5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar

Selain asyik, bertandang ke titik-titik bersejarah juga bisa memperluas cakrawala Sahabar Silir, sekaligus membuatmu semakin pintar.

Salah jika mengira jalan-jalan ke objek wisata sejarah Indonesia itu menjemukan. Selain asyik, bertandang ke titik-titik bersejarah juga bisa memperluas cakrawala Sahabar Silir, sekaligus membuatmu semakin pintar.

Nah, agar Sahabat Silir tidak penasaran objek wisata sejarah Indonesia mana saja yang patut kamu kunjungi, Sibuk Liburan punya beberapa rekomensasi. Berikut 5 objek wisata sejarah Indonesia terpopuler yang bakal membuatmu semakin pintar.

1
Kota Tua, Jakarta

5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar 6

Baik masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta pasti sudah kenal dengan lokasi wisata yang satu ini. Hampir setiap akhir pekan, pelataran alun-alun Kota Tua tak pernah sepi dari kunjungan wisata.

Di balik wajah bangunan-bangunan tua yang sudah mulai keropos di Kota Tua, ada banyak sekali pengetahuan sejarah yang dapat Sahabat Silir temukan. Di sini kamu akan menemukan Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Falahillah, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bahari. Seluruhnya dapat mengajarkanmu kekayaan seni dan budaya, beserta sejarah perjuangan bangsa Indonesia dari masa ke masa.

2
Lawang Sewu, Semarang

5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar 7

Di kalangan anak-anak muda, Lawang Sewu sangat terkenal akan cerita horornya. Bangunan yang memiliki banyak sekali pintu dan jendela ini memang terlihat sakral di kala malam tiba. Namun di balik itu, Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata sejarah Indonesia terpopuler.

Gedung bersejarah di Kota Semarang ini tak sekedar menjadi hiasan kemegahan arsitektur Belanda dari masa lalu, tetapi juga menyimpan pengetahuan seputar sejarah kereta api Nusantara. Terletak di Bundaran Tugu Muda, Lawang Sewu siap menyapa Sahabat Silir yang tertarik akan asal muasal jalur kereta api di Pulau Jawa.

3
Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar 8

Seperti halnya Lawang Sewu di Semarang, Museum Benteng Vredeburg dikenal sebagai ikon wisata sejarah di Yogyakarta. Lokasinya yang sangat strategis di perempatan titik nol membuat Sahabat Silir tak akan melewatkan bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang satu ini.

Pada mulanya, pembangunan benteng ini diperuntukan mengintimidasi Keraton Yogyakarta. Fungsinya kemudian berulangkali beralih hingga berubah menjadi museum perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 1992. Setiap ruangan berisikan diorama beserta pameran bersejarah yang dijamin akan memperkaya pengetahuan sejarahmu.

4
Istana Maimun, Medan

5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar 9

Istana Maimun dikenal luas sebagai ikon pariwisata Kota Medan. Tak hanya itu saja, istana yang disebut-sebut paling indah se-Indonesia ini juga merupakan jejak sejarah kebesaran Kesultanan Deli.

Ketika bertandang ke Istana Maimun, Sahabat Silir tak akan cukup hanya mengaggumi keindahan istana yang memadukan gaya Melayu, Timur Tengah dan Eropa tersebut. Di sini juga banyak sekali benda-benda pusaka peninggalan Kesultanan Deli yang mengaggumkan dan menarik untuk disimak.

5
Benteng Rotterdam, Makassar

5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar 10

Benteng Rotterdam pada mulanya dikenal dengan julukan Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang). Setelah jatuh ke tangan Belanda, namanya pun diganti menjadi Fort Rotterdam. Meskipun demikian, nilai-nilai filosofis Kerajaan Gowa-Tallo tidak dapat dihilangkan begitu saja.

Apabila dilihat dari atas, Benteng Rotterdam memiliki bentuk mirip seperti penyu tak tengah merangkak ke turun ke laut. Di dalam bangunan berformasi unik ini terdapat museum La Galigo yang menyimpan koleksi benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo.

Tak hanya menarik dijelajahi, Benteng Rotterdam juga amat fotogenic diabadikan bersama senja yang menguning di ujung Selat Makassar.

Itu tadi 5 objek wisata sejarah Indonesia terpopuler yang patut kamu kunjungi. Jalan-jalan ke objek wisata bersejarah memang paling asyik beramai-ramai. Jadi, jangan ragu untuk mengajak teman-teman, keluarga, dan pasangan untuk napak tilas ke masa lalu. Siapa tahu, Sahabat Silir akan menemukan kisah sejarah yang menarik untuk dikulik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Malam Tahun Baru, Jembatan Ampera Palembang Bakal Ditutup 2 Jam

Sahabat Silir berencana menghabiskan liburan akhir tahun ini di Palembang? Kabar satu ini tampaknya penting. Pasalnya, pada malam pegantian tahun baru 2019, Jembatan...

Perubahan Rute Kereta Api Jarak Jauh per 1 Desember 2019

Mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) Tahun 2019 PT KAI Persero, sejumlah jadwal keberangkatan hingga...

5 Tempat di Danau Toba yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Sibuk Liburan - Saat mendengar Danau Toba, mungkin yang banyak terbayang di benak orang Indonesia adalah cerita rakyat tentang ikan nila yang menjadi asal...

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Semi di Jepang

Musim semi di Jepang adalah waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam yang di sana. Berbagai jenis bunga terutama sakura tumbuh memadati...

Melongok Keindahan Taman Oishi, Surga Wisata Jepang

Jepang identik dengan Gunung Fuji yang selalu menjadi magnet para wisatawan. Nah, di salah satu danau di dekat gunung tersebut (Danau Kawaguchi) ada taman...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp