5 Objek Wisata Sejarah Indonesia Terpopuler ini Bakal Membuatmu Semakin Pintar

Selain asyik, bertandang ke titik-titik bersejarah juga bisa memperluas cakrawala Sahabar Silir, sekaligus membuatmu semakin pintar.

Salah jika mengira jalan-jalan ke objek wisata sejarah Indonesia itu menjemukan. Selain asyik, bertandang ke titik-titik bersejarah juga bisa memperluas cakrawala Sahabar Silir, sekaligus membuatmu semakin pintar.

Nah, agar Sahabat Silir tidak penasaran objek wisata sejarah Indonesia mana saja yang patut kamu kunjungi, Sibuk Liburan punya beberapa rekomensasi. Berikut 5 objek wisata sejarah Indonesia terpopuler yang bakal membuatmu semakin pintar.

1
Kota Tua, Jakarta

Baik masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta pasti sudah kenal dengan lokasi wisata yang satu ini. Hampir setiap akhir pekan, pelataran alun-alun Kota Tua tak pernah sepi dari kunjungan wisata.

Di balik wajah bangunan-bangunan tua yang sudah mulai keropos di Kota Tua, ada banyak sekali pengetahuan sejarah yang dapat Sahabat Silir temukan. Di sini kamu akan menemukan Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Falahillah, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bahari. Seluruhnya dapat mengajarkanmu kekayaan seni dan budaya, beserta sejarah perjuangan bangsa Indonesia dari masa ke masa.

2
Lawang Sewu, Semarang

Di kalangan anak-anak muda, Lawang Sewu sangat terkenal akan cerita horornya. Bangunan yang memiliki banyak sekali pintu dan jendela ini memang terlihat sakral di kala malam tiba. Namun di balik itu, Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata sejarah Indonesia terpopuler.

Gedung bersejarah di Kota Semarang ini tak sekedar menjadi hiasan kemegahan arsitektur Belanda dari masa lalu, tetapi juga menyimpan pengetahuan seputar sejarah kereta api Nusantara. Terletak di Bundaran Tugu Muda, Lawang Sewu siap menyapa Sahabat Silir yang tertarik akan asal muasal jalur kereta api di Pulau Jawa.

3
Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Seperti halnya Lawang Sewu di Semarang, Museum Benteng Vredeburg dikenal sebagai ikon wisata sejarah di Yogyakarta. Lokasinya yang sangat strategis di perempatan titik nol membuat Sahabat Silir tak akan melewatkan bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang satu ini.

Pada mulanya, pembangunan benteng ini diperuntukan mengintimidasi Keraton Yogyakarta. Fungsinya kemudian berulangkali beralih hingga berubah menjadi museum perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 1992. Setiap ruangan berisikan diorama beserta pameran bersejarah yang dijamin akan memperkaya pengetahuan sejarahmu.

4
Istana Maimun, Medan

Istana Maimun dikenal luas sebagai ikon pariwisata Kota Medan. Tak hanya itu saja, istana yang disebut-sebut paling indah se-Indonesia ini juga merupakan jejak sejarah kebesaran Kesultanan Deli.

Ketika bertandang ke Istana Maimun, Sahabat Silir tak akan cukup hanya mengaggumi keindahan istana yang memadukan gaya Melayu, Timur Tengah dan Eropa tersebut. Di sini juga banyak sekali benda-benda pusaka peninggalan Kesultanan Deli yang mengaggumkan dan menarik untuk disimak.

5
Benteng Rotterdam, Makassar

Benteng Rotterdam pada mulanya dikenal dengan julukan Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang). Setelah jatuh ke tangan Belanda, namanya pun diganti menjadi Fort Rotterdam. Meskipun demikian, nilai-nilai filosofis Kerajaan Gowa-Tallo tidak dapat dihilangkan begitu saja.

Apabila dilihat dari atas, Benteng Rotterdam memiliki bentuk mirip seperti penyu tak tengah merangkak ke turun ke laut. Di dalam bangunan berformasi unik ini terdapat museum La Galigo yang menyimpan koleksi benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo.

Tak hanya menarik dijelajahi, Benteng Rotterdam juga amat fotogenic diabadikan bersama senja yang menguning di ujung Selat Makassar.

Itu tadi 5 objek wisata sejarah Indonesia terpopuler yang patut kamu kunjungi. Jalan-jalan ke objek wisata bersejarah memang paling asyik beramai-ramai. Jadi, jangan ragu untuk mengajak teman-teman, keluarga, dan pasangan untuk napak tilas ke masa lalu. Siapa tahu, Sahabat Silir akan menemukan kisah sejarah yang menarik untuk dikulik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

10 Pantai Cantik dengan Pesona Surgawi di Kepulauan Karibia

Kepulauan Karibia - Berbicara soal pantai cantik, nama Kepulauan Karibia merupakan salah satu daftar destinasi yang tak bisa dilewatkan. Dipadu dengan pemandangan...

Garuda Indonesia Group Resmi Turunkan Tarif Tiket Sejumlah Maskapainya

Pada 14 Februari 2019 lalu, Garuda Indonesia Group secara resmi mengumumkan penurunan tarif tiket sebesar 20% pada sejumlah maskapai yang dibawahinya. Penurunan tarif tiket ini...

Bear, Anjing yang Bantu Selamatkan Koala dari Kebakaran di Australia

Kebakaran hebat di Australia terjadi dalam sepekan belakangan dan menghanguskan jutaan hektar lahan. Tak hanya itu, koala pun turut menjadi korban. Untuk menyelamatkan hewan...

5 Tips Belanja dari Luar Negeri Agar Bebas Bea Cukai

Jalan-jalan ke luar negeri tentunya Sahabat Silir tidak dapat melewatkan kegiatan berbelanja atau berburu oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di tanah air. Godaan berbelanja...

Pesona Khazanah Ramadhan 2019, Event Khas Ramadhan di NTB

Sibuk Liburan - Memasuki bulan Ramadhan, banyak daerah menyelenggarakan acara yang bernuansa Khazanah Ramadhan. Selain menjadi rutinitas tahunan untuk menyemarakan bulan puasa,...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!