5 Tempat Belajar Sambil Bermain untuk Anak-anak di Bandung

Kota Kembang Bandung menawarkan sejumlah tempat yang mampu memberikan pengalaman tersebut kepada putra putri Sahabat Silir.

Belajar sambil bermain pastinya adalah hal yang ingin bisa diterapkan para orang tua kepada buah hati mereka. Terlebih jika anak-anak melakukannya senang hati, sehingga tak menyadari bahwa mereka sedang belajar.

Kota Kembang Bandung menawarkan sejumlah tempat yang mampu memberikan pengalaman tersebut kepada putra putri Sahabat Silir.

bandung

5 Tempat belajar anak di Bandung

Berikut adalah lima tempat di Bandung yang cocok untuk meningkatkan wawasan dan edukasi liburan anak:

1
Gang Sereh

Seiring dengan perkembangan zaman, hiburan anak-anak mulai tergantikan dengan gadget. Namun begitu, Gang Sereh yang terletak di Jalan Astana Anyar, Bandung akan mengajak anak-anak untuk menyadari betapa serunya merakit layang-layang sendiri.

Tempat workshop ini didirikan oleh seorang veteran ahli layangan bernama Lie Fie Kiat atau yang akrab dipanggil A Kiat. Selain membuat layangan, pada sore harinya anak-anak bisa belajar menerbangkan layangan yang mereka buat di tempat ini.

2
Maya Hirai School of Origami

Siapa sangka sebuah kertas persegi bisa dibentuk menjadi aneka objek menarik yang bahkan bisa menyerupai makhluk hidup seperti burung. Di tempat yang juga dikenal sebagai Sanggar Origami Indonesia (SOI) ini, para pengunjung terutama anak-anak akan diajak belajar membuat origami–seni lipat kertas asal Jepang.

Meskipun berasal dari Jepang, nyatanya sanggar ini didirikan oleh orang asli Indonesia bernama Fajar Ismayanti yang kemudian dikenal sebagai Maya Hirai. Meski tampak sederhana, kegiatan melipat origami mampu meningkatkan kemampuan berpikir serta mengasah kreatifitas anak.

3
Bandung Science Center (BSC)

Rekreasi sambil belajar rupanya juga bisa dilakukan melalui tempat yang satu ini di Bandung. BSC masih berada dalam satu wilayah yang sama dengan Karang Setra, yaitu kolam renang terkenal di Kota Kembang tersebut.

BACA JUGA: 4 Tempat Asyik di Bandung untuk Piknik Keluarga

Menariknya, bangunan yang mampu menampung hingga 400 orang ini dahulunya merupakan tempat favorit Presiden Soekarno untuk belajar dansa. Keaslian bentuk bangunannya sejak jaman Soekarno bahkan masih tetap terjaga hingga sekarang.

Melalui BSC, pengunjung dari segala usia bisa menikmati ragam peragaan ilmu pengetahuan yang ditampilkan di dalamnya. Tak hanya itu, Sahabat Silir bahkan diperkenankan untuk melakukan perakitan dan eksperimen layaknya seorang ilmuwan.

4
SPICE Camp

Ingin merasakan sensasi berkemah bersama keluarga di alam terbuka? Maka SPICE (Spirit Camp Educity) Camp di Kota Baru, Padalarang, Bandung menawarkan jenis wisata tersebut. Di dalamnya, Sahabat Silir bisa melakukan berbagai kegiatan outbound yang seru, eksperimen sains hingga kegiatan memasak untuk ibu dan anak-anak perempuan.

Apabila Sahabat Silir tidak bisa menghabiskan malam di tempat ini, keseruan di dalamnya tetap bisa dijajal dengan program pengunjung harian. Melalui SPICE Camp putra putri Sahabat Silir akan diajak beradu ketangkasan, meningkatkan kekompakan, hingga merasakan serunya bercengkerama dengan alam.

5
Jendela Alam

Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan bisa ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anak semenjak dini. Hal itulah yang akan diajarkan oleh tempat wisata Jendela Alam yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri, Ledeng, Bandung ini.

Dengan dikepung pemandangan alam yang sejuk dan segar, anak-anak bisa mengikuti ragam aktivitas yang dapat membantu mengarahkan cita-cita serta merangsang bakat mereka, seperti belajar berternak, berkebun, bermain, workshop seni rupa, hingga outbound. Selain melakukan kegiatan yang bermanfaat, tempat ini juga memiliki spot-spot cantik yang bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Demikianlah beberapa tempat eduwisata di Bandung yang bisa membuat acara jalan-jalan tak hanya sekedar menjadi bersenang-senang semata, tetapi juga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Eduwisata disebut-sebut mampu membantu meningkatkan semangat belajar anak. (AS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mungkin kamu juga suka

Terbaru