di dunia, Negeri  Hindustan adalah jawaranya makanan pedas. Salah satu makanan pedas tersebut adalah chicken 65. Embel-embel angka 65 tersebut merujuk pada jumlah 65 cabai yang digunakan dalam olahan ayam tersebut. Duh… sudah terbayang bukan pedasnya sangat ‘gila’!

Ada pula Ragan Josh—semacam gulai di Indonesia, yang dibuat dari daging ayam atau domba dan dimasak dengan paprika, yoghurt, dan cabai kashmir yang sangat pedas. Pedasnya sungguh bikin bibir tak berhenti berdesis hingga pipi semacam rasa kesemutan! Namun, pecinta makanan pedas dijamin sangat puas!

4
Korea

Selanjutnya, di Asia Timur ada Korea Selatan yang ternyata juga kaya akan kuliner pedas. Sahabat Silir yang ‘penggila pedas’ bisa mencoba Buldak yang  terbuat dari olahan daging ayam yang dicampur dengan racikan saus sambal khas Korea.

Dijamin Sahabat Silir bakal berteriak kepedasan sembari merem melek merasakan kenikmatannya!

5
China

Negeri di Asia Timur lain yang kaya kuliner pedas adalah China. Saus Mala adalah saus pedas yang sangat khas sebagai bumbu dalam hidangan Szechuan. Saus tersebut sengaja diciptakan untuk menutupi bau dan rasa bahan daging yang murah seperti perut sapi, ginjal dan darah yang dipadatkan.

Awalnya, makanan ini dikonsumsi oleh pekerja dermaga yang miskin. Namun, pamor makanan tersebut kini telah naik dan dikonsumsi semual lapisan masyarakat.

Ada lagi makanan pedas di Negeri Tirai Bambu, namanya adalah mapo tofu, yaitu tahu dengan saus merah super pedas yang melimpah. Lalu, kou shui ji atau ayam yang dimasak dengan minyak wijen dan cabai, dan gan guo yang dibuat dari tahu dan ayam yang ditumis dengan c abai dan bawang. Huhhhh… pedasnya pol!!!!

Nah, demikian 5 negara di Asia dengan kuliner pedasnya yang dijamin membuat merem melek!  Sahabat Silir pecinta makanan pedaswajib datang dan rasakan sensasi pedas yang bikin keringat bercucuran, air mata berderai dan bibir bergetar! (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru