5 Tempat Wisata Lombok Terbaik untuk Keluarga dan Anak

Berselimut pemandangan alam yang memukau, pantai-pantai indah dan pulau-pulau yang eksotis, membuat Lombok sukses memikat wisatawan mancanegara.

Berselimut pemandangan alam yang memukau, pantai-pantai indah dan pulau-pulau yang eksotis, membuat Lombok sukses memikat wisatawan mancanegara.

Sayang, banyaknya turis asing itulah yang membuat Sahabat Silir tidak bisa dengan serta merta mendatangi objek-objek wisata yang ada di Lombok saat berkunjung bersama keluarga, terlebih dengan membawa anak-anak. Karena sebagaimana diketahui, cara mereka berpakaian terkadang tidak patut dilihat oleh anak-anak.

Nah, jika Sahabat Silir masih bingung dalam menyusun itinerary ke Lombok bersama keluarga, berikut 5 tempat wisata terbaik di Lombok yang dapat dikunjungi bersama keluarga dan anak.

1
Taman Narmada

5 Tempat Wisata Lombok Terbaik untuk Keluarga dan Anak 3

Tempat pemujaan umat beragama Hindu yang dibangun pada tahun 1727 ini telah difungsikan sebagai tempat rekreasi sejak jaman penjajahan Belanda. Namun demikian cagar budaya ini hingga kini masih difungsikan sebagai tempat peribadatan, sehingga pengunjung yang memasuki lokasi wajib mengikuti aturan yang berlaku.

Beberapa aturan tersebut diantaranya: bagi perempuan yang sedang haid tidak diperkenankan memasuki lokasi yang disucikan dan semua pengunjung wajib mengenakan selendang kuning yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

BACA JUGA: Festival Pesona Bau Nyale 2019, Pemberhentian Wajib Bagi Para Traveler di Lombok

Taman Narmada yang berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, menurut kisah merupakan replika Gunung Rinjani yang menjadi tempat pemujaan sekaligus peristirahatan Raja Anak Agung Ngurah Ngurah Karangasem. Saat usianya sudah tua dan tidak kuat lagi berdoa di atas puncak Gunung Rinjani, dibuatlah Taman Narmada sebagai penggantinya.

2
Desa Sade

Desa Wisata ini sebenarnya merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Sade menarik untuk dikunjungi, karena menjadi tempat tinggal Suku Sasak yang hingga kini masih mempertahankan adat istiadat dan budaya warisan leluhur.

Tidak heran jika rumah—rumah yang ada di Desa Sade semuanya berlantai tanah, dengan dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan kuda-kuda yang juga dari bambu tanpa paku serta atap menggunakan ijuk.

Pengunjung yang datang kesini dapat melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun dengan menggunakan peralatan tradisional. Berbagai motif kain tenun khas Sasak tersebut dapat dibeli dan dibawa pulang untuk oleh-oleh.

3
Konservasi Penyu

Didirikan sejak tahun 1996, Konservasi Penyu yang berlokasi di Gili Trawangan ini menjadi tempat penangkaran bagi beberapa jenis penyu yang langka dan dilindungi, seperti Penyu  Lekang, Penyu Hijau dan Penyu Sisik.

Destinasi ini menjadi tempat yang cocok untuk wisata edukasi bagi anak-anak, karena akan memperoleh tambahan pengetahuan tentang ketiga jenis penyu tersebut termasuk proses perkembangbiakannya.

Jika beruntung, pada saat-saat tertentu tempat konservasi penyu ini melepaskan tukik atau anak-anak penyu. Pada saat itulah pengunjung dapat melihatnya secara langsung bahkan diajak turut serta melepaskan tukik ke laut lepas.

4
Lombok Elephant Park

Meski namanya Elephant Park, nyatanya di tempat ini juga ada hewan lain, seperti rusa, burung kakaktua, siamang dan beberapa jenis satwa tropis lainnya. Namun, aktivitas yang paling seru di tempat wisata yang berlokasi di JL. Tanjung Sire, Kecamatan Sigar Penjalin, Kabupaten Lombok Utara ini sudah pasti berkeliling kawasan kebun binatang mini dengan menunggang gajah.

5
Sembalun

5 Tempat Wisata Lombok Terbaik untuk Keluarga dan Anak 4

Tempat ini merupakan nama sebuah desa sekaligus kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Nama Sembalun tidak asing lagi di kalangan traveller karena merupakan pintu gerbang menuju Gunung Rinjani.

Hanya saja, bagi Sahabat Silir yang datang bersama keluarga, tidak perlu meneruskan perjalanan ke Gunung Rinjani tapi cukup berhenti di Sembalun untuk menikmati pemandian air panas sebelum dilanjutkan dengan memetik buah strawberry langsung dari pohonnya. Jika ingin dibawa pulang, maka ada tambahan biaya seharga buah strawberry yang dibawa pulang tersebut.

Itulah 5 tempat wisata terbaik di Lombok yang dapat dikunjungi Sahabat Silir bersama keluarga dan anak. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin kamu juga suka

Mengintip Persiapan Ajang Balap Sepeda Internasional Tour de Bintan 2019

Ajang Balap Sepeda Bergengsi Tour de Bintan 2019 akan kembali hadir di Indonesia untuk yang ke-9 kalinya. Pertandingan bertaraf internasional ini akan diadakan selama tiga...

Masjid Raya Sulawesi Selatan Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Sibuk Liburan - Sulawesi Selatan bakal memiliki destinasi wisata, khususnya wisata religi baru. Adalah Masjid Raya Sulawesi Selatan yang bakal menjadi destinasi wisata baru...

Ingin Bermain Salju? Datang Saja ke Trans Snow World Bekasi

Sibuk Liburan - Disebabkan keberadaannya yang dilalui oleh garis khatulistiwa, Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang hanya memiliki dua musim. Akan tetapi,...

Inilah 10 Spot Terbaik untuk Melihat Bunga Sakura di Tokyo

Jika Shirakawago menjadi destinasi wisata favorit musim dingin di Jepang, maka pada musim semi melihat bunga Sakura menjadi ‘tujuan utama’ para turis...

3 Kota di China yang Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Beragam wisata tersuguh di China, mulai dari wisata religi, sejarah, budaya, kuliner hingga wisata bernuansa alam.Tempat-tempat wisata...

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Membuat Paspor Online Indonesia

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki Sahabat Silir jika ingin bepergian ke luar negeri.Paspor sendiri adalah...

Karena Virus Corona, Udara Jadi Lebih Bersih

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Barangkali ini pula ungkapan yng cocok untuk menggambarkan situasi saat ini, di mana dunia sedang...

Gara-gara KLB Corona, Pasar Klewer Solo Sepi

Terimbasnya virus corona ke Indonesia membawa banyak konsekuensi. Bukan saja soal jatuhnya korban jiwa maupun pasien yang terkena virus yang diklaim berasal...

8 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, bukan saja karena jumlah penduduknya yang banyak, melainkan juga lantaran banyaknya kekayaan alam dan budaya yang...

Aneh tapi Nyata! Wine Mengalir di Keran Warga di Italia

Umumnya keran yang tersambung ke rumah akan berisi aliran air bersih untuk kepentingan sehari-hari. Namun, kejadian satu ini aneh bin ajaib!
WhatsApp Chat via WhatsApp